Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Wow! Ternyata Jahe Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Jahe Bagi Kesehatan
Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

Wow! Ternyata Jahe Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Jahe atau yang dalam bahasa latin disebut Zingiber Officinale dan dalam bahasa Inggris disebut ginger merupakan jenis tanaman rimpang yang populer sebagai salah satu rempah-rempah dan bahan pembuatan obat herbal. Jahe memiliki rasa yang dominan pedas karna mengandung senyawa zingeron. Diperkirakan Negara India lah yang menanam jahe pertama kali, namun ada pula yang beranggapan bahwa Republik Rakyat Tiongkok Selatan merupakan Negara pertama yang menanam jahe. Entah jahe berasal dari Negara mana, sekarang jahe sudah ditanam di hampir semua Negara di dunia.

17 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh
17 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat jahe sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat saat ini, karna sejak dahulu jahe sudah dimanfaatkan manusia untuk beberapa hal seperti penghangat tubuh. dan berikut beberapa manfaat jahe yang lain:

  1. Mengatasi Perut Kembung.

Ekstrak jahe dapat digunakan untuk mengobati beberapa masalah pada pencernaan dan iritasi pada usus, salah satunya adalah perut kembung dan nyeri.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Jahe mengandung gingerol yang bersifat antikoagulan yang dapat mencegah pengumpalan darah. Dengan tercegahnya sumbatan pada pembuluh darah, maka akan menekan resiko terkena stroke dan serangan jantung.

  1. Deman dan Batuk

Selain dapat melancarkan peredaran darah, kandungan gingerol dalam jahe juga dapat mengobati demam dan batuk.

  1. Mencegah Perut Buncit

Salah satu manfaat yang terkenal dari jahe adalah melancarkan metabolisme dan pencernaan, dan dengan adanya metabolisme yang lancar maka kalori akan cepat terbakar dan lemak tidak akan menumpuk di perut. Konsumsilah jahe secara rutin sebelum makan untuk mencegah perut buncit.

  1. Mengobati Migrain atau Sakit Kepala Sebelah

Sebuah studi membuktikan bahwa jahe dapat menghentikan prostaglandin yang merupakan salah satu faktor utama penyebab timbulnya sakit kepala. Dengan demikian, jahe merupakan salah satu obat alami untuk mengatasi migrain atau sakit kepala.

  1. Menurunkan Berat Badan

Seperti yang telah disebutkan di atas, jahe bermanfaat untuk melebarkan pembuluh darah dan melancarkan metabolisme tubuh. dengan mengkonsumsi wedang jahe secara rutin di pagi hari, metabolisme tubuh akan tetap terjaga dan kalori dalam tubuh juga akan terbakar dengan cepat.

  1. Mengoptimalkan Kinerja Jantung

Jahe bermanfaat untuk melebarkan pembuluh darah dan melancarkan aliran darah, dengan demikian kerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh juga akan semakin ringan.

  1. Mencegah Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur

Jahe yang dicampur dengan gula merah dan teh banyak dikonsumsi para wanita ketika siklus menstruasi mereka tidak lancar. Ramuan ini juga dapat mengurangi rasa nyeri saat menstruasi.

  1. Mengobati Sakit Gigi

Jahe bersifat antijamur dan antibakteri yang dapat menggilangkan bakteri-bakteri pda gigi yang berlubang yang menyebabkan sakit gigi. Ketika anda mengalami sakit gigi, minumlah air jahe hangat secara rutin agar gigi anda cepat sembuh.

  1. Obat Mabuk Perjalanan

Jahe dipercaya mampu mengurangi rasa mual dan menyembuhkan jet lag (mabuk paska terbang).

  1. Sebagai Obat Jerawat

Penelitian yang dilakukan di Universitas Maryland Medical Center meyatakan bahwa jahe dapat mencegah dan mengurangi timbulnya jerawat pada kulit wajah, caranya adalah dengan mengkonsumsi jahe minimal 4 gram perhari. Dan tidak disarankan apabila jahe dikonsumsi secara berlebihan karna akan menimbulkan efek samping seperti rasa mules, diare, dan iritasi.

  1. Mengobati Morning Sickness atau Penyakit di Pagi Hari

Pada pagi hari, orang-orang biasanya mengalami rasa mual, perut kembung, dan rasa ingin muntah, termasuk juga pada ibu hamil. Morning sickness ini dapat disembuhkan dengan cara rutin mengkonsumsi air atau wedang jahe.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Jahe juga mengandung antioksidan yang dapat menagkal radikal bebas yang akan masuk  ke dalam tubuh.

  1. Mengobati Peradangan

Seperti yang dijelaskan di awal, jahe mengandung senyawa gingerol yang juga berguna sebagai anti-inflamasi yang dapat mengobati peradangan.

  1. Mengatasi Arthritis

Arthritis merupakan rasa nyeri pada bagian tubuh yang disebabkan adanya gejala reumatik. Jahe sering dijadikan obat alami untuk mengatasi penyakit arthritis ini.

  1. Melawan Sel Kanker

Beberapa kandungan yang terdapat dalam jahe mampu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. berbagai studi juga menjelaskan bahwa ekstrak jahe dapat melawan berbagai jenis kanker seperti kanker usus dan kanker ovarium.

  1. Mengobati Luka Gigitan Ular

Cara untuk mengobati gigitan ular menggunakan jahe adalah dengan menumbuk tanaman rimpang ini dan diberi sedikit garam, lalu tempelkan pada luka bekas gigitan ular. Pengobatan ini hanya digunakan sebagai pertolongan pertama saja, dan untuk penanganan yang lebih serius penderita harus dibawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan.

Dan itulah beberapa manfaat jahe bagi kesehatan tubuh yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang jahe ya!

About Fatka Aulia

Hidup memang susah untuk ditebak, namun jika kita merancang hidup ini dengan do'a dan usaha yang konsisten, maka kita akan mendapatkan hidup yang kita inginkan. Itulah kata-kata yang selama ini saya terapakan dalam kehidupan saya. Strive for your life!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *