Home >> Kesehatan >> Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan
Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Daun Kemangi
Manfaat Daun Kemangi

Kemangi merupakan tanaman perdu yang dapat hidup bertahun-tahun, tanaman ini dapat tumbuh di Asia dan Amerika. Biasanya daun kemangi dimanfaatkan untuk campuran masakan seperti pepes, gulai, asam pedas ada juga yang menjadikannya sebagai lalapan, lain lagi dengan masyarakat Manado mereka memanfaatkan kemangi untuk campuran masakan khas Manado yaitu bubur. Masyarakat Jawa biasanya menyebut dengan nama surawung, dan masyarakat Minangkabau biasa menyebut dengan nama ruku-ruku. Banyak orang menyukai daun kemangi karena aromanya yang sangat khas, ada yang mengatakan bahwa aroma kemangi membangkitkan selera makan.

Sayangnya masih banyak sekali orang yang tidak menyukai daun kemangi dengan berbagai alasan, ada yang mengatakan aroma yang tidak sedap rasanya yang kurang enak dan sebagainya. Meskipun demikian dibalik daun kemangi itu ternyata menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan, penasaran dengan manfaat daun kemangi? sebelum kita mempelajari manfaat dari daun kemangi alangkah baiknya kita mempelajari terlebih dahulu kandungan yang ada didalam daun kemangi.

Kandungan yang Ada di Daun Kemangi

Kemangi meskipun rasanya getir dan sedikit pahit namun manfaat yang ada di dalamnya sangat luar biasa. Daun kemangi diketahui mengandung Vitamin A, Vitamin B, Zat besi, kalsium dan fosfor. Dan yang membuat daun kemangi luar biasa adalah kandungan antioksidan dan sifat anti bakterinya. Aroma yang khas menandakan bahwa daun kemangi banyak mengandung minyak atsiri.

Daun kemangi memiliki senyawa minyak esensial seperti eugenol, sitronelol, linalool, citral, limonene dan terpineol. Daun kemangi rendah kalori dan tidak mengandung kolesterol, selain itu daun kemangi juga mengandung mineral dan juga berbagai vitamin.

Daun kemangi mengandung sejumlah mineral seperti kalium, mangan, tembaga dan magnesium. Kalium menjadi hal yang paling penting berkaitan dengan sel-sel dan cairan tubuh serta membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Daun kemangi juga mengandng Vitamin K yang sangat di butuhkan darah dan juga menjaga fungsi tulang, penguatan tulang, mencegah penyakit tulang. Berikut ini adalah manfaat daun kemangi untuk kesehatan badan.

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan
Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

1.Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Daun kemangi mengandung beta karoten yang sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh, karena beta karoten berfungsi untuk meningkatkan respon antibodi. Selain itu beta karoten juga berfungsi untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

2.Mengatasi Kanker

Daun kemangi mengandung Phytochemical yang sangat bermanfaat untuk mencegah kanker secara alami, kemangi dapt mencegah kanker kulit, hati, lidah paru-paru. Kemangi mampu meningkatkan antioksidan, guna menghentikan tumor kanker yang terus menyebar dan lainnya. Dalam setudi menggunakn hewan ektra kemangi telah menunnjukan bahwa dapat melindungi terhadap serangan kanker.

Daun kemangi juga melindungi jaringan normal dan sel-sel efek negatif pengobatan kanker seperti radiasi atu kemoterapi. Hal ini menunjukan bahwa menggunakan daun kemangi dapat mengobati kanker tambahan.

3.Melancarka Aliran Darah

Manfaat daun kemangi untuk membantu pembuluh darah dan jantung agar lebih rileks, serta aliran darah dalam tubuh akan tetap lancar. Hal ini dikarenakan daun kemangi mengandung magnesium.

4.Mencegah Adanya Kemandulan

Daun kemangi juga dapat mencegah kemandulan, karena kandungan zat ariginin yang ada didalam daun kemangi membuat daya hidup sperma semakin kuat, sehingga dapat mencegah kemandulan.

5.Menjaga Kesehatan Organ Jantung

Daun kemangi mengandung magnesium dan beta karoten yang berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Magnesium adalah mineral yang sangat dibutuhkan oleh organ jantung, kemangi juga kaya antioksidan  yang berperan dalam menjaga kesehatn jantung. menurut para penelitian daun kemangi dapt melindungi tubuh dari aksi radikal bebas yang sangat berbahay bagi organ tubuh.

6.Mengobati Sariawan

Banyak sekali hal yang menyebabkan terjadinya sariawan salah satunya pasta gigi yang tidak cocok dan ada yang lainnya, dan penyebab utama dari sariawan adalah kekurangan vitamin C, zat besi, dan vitamin B 12. Pengobatan sariawan dengan daun kemangi sangat mundah caranya dengan mengunyah langsung 3 lembar daun kemangi seteah itu cuci bersih dengan air bersih dan lanjutkan dengan minum air hangat lakukan 1-3 kali dalam satu hari.

Bisa juga mengatasi sariawan dengan air kelapa, kerena air kelapa membuat efek menenangkan bagi organ pencernaan. Air kelapa juga menghidrasi tubuh. sehingga cocok sekali untuk sariawan. Disarankan juga untuk mengonsumsi Vitamin B, Vitamin C zat besi dan asam folat yang bermanfaat untuk mencegah dan menyembuhkan luka sariawan.

7.Membantu Perkembangan Tulang

Kandungan Fosfor yang ada di daun kemangi juga berfungsi untuk perkembangan tulang, karena fosfor dan juga kalium yang ada di dalamnya bermanfaat untuk pembentukan dan perkembangan organ tulang, sehingga dapat mencegah masalah keroposnya tulang.

8.Mengobati Panu

Daun sisrih bisa untuk mengobati panu, dengan cara yang mudah yang pertama ambil daun kemangi lalu cuci bersih, lalu haluskan setelah itu campurkan dengan sedikit kaur sirih, langkah yang terakhir leskan pada bagian yang terkena panu.

9.Mengurangi Bau keringat

Jika bermasalah pada bau badan mulai sekang tidak perlu repot-repot untuk memeriksakan di dokter karena hanya dengan mengonsumsi daun kemangi, selama satu minggu saja coba makan dengan lalapan daun kemangi di pastikan bau badan anda akan hilang.

Manfaat Daun Kemangi untuk Kecantikan Wajah

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kecantikan
Manfaat Daun Kemangi Untuk Kecantikan

1.Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Daun kemangi bermanfaat untuk mencegah timbulnya jerawat dan juga menghilangkan jerawat, fungsi dari daun kemangi yang memurnikan darah dan mengeluarkan racun yang ada di dalam darah. Daun kemangi mengandung zat anti bakteri dan anti jamur yang berfungsi untuk mencegah peradangan.

Daun kemangi mengandung Vitamin A, Vitamin C, Vitamin D dan kandungan antiseptik yang mampu menyembuhkan jerawat. Antiseptik berfungsi membunuh bakteri dan mempelancar peredaran darah di kulit. Untuk penggunaan di luar yang pertama dilakukan haluskan daun kemangi setelah itu campurkan dengan air panas aduk sampai keluar sarinya, dan tunggu hingga dingin. Peras daun kemangi setelah itu simpan air daun kemangi dalam botol, yang terakhir oleskan pada wajah. Hal ini berfungsi untuk mengeringkan jerwat dan membuat wajah menjadi bersih.

2.Pencegahan Komedo

Caranya sangat mudah pertama cuci bersih daun kemangi haluskan daun kemangi, gunakan ramuan ini pada bagian wajah yang berkomedo lalu diamkan sampai kering setelah kering angkat daun kemangi setelah itu bilas dengan air hangat. Mengonsumsi daun kemangi secara teratur dapat membuat kulit tampak cerah dan bersih, karena fungsinya yang memurnikan darah dan menghilangkan racun didalam tubuh, hingga membantu menyembuhkan masalah kulit.

3.Mencerahkan Kulit Kusam

Dengan menggunakan bubuk daun kemangi kulit kusam akan terlihat segar kembali, atau bisa membuat sendiri dengan menghaluskan daun kemangi yang masih segar, yang bisa digunakan untuk masker alami secara rutin. Bisa juga di campurkan dengan madu di dalam daun kemangi untuk mendapat hasil yang maksimal.

Demikianlah ulasan tentang manfaat daun kemangi, semoga bermanfaat. Untuk mendapat hasil yang maksimal bisa di gunakan secara teratur. Ayo konsumsi daun kemangi!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *