Home >> Manfaat >> Manfaat Bunga Mawar Bagi Kesehatan dan Kecantikan yang Menakjubkan
Manfaat Bunga Mawar Bagi Kecantikan dan Kesehatan
Manfaat Bunga Mawar Bagi Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat Bunga Mawar Bagi Kesehatan dan Kecantikan yang Menakjubkan

Manfaat Bunga Mawar bagi Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Bunga Mawar bagi Kesehatan dan Kecantikan

Bunga Mawar (Nama ilmiah atau latin : Rosa L.) merupakan sejenis bunga yang termasuk ke dalam keluarga semak. Bunga tersebut terbagi dalam 1000 jenis lebih, di mana yang sangat umum dikenal yaitu mawar merah, disebabkan warna serta bentuknya yang menawan dan menarik hati. Tidak hanya itu, masih terdapat jenis bunga mawar yang lain, yaitu jingga, putih, ungu, orange, pink (merah muda), serta hitam. Kebanyakan dari spesies bunga mawar memiliki duri yang digunakan untuk melindungi dirinya serta untuk pertahanan terhadap habitat hidupnya.

Deskripsi serta ciri – ciri bunga mawar dapat dikenali pada bunga yang terdapat kelopak serta terbentuk bulat (bundar). Warnanya pun sangat bervariasi, tergantung dengan habitat serta jenis hidupnya. Tapi, kebanyakana daunnya berwarna hijau dengan gerigi di bagian pinggir daun, dan duri yang berada di tangkai serta batang. Batang tersebut berbentuk semak, bergerombol, serta merambat pada media disekelilingnya. Pada bunga, pertamanya seperti buah yang kemudian mekar atau merekah.

Di balik bentuknya yang indah dan menawan, bukan hanya bisa dijadikan untuk bunga hias, namun juga terdapat banyak manfaat lain yang terdapat di dalamnya. Berikut ini beberapa manfaat bunga mawar untuk kesehatan serta kecantikan yang sangat menakjubkan untuk tubuh anda :

1. Menghilangkan Jerawat di Wajah

Manfaat Bunga Mawar untuk Kecantikan - Menghilangkan Jerawat di Wajah
Manfaat Bunga Mawar untuk Kecantikan – Menghilangkan Jerawat di Wajah

Air yang berasal dari bunga mawar merupakan bahan pembersih alami bagi wajah, disebabkan mengandung banyak antioksidan serta terbukti ampuh untuk membunuh bakteri – bekteri akibat tumbuhnya jerawat. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mencuci muka secara teratur menggunakan campuran air hangat serta air bunga mawar.

2. Meringankan Stres dan Depresi

Menghilangkan Stres dan Depresi - Manfaat Bunga Mawar
Menghilangkan Stres dan Depresi – Manfaat Bunga Mawar

Saat tubuh anda merasakan stres serta kelelahan, maka anda juga akan kekurangan istirahat serta mengakibatkan kegelisahan yang membuat anda menjadi lebih sensitif dari sebelumnya. Menurut studi yang dikerjakan oleh Departemen Fisiologi serta Patologi Universitas Paraiba-Caixa, sari bunga mawar merah yang dihirup sudah dikenal mempunyai efek sedatif.

Anda bisa mengurangi stres dengan berendam di bathtub menggunakan air hangat. Masukkanlah petikan kelopak satu buket mawar merah. Air hangat atau panas  akan melepaskan aroma harum bunga mawar merah yang bisa membuat pikiran serta tubuh anda menjadi rileks kembali.

3. Menguatkan serta Menyehatkan Rambut

Menyehatkan dan Menguatkan Rambut
Menyehatkan dan Menguatkan Rambut

Bunga mawar juga terbukti ampuh untuk menyehatkan serta menguatkan rambut supaya tidak mudah rontok dan patah. Cara pemakaiannya cukup dengan mencampurkan air mawar pada shampo saat anda sedang keramas.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga kesehatan Kulit
Menjaga kesehatan Kulit

Air bunga mawar sangat bermanfaat untuk mengontrol pH kulit serta memberikan kesan yang berbeda ketika anda sedang memakainya. Manfaat ini juga akan membuat tubuh anda lebih harum alami. Cara pemakaiannya yaitu dengan menyediakan air mawar serta usapkanlah di seluruh bagian tubuh secara menyeluruh.

5. Mengatasi Nyeri Saat Haid

Mengurangi Nyeri Ketika Haid - Manfaat Bunga Mawar
Mengurangi Nyeri Ketika Haid – Manfaat Bunga Mawar

Manfaat bunga mawar yang lain juga berkhasiat untuk melancarkan menstruasi yang tidak lancar. Caranya sangat mudah, yaitu hanya dengan menyediakan bunga mawar kira – kira 15 gr, 15 gr daun dewa, dan 90 gr lidah buaya. Cara mengolahnya yaitu dengan merebus semua bahan dengan 600cc air sampai tersisa 300cc. Bagi menjadi 2 serta diminum 2x sehari dengan teratur.

6. Menghilangkan Bau Mulut

Menghilangkan Bau Mulut
Menghilangkan Bau Mulut

Bunga mawar juga terbukti ampuh untuk menghilangkan bau mulut. Bahkan, bukan hanya itu, bunga mawar juga ampuh membunuh bakteri yang terdapat di mulut. Cara penggunaannya yaitu dengan menyediakan beberapa kuntum bunga mawar serta direndam secara bersamaan dengan gula batu. Diamkanlah sampai semalam serta minum dipagi hari sampai habis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *