Home >> Manfaat >> Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan
Ekstrak-Daun-Kelor
Ekstrak-Daun-Kelor

Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

Daun Kelor
Daun Kelor

Ternyata tidak semua orang yang mengetahui manfaat daun kelor, sebagian orang tidak menggerti, bahkan pantang untuk mengkonsumsi daun kelor. Padahal daun kelor terdapat nutrisi dan kandungan yang sangat penting untuk menjaga ubuh agar tetap sehat, daun kelor juga sangat bermanfaat sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bahkan teh dari daun kelor ini juga mengandung polyphenol yang sangat tinggi, ini berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk mendeteksi tubuh manusia sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit.

Ekstrak-Daun-Kelor
Ekstrak-Daun-Kelor

Daun Kelor dan Kandungannya

Manfaat dan Kandungannya
Manfaat dan Kandungannya

Tanaman kelor yang bernama latin moringa oleifera merupakan tumbuhan dari suku moringaceae yang memiliki tinggi batang sekitar tujuh sampai sebelas meter, dengan bunga yang berwarna putih kekuningan yang mengeluarkan bau dengan aroma bau semerbak, dan juga memiliki buah dengan bentuk segitiga memanjang yang biasanya di sebut kelentang dan juga biasanya bisa di masak sebagai sayur.

Telah di lakukan penelitian pada tanaman daun kelor, baik pada kulit batang, daunnya, buahnya dan juga bijinya, di ketahui padaa tahun 1980 mayoritas penduduk negara somalia, etiopoa dan juga sudah menjadikan dun kelor sebagai sayuran dan juga daun kelor ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan, bahkan hasil dari tanaman daun kelor ini di perjual belikan.

Banyak yang menganjurkan supaya anak-anak dan juga bayi yang masih masa pertumbuhan untuk mengkonsumsi daun kelor ini karena daun kelor berkhasiat untuk menjaga dan juga meningkatkan kekebalan tubuh dan jugaa mencegah gizi buruk pada anak-anak. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa daun kelor ini mengandung semua unsur asam amino yang penting sekali. Kecuali vitamin C, semua kandungan gizi yang ada di dalam daun kelor segar akan mengalami peningkatan, jika di konsumsi dengan cara di keringkan dan juga di haluskan dalam bentuk serbuk.

Manfaat Kelor
Manfaat Kelor

Selain dari itu ada beberapa study yang menunjukkan bahwa kandungan kalium yang ada dalam daun kelor lebih rendah dan juga kandungan zat besi lebih tinggi. Kandungan asam amino di dalam tiap 100 gram daun kelor segar yang di kemukakan dari penemuan C.Gopalan dalam setiap gram nitrogen yang telah di lakukan di National Institute of Nutrition in Hyberabad, India. Sedangkan iformasi yang mengenai kandungan gizi daun kelor yang kering merupakan hasil analisa Lowell J. Fuglie.

Maka dengan demikian kesimpulan dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa manfaat daun kelor akan lebih besar lagi jika di olah menjadi bubuk daun kelorr yang di bandingkan jika daun kelor di konsumsi dengan cara langsung sebagai sayur. Tapi dengan begitu banyak manfaat dan juga khasiat daun kelor untuk kesehatan, lebih baik jika di konsumsi dengan cara yang rutin.

Manfaat Daun Kelor

Manfaat Daun Kelor
Manfaat Daun Kelor

1. Manfaat daun kelor untuk mengobati penyakit jantung

Sebuah studi ilmiah yang melakukan uji coba pada hewan laboratorium yang di terbitkan pada edisi februari tahun 2009 yang menjelaskan manfaat daun kelor dapat mencegah kerusakan jantung dan juga bermanfaat sebagai antioksidan. Pada penelitian tersebut yang menjelaskan bahwa pemberian dosis 200 miligram per kilogram yang berat badan setiap hari selama 30 hari, yang menghasilkan tingkat lebih rendaah dari lipid teroksidasi dan juga jaringan jantung yang meindungi dari kerusakan struktural. Maka dari itu, para pakar berkesimpuan bahwa manfaat daun kelor ini sangat signifikan untuk kesehatan jantung.

2. Manfaat Daun Kelor Sebagai Anti Kanker

Study kultur sel kanker serviks pada manusia yang di terbitkan pada jurnal penelitian. Edisi pada bulan juni 2011 yang menjelaskan bahwa ekstrak daun kelor yang bermanfaat untuk mendukung kematian sel dini, mencegah pertumbuhan dan juga reprouksi sel kanker. Peneliti termukaka ini menyimpulkan bahwa daun kelor ini menunjukkan potensi sebagai pencegahan alami.

3. Khasiat Daun Kelor Anti Diabetes

Kadar nutrisi seng pada daun kelor yaitu mineral yang bermanfaat untuk produksi insulin. Pada studi ilmiah telah di lakukan uji coba pada hewan laboratorium yang di terbitkan dalam edisi juni 2012 . Setiap pemberian eksstrak daun kelor sebesar 150 miligram yang bermanfaat sebagai anti diabetes yang signifikan.

4. Manfaat Daun Kelor Untuk Mengatasi Alergi

Daun kelor ini sangat efektif dan juga ampun untu mengatasi alergi dengan cara, ambil tiga gagang daun kelor dan juga di rebus, lalu di tambahkan pulasari secukupnya, satu siung bawang merah, dengan air sebanyak tiga gelas, rebus sampai mendidih dan juga tersidah dua gelas, lalu di saring dan juga di minum setiap hari secara rutin.

5. Khasiat Daun Kelor Untuk Mengobati Penyakit Herpes, Kurap dan Luka Bernanah

Penyakit ini dapat anda obati dengan daun kelor denga cara: Tumbuk daun kelor sampai halus lalu di tempelkan pada bagian kulit yang luka, alergi ataupun kulit yang bermasalah.

6. Manfaat Daun Kelor Untuk Mengobati Sakit Mata

Kalau anda menderita sakit mata, segeralah mengobati dengan daun kelor dengan cara, tumbuk daun kelor secukupnya atau bisa juga di blender sampai halus lalu di tambahkan 100 mili liter air, lalu di peras sampai mendapatkan sari dari daun kelor. Lalu gunakanlah sari daun kelor sebagai pencuci mata atau cukup dengan di tiriskan.

7. Manfaat Daun Kelor Untuk Mengatasi Rematik dan Nyeri

Penyakit rematik dan nyeri ini bisa di atasi dengan menggunakan daun kelor dengan cara, daun kelor di tumbuk sampai halus lalu di tambahkan dengan setengah sendok makan kapur sirih, lalu gunakanlah ramuan daun kelor sebagai param.

8. Manfaat Daun Kelor Dapat Mengatasi Penyakit Kuning

Di sebut dengan penyakit kuning karena di tandai dengan kuningnya organ tubuh yang biasanya pada mata, kuku dan juga pada anggota tubuh lainnya. Penyakit ini sebenarnya adalah kare pembengkakan hati yang di akibatkan karena virus. Untuk mengatasi penyakit ini, anda bisa menggunakan ramuan daun kelor dengan cara tumbuk aun kelor sampai halus lalu tambahkan dengan satu gelas air kelapa hijau lalu peras kemudian di saring. Sebelum di minum sebaiknya tambahkan dengan satu sendok makan madu. Lalu minumlah ramuan ini satu hari sekali sampai penyakit kuning sembuh.

9. Khasiat Daun Kelor Membantu Menyembuhkan Mata Rabun Senja dan Iritasi Mata

Tumbuk daun kelor sampai benar-benar halus kemudian di seduh dengan satu gelas air yang medidih lalu diamkn beberapa menit sambil di aduk lalu di saring. Tunggu sampai dingin kemudian tambahkan dengan beberapa sendok madu murni. Minumlah ramuan ini pada saat menjelang tidur malam.

10. Manfaat Daun Kelor Untuk Mengobati Cacingan

Biasanya cacingan seringkali di alami oleh anak-anak, jika anda mengalami cacingan anda bisa mengatasinya dengan menggunakan daun kelor. Caranya daun kelor, daun cabai dan menirn lalu ketiga bahan tersebut di rebus dengan dua gelas air hingga mendidih sampai tersisah satu gelas. Kemudian di saring dn minumlah ramuan ini  setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *