Home >> Buah Buahan >> 16 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Mengobati Penyakit
Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan
Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

16 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Mengobati Penyakit

Manfaat daun sirsak sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia, apalagi sejak ada penelitian yang menunjukkan bahwa salah satu manfaat dari daun sirsak ialah bisa mengobati penyakit kanker. Memang seperti yang di ketahui, bahwa daun sirsak mempunyai kandungan yang dapat mengobati berbagai macam penyakit kronis seperti halnya kanker.

Khasiat Daun Sirsak
Khasiat Daun Sirsak

Maka tidak heran lagi kalau para peneliti sangat tertarik jika meneliti tentang manfaat daun sirsak, di dalam kehidupan sehari-hari terkadang kita belum menyadari bahwa banyak sekali manfaat dari daun sirsak, mungkin kita hanya meremehkan daun sirsak.

Jika memang kalian belum mengetahui banyaknya manfaat dari daun sirsak, mari kita bahas satu persatu manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh manusia.

Kandungan Gizi Pada Daun Sirsak

Isoquinoline :

  • Atherospermine
  • Anonaine
  • Coreximine
  • Anoniine

lactones :

  • Javoricina
  • Gigantetronemina
  • Annopentocinas A, B dan C
  • Annomuricina A, B, C dan E
  • Annohexocina
  • Annomutacina
  • Muricoreacina
  • Murihexocina A dan C

Lipid :

  • CLA
  • Asam Gentisic
  • asam stearat
  • Asam Lignoceric

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirsak
Manfaat Daun Sirsak

1. Obat Luka Luar

Ssalah satu manfaat daun sirsak yaitu sebagai obat luka luar, obat seperti ini bisa kalian gunakan untuk mengobati penyakit pada kulit seperti halnya : luka karena jatuh, eksim, dan lain sebagainya.

Cara membuat obat oles dari daun sirsak cukup mudah dan bisa kalian lakukan sendiri di rumah, caranya yaitu haluskan beberapa lembar daun sirsak dengan di tumbuk atau di blender, lalu tempelkan atau laburkan pada bagian kulit yang luka dan biarkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, bersihkan hingga bersih.

2. Sakit Punggung

Masalah penyakit punggung sering sekali di alami oleh banyak orang terutama bagi orang yang sudah lanjut usia, jika menggunakan obat-obat kimia untuk mengatasi sakit punggung nantinya akan menimbulkan efek samping untuk kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, mengonsumsi obat herbal untuk mengobati masalah sakit punggung adalah solusi terbaik. Cara penggunaannya cukuplah mudah, cukup dengan merebus daun sirsak sebanyak 20 lembar dengan 5 gelas air, tunggulah sampai mendidih hingga hanya tersisa kurang lebih 3 gelas. Setelah demikian itu, Minumlah obat herbal tersebut untuk mengatasi sakit punggung sehari sekali dan sekali minum sebanyak ¾ cangkir.

3. Asam Urat

Mengonsumsi daun sirsak dengan teratur ternyata bisa untuk mengobati asam urat, hal ini terbukti  karena banyaknya obat asam urat yang banyak di jual di pasaran bahan utamanya adalah daun sirsak.

Untuk membuat obat ini sangat mudah yaitu dengan merebus 6 hingga 10 daun sirsak yang telah di bersihkan terlebih dahulu (pilihlah daun sirsak yang tua) merebusnya dengan menggunakan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa kurang lebih hanya 1 gelas. Minumlah obat ini 2 kali sehari secara teratur, agar hasil yang di dapatkan juga maksimal.

4. Anti Bodi

Selanjutnya manfaat dari daun sirsak ialah sebagai antibodi, perlu kalian ketahui bahwa antioksidan dan nutrisi lainnya yang terdapat di dalam daun sirsak mampu meningkatkan daya imun tubuh serta bisa menghindari  infeksi di dalam tubuh.

Cara membuatnya adalah rebuslah daun sirsak sebanyak 4 hingga 5 lembar dengan 4 gelas air, hingga tersisa kurang lebih hanya 1 gelas lalu minumlah. Jika di minum dengan teratur,  maka tubuh kita akan terjaga kesehatannya yang akhirnya tidak mudah sakit.

5. Membantu Meredakan Nyeri Pada Otot

Dengan mengonsumsi air rebusan dari daun sirsak di yakini bisa meredakan nyeri pada otot, hal ini di karena adanya kandungan pada daun sirsak yang dapat merelaksasikan otot sehingga nyeri pada otot berkurang.

6. Membunuh Cacing Parasit

Salah satu manfaat dari daun sirsak juga bisa membunuh cacing parasit, bagi kalian terutama anak-anak kecil yang sering bermain di luar atau di tempat-tempat yang kotor dan tidak mengenakan alas kaki, nah air rebusan daun sirsak ini bisa membunuh cacing parasit yang ada di dalam tubuh tanpa memberikan efek samping  jika kita mengkonsumsinya.

7. Menguatkan Syaraf

Selain dapat meredakan nyeri pada otot, daun sirsak juga bisa menguatkan saraf-saraf pada tubuh agar tubuh tetap bekerja dengan baik. Karena kemampuannya ini maka daun sirsak bisa di gunakan untuk megobati kejang atau menjadi obat anti kejang.

8. Membantu Meredakan Demam

Daun sirsak ternyata juga bisa menjadi obat untuk menurunkan demam, caranya sama saja dengan merebusnya lalu meminumnya, air rebusan ini menjadi obat herbal yang aman dan alami untuk menurunkan demam.

9. Mencegah Tumor Berkembang

Manfaat daun Sirsak yang selanjutnya ialah daun sirsak sangat efektif untuk menekan perkembangan tumor, hal ini di karenakan kemampuannya daun sirsak yang bisa memerangi perkembangan tumor.

10. Mempercepat Penyembuhan Penyakit Malaria

Daun sirsak ternyata juga di manfaatkan untuk mempercepat penyembuhan penyakit malaria, hal ini di karenakan daun sirsak mempunyai kandungam yang bisa membunuh virus yang menyebebkan penyakit malaria.

11. Menurunkan Kolestrol Jahat

Selanjutnya manfaat dari daun sirsak yaitu dapat membantu menurunkan kolestrol jahat pada darah yang ada di dalam tubuh, hanya sekedar informasi dari kami bahwa kolestrol jahat dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis misalnya : stroke, tekanan darah tinggi, jantung dan penyakit kronis lainnya.

12. Meningkatkan Produksi Asi

Bagi ibu yang menyusui pastinya menginginkan asinya tetap lancar, agar bayinya akan terpenuhi kebutuhan nutrisisnya. Daun sirsak ini juga bisa membantu di dalam meningkatkan produksi asi pada ibu yang sedang menyusui, maka mengonsumsilah air rebusan daun sirsak secara teratur.

13. Mengobati Sakit Paru-Paru

Antibekterial yang terkandung di dalam daun sirsak mamu menjaga kesehatan paru-paru kita, daun sirsak juga mempunyai kandungan yang mampu mengobati penyakit paru-paru basah maupun paru-paru kering. Maka dari itu daun sirsak di yakini mampu mengobati penyakit paru-paru.

14. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Jika penyakit tekanan darah tinggi di obati dengan obat-obat kimia, nantinya akan menimbulkan efek samping yang tentunya tidak baik bagi kesehatan tubuh kita.

Maka dari itu bagi kalian yang mempunyai tekanan darah tinggi, mengonsumsilah air rebusan daun sirsak secara teratur agar tekanan darah tinggi kalian menurun, minumlah obat herbal ini secara teratur agar hasilnya maksimal.

15. Meningkatkan Kesuburan

Bagi kalian yang belum juga mendapatkan keturunan, yang pastinya kalian ingin mendapatkan keturunan, obat herbal ini yaitu air rebusan daun sirsak adalah salah satu solusi yang baik bagi kalian dan jika wanita meminumnya akan menguatkan rahimnya.

16. Kanker

Manfaat daun sirsak yang sangatlah fenomenal ialah kemampuannya yang bisa mengobati penyakit kanker, berdasarkan penelitian dari banyak ahli daun sirsak ini mempunyai kandungan yang bisa menghambat sel kanker dan dapat menyembuhkan penyakit kanker yang lebih efektif jika di bandingkan dengan kemoterapi.

Jika kemoterapi membutuhkan banyak uang untuk melakukannya, tidak ada salahnya bukan kalau kalian mencoba mengonsumsi obat herbal ini yaitu air rebusan daun sirsak justru lebih murah dan lebih aman. Bahkan setelah di teliti oleh para ahli, kandungan bahan aktif yang terdapat di dalam daun sirsak yaitu 10.000 kali lebih kuat dan lebih baik untuk memerangi kanker daripada dengan kemoterapi. Daun sirsak mampu mengobati berbagai macam jenis penyakit kanker, contohnya kanker payudara, paru-paru sampai dengan prostat.

Semua tadi yang di atas merupakan 26 manfaat daun sirsak yang perlu kalian ketahui, akan tetapi ketika kalian ingin mengonsumsi daun sirsak ini supaya mengonsultasikan terlebih dahulu kepada ahlinya atau dokter. Sebab setiap orang tidak sama reaksinya, apalagi yang mengonsumsi secara berlebihan, jika mengonsumsi daun sirsak secara berlebihan bakteri baik di dalam tubuh jadi ikut mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *