Home >> Info >> Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet dan Kesehatan
Kandungan Jeruk Nipis
Kandungan Jeruk Nipis

Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet dan Kesehatan

Jeruk nipis memang memiliki banyak sekali manfaat kesehatan bagi  tubuh kita. Selain dapat menyehatkan, banyaknya kandungan vitamin yang ada dalam buah jeruk nipis juga bisa membantu kita dalam menjalankan program diet yang alami. Jeruk nipis adalah salah satu jenis buah yang memiliki rasa masam, akan tetapi sangat terasa segar apabila dicampurkan dengan minuman dingin. Dan meski memiliki rasa yang sedikit masam itu buah jeruk memiliki sejuta manfaat. Mungkin kita telah mengetahui berbagai cara atau metode untuk melakukan diet alami, namun anda mengalami kegagalan untuk menurunkan berat badan anda. Dan kemungkinan salah satu penyebabnya adalah minuman yang anda jadikan sebagai menu diet yang tidak dapat membantu program diet anda atau bahkan dapat merusak program diet yang sedang anda lakukan.

Bentuk Jeruk Nipis
Bentuk Jeruk Nipis

Manfaat jeruk nipis untuk diet, mungkin dapat membantu anda dalam menjalankan program diet anda, karena jeruk nipis merupakan salah satu jenis buah yang dapat kita jadikan minuman dan tentunya sangat sesuai untuk dijadikan minuman dalam program diet anda.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet dan Kesehatan Tubuh

Manfaat Jeruk Nipis
Manfaat Jeruk Nipis

Dari rasa jeruk nipis yang masam dapat kita ketahui bahwa jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C. dan hampir semua jenis buah yang memiliki rasa masam pasti sudah tentu kaya akan kandungan vitamin C. selain vitamin C buah jeruk juga kaya akan asam folat, yaitu nutrisi yang sangat penting untuk regenerasi sel. Dan juga buah jeruk nipis kaya akan kandungan flavonoid dan juga potassium. Dan tentunya dengan banyaknya kandungan nutrisi dan juga vitamin membuat jeruk nipis ini memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita, apa saja itu ? berikut adalah beberapa manfaat dari jeruk nipis untuk diet ataupun kesehatan tubuh :

1. Membakar Lemak

Kandungan asam sitrat (citric acid) dalam jeruk nipis dan juga merupakan antioksidan yang diperlukan oleh tubuh. Dan inilah yang menyebabkan rasa masam pada jeruk nipis ketika kita mencicipinya. Dan manfaat dari zat asam dalam jeruk ini adalah dapat membantu meningkatkan metabolisme lemak dan juga mengubahnya menjadi energi. karena lemak di dalam tubuh yang tidak di metabolisme akan terus menumpuk dan justru akan menambah berat badan kita. Selain itu juga kandungan vitamin C dalam buah jeruk nipis juga membantu dalam membakar lemak dalam tubuh. Dan anda akan mendapatkan hasi diet yang maksimal apabila anda mengimbanginya dengan olahraga dan minum jeruk nipis secara teratur.

Kandungan Jeruk Nipis
Kandungan Jeruk Nipis

2. Melancarkan Pencernaan

Selain dapat membakar lemak, manfaat dari buah jeruk nipis lainnya adalah dapat memperlancar proses pencernaan. Alasan kenapa lancarnya proses pencernaan berpengaruh dalam program diet kita adalah karena pada saat kita diet tentunya kita akan mengurangi konsumsi makanan kita. Dan apabila kita kekurangan asupan makanan tentunya kita akan kekurangan energi. Dan dengan yang lancar dapat membuat nutrisi yang diserap oleh tubuh  akan menjadi lebih banyak dan meski kita kekurangan konsumsi makanan kita tidak akan terlalu mudah lelah.

3. Membantu Menjaga Kadar Gula Darah

Manfaat lain dari buah jeruk nipis ini adalah dapat membantu menjaga kadar gula darah yang ada dalam tubuh, dan tentunya ini akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan secara menyeluruh. Karena kadar gula darah yang berlebih dalam tubuh dapat menyebabkan diabetes. Dan manfaat dari jeruk nipis juga dapat mengurangi penyerapan gula darah oleh makanan. Dan yang harus anda ketahui mengenai berkurangnya kadar gula darah adalah dapat membuat rasa lapar menjadi berkurang. Dan tentunya ini sangat bermanfaat bagi anda dalam menjalankan program diet.

4. Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam menjalankan program diet tentunya kita akan mengalami rasa lelah ataupun lemas karena kekurangan energi dan juga nutrisi dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Dan dengan mengkonsumsi jeruk nipis yang kaya akan kandungan vitamin C ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dan tentunya akan membuat anda menjadi lebih bertenaga di saat menjalankan program diet.

5. Mencegah Terkena Sembelit

Air perasan jeruk nipis juga terbukti dapat membantu membersihkan kerak pada keramik atau piring. Dan juga air jeruk nipis ini terbukti dapat membantu memperlancar sistem pencernaan agar menjadi lebih aktif. Dan apabila anda mengalami sembelit atau konstipasi, anda bisa untuk mencoba meminum air jeruk nipis dalam jumlah yang lumayan bayak dan dengan sedikit tambahan garam.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Dan tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan dan juga diet, buah jeruk nipis juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit tubuh dan mampu mengurangi bau tubuh. bisa kita gunakan dengan cara diminum ataupun dioleskan langsung ke kulit. Kandungan vitamin C dan juga flavonoid yang berperan sebagai antioksidan yang kuat dan sangat baik. Selain itu juga dapat berperan sebagai antibiotik dari infeksi oleh kuman. Dan apabila langsung kita oleskan ke kulit dapat mengangkat sel-sel kulit yang telah mati dan membuat kulit menjadi lebih segar lagi.

Itulah sedikit mengenai beberapa manfaat yang dapat kita ambil dari mengkonsumsi jeruk nipis dalam membantu program diet kita ataupun kesehatan kita.

Membuat Minuman Dengan Jeruk Nipis Untuk Diet

Minuman Jeruk Nipis Untuk Diet
Minuman Jeruk Nipis Untuk Diet

Dan selanjutnya setelah kita mengetahui berbagai manfaat yang didapatkan dari jeruk nipis, akan lebih menyenangkan lagi jika kita dapat membuat minuman menggunakan buah jeruk tersebut. Dan cara membuat minuman dari jeruk nipis tidaklah terlalu sulit, dan bahkan itu sangatlah mudah untuk dicoba di rumah.

Untuk membuat minumandari jeruk nipis yang paling simple adalah dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis ke dalam air hangat. Tidak dianjurkan menggunakan air panas karena akan merusak kandungan nutrisi dalam air jeruk nipis. Kita bisa tambahkan sedikit gula agar rasanya tidak terlalu masam. Dan untuk mendapatkan kesegaran lain dari jeruk nipis kita bisa memberikan air dingin atau  ed batu ke dalam air jeruk nipis tadi. Namun apabila anda sedang menjalani diet sebaiknya jangan menggunakan air dingin karena nantinya efeknya tidak akan terlalu terasa.

Minumlah air jeruk nipis ini dua kali dalam sehari agar anda yang sedang menjalani diet mendapatkan hasil yang maksimal dari buah jeruk nipis. Dan usahakan anda bisa mengkonsumsi air jeruk nipis ini secara teratur. Demikianlah sedikit info mengenai manfaat dari jeruk nipis dan juga cara membuat minuman yang berkhasiat dari jeruk nipis bagi anda yang sedang berdiet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *