Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan
Manfaat Buah Pisang
Manfaat Buah Pisang

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Pisang adalah buah yang kecil namun memiliki ribuan manfaat untuk kesehatan. Buah yang sudah tidak asing lagi oleh masyarakat indonesia ini menyimpan manfaaat banyak. Buah ini bisa anda temui de setiap penjuru desa ataupun kota. Buah pisang ini sangat lah cocok buat pencuci mulut setelah makan. Kelezatan berserta manfaat yang di kandung buah ini menjadikan buah pisang di sukai banyak orang dari anak kecil hingga tua. Selain lezat harga buah ini relatif murah apalagi jika anda berada di desa bisa mengambil langsung dari pohon secara gratis. Tahukah anda bahwa  buah pisang ini mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan contohnya untuk ibu yang sedang mengandung kandungan yang terdapat pada buah pisang dapat membantu tumbuh kembang dari si janin.dan berikut beberapa manfaat dari buah pisang yang perlu anda ketahui antara lain:

Manfaat Dan Khasiat Buah Untuk Kesehatan

  1. Sumber Snergi

Dengan anda mengkonsumsi 2 buah pisang akan menambah energi untuk anda memlakukan aktivitas. Kandugan karbohidrat yang berada di buah pisang tersebutlah yang dapat membantu menambah energi anda. Kandungan karbohidrat pada pisang tidak hanya mampu meningkatkan energi saja namun juga meningkatkan sistem imun tubuh.

  1. Menurunkan Berat Badan

Kandungan kalori pada buah pisang relatif kecil. Jadi jangan takut untuk menambahkan pisang pada porsi makan anda. Bagi anda yang memiliki berat badan berlebihan,konsumsilah pisang secara rutin karena bisa menurunkan berat badan anda. Selain itu pisang juga sangat cocok untuk program diet.

  1. Menghaluskan Kulit Wajah

Manfaat Buah Pisang
Manfaat Buah Pisang

Bagi anda yang memiliki maalah pada kulit wajah seperti kulit kering atapun jerawat. Dengan megunakan masker pisang ini anda sudah bisa menghaluskan wajah anda caranya mudah, pilih pisang lalu hancurkan kemudian kasih 2 sendok madu setelah hancur gunakanlah sebagai masker pada wajah.  Gunakan masker pada wajah dan biarkan sekitar 15-25 menit lalu bilas sampai bersih. Namun jika anda ingin menghilangkan jerawat hancurkan buah pisang lalu oleskan pada jerawat biarkan beberapa saat lalu bilas. Lakukan hal tersebut rutin dan lihat hasulnya.

  1. Mengobati Sakit Maag

Tahukah anda bahwa pisang memiliki zat penangkal asam pada tubuh. Jadi bagi anda yang mederita penyakit maag lalu maag anda kambuh segera konsumsilah buah piisang karena bisa meredakan rasa sakit akibat maag.

  1. Meningkatkan Mood Anda

Kebanyakan orang hanya tahu kalau mood boster itu di miliki coklat. Perlu anda ketahui bahwa buah pisang juga bisa menjaga suasana hati anda atau mood. Jadi bagi anda yang sedang galau atau memiliki banyak pikiran dan sejenisnya makanlah pisang karena pisang bisa membuat pikiran anda selalu positif dan menjadikan suasana hati anda menjadi senang.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat Buah Pisang
Manfaat Buah Pisang

Pisang mengandug vitamin A yang akan luluh pada lemak dan sangat peting untuk menjaga mata anda. Vitamin A sangat berperan penting bagi mata pasalnya vitamin A tersebut melindungi membran yang bekerja membawa protein ke kornea. Jadi bagi anda yang memiliki masalah pada mata konsumsilah buah pisang, karena bisa membantu menajamkan peglihatan dan menjauhkan resiko kebutaan.

  1. Mengobati Sembelit

Rutinlah mengkonsumsi pisang karena pisang bisa mengobati sembelit secara alami.  Dengan anda rutin mengkonsumsi pisang akan mengahalang menegrasnya fases yang merupakan awal dari sembelit. Jadi pisang dapat memperlancar anda dalam membuang air besar.

  1. Mengurangi Rasa Sakit Saat Iaid

Sering kali para kaum hawa kalau lagi menstruasi pasti akan merasa nyeri. Jadi bagi anda khususnya para wanita ketika anda sedang haid perbanyaklah untuk mengkonsumsi buah pisang, karena pisang di percaya bisa menetralkan rasa nyeri di akibatkan haid.

  1. Melancarkan Peredaraan Darah

Pada buah pisang mengandung kalium dan potasium yang akan berperan pada sirkulasi tubuh.  Dengan kandungan tersebut oksigen yangdi terima tubuh mudah untuk di sampaikan ke otak,  selain itu kandungan kalium pada buah pisang juga melancarkan denyut jantung serta mengurangi resiko stroke dan memudahkan mengatur tekanan darah.

  1. Mengatasi Gatal Akibat Digigit Nyamuk

Manfaat Buah Pisang
Manfaat Buah Pisang

Terkadang gigitan nyamuk yang terasa gatal dan mengakibatkan bintik merah membuat  tidak nyaman. Dengan kulit pisang anda bisa mengobati rasa gatal dan bintik merah akibat nyamuk, tinggal anda ambil kulit pisang lalu oleskan pada daerah yang tergigit nyamuk.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Tahukah anda kalau buah pisang bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Dengan anda  rutin mengkonsumsi buah pisang maka sistem pencernaan anda akan laancar. Karena buah pisang membantu untuk memaksimalkan nutrisi di serap tubuh.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat Buah Pisang
Manfaat Buah Pisang

Jika anda rutin setiap hari mengkonsumsi pisang maka risiko terkena penyakit jantung akan semakin rendah.  Pada buah pisangmengandung flavonoid dan vitamin C yang bersifat antioksidan   dan mencegah oksidasi lemak pada tubuh. Selain kandunan tersebut pisang juga mengandung kalium yang berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung. Selain menjaga jantung  buah pisangjuga menurunkan kolestrol hal tersebut pisang juga mengandung serat paktin.

  1. Menstabilkan Jumlah Cairan Pada Tubuh

Selain kandungan kalium pada pisang yang berfungsi untuk menjaga kesehatan ternyata kalium pada buah pisang juga bisa membantu menyeimbangkan cairan pada tubuh.  Oleh karena itu dengan anda rutin mengkonsumsi buah pisang kinerja tubuh akan lancar.

  1. Menjaga Penyakit Diabetes

Banyak orang yang tidak tahu kalau buah pisang bisa menjaga penyakit diabetes.banyak yang tidak tahu kalau buah pisang kaya dengan vuatamin B 6 yang sangat berperan baik untuk menjaga keseimbangan kolestrol  pada tubuh. Jadi perlu anda ketahui bahwa pisang bisa menurunkan resiko diabetes.

  1. Meningkatkan Kosentrasi

Sudah sedikit  di singgung di sub judul atas, bahwa pisangbisa melancarkan okesigen ke otak. Kandungan potasium tersebutlah yang membantu untuk melancaran peneriman oksigen ke otak. Dengan oksigen ke otak lancar akan menambah kosentrasi dan tetap fokus.

  1. Mengobati Anemia

Bagi anda yang sering begadang ataupun tengah menderita anemia, pisang bisa menjadi solusi anda. Kandungan zat besi yang terdapat pada buah pisang dapat meningkatkan kadar darah pada  tubuh.  Jadi konsumsilah secara rutin buah pisang penyakit anemia pada anda akan segera sembuh.

  1. Mengatasi Dan Mencegah Hipertensi

Buah pisang kaya dengankandungan kalium. Kalium sendiri sangat banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dengan adanya kandungan kalium pada buah pisang akan membantu mengatur kestabilan cairan dan elektron.jadi tekanan darah pada tubuh anda akan stabil.

Nah itu tadi manfaat buah pisang,meskipun buah itu kecil namun terkandung banyak manfaat yang bisa membuat diri anda sehat dan terhindar dari penyakit serius. Buah pisang pun mudah anda jumpai di setiap tempat selain mudah harganya pun juga relatif murah. Nah sekarang anda sudah tau apa saja manfaat dari buah pisang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *