Home >> Buah Buahan >> Mengenal Manfaat dan Khasiat Buah Nanas Bagi Tubuh
Jus Buah Nanas Untuk Kesehatan
Jus Buah Nanas Untuk Kesehatan

Mengenal Manfaat dan Khasiat Buah Nanas Bagi Tubuh

Siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini, buah yang identik dengan warna kuning atau bahkan orange ini memang sudah familiar di kalangan masyarakat. Rasanya yang lezat dan juga harga yang murah menjadikan buah ini banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat. Selain karena rasanya yang unik buah ini juga terkenal karena memiiki berbagai khasiat dan juga manfaat buah nanas yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Itu karena buah nanas memiliki kandungan vitamin, mineral, antioksidan, dan juga enzim yang dapat membantu porses pencernaan tubuh manusia, meredakan asam pada lambung, mengeruangi terjadinya perangan, juga dapat membantu memecahkan protein hewani.

Khasiat Buah Nanas
Khasiat Buah Nanas

Buah nanas juga sangat mudah ditemukan hampir di sepanjang tahun kita dapat menemukan buah nanas ini. buah nanas memang menjadi pilihan buah yang terbaik bagi masyarakat yang hidup di wilayah tropis seperti Indonesia. Meskipun buah ini memiliki buah banyak sekali manfaat buah nanas bagi kesehatan bagi tubuh, anda perlu berhati-hati karena buah nanas ini mengandung bromelian yang tidak boleh dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil.

Kandungan Dalam Buah Nanas

  • Buah nanas kaya akan kandungan vitamin A dan beta karoten, yang bermanfaat dalam melindungi mata dari adanya degenarasi makula, mencegah terjadinya kanker paru-paru dan juga kanker rongga mulut.
  • Kaya juga akan kandungan vitamin C, flavonoid, dan juga antioksidan yang tentunya penting dalam menjaga dan membangun sistem kekebalan tubuh, menghancurkan radikal bebas, melawan flu dan juga virus, menjaga gusi agar tetap sehat, melindungi dari serangan kanker mulut. Selain itu juga mendukung sintesis kolagen, dan menjaga kesehatan pada sistem pembuluh darah.
  • Terdapat kandungan vitamin B1 atau Thiamin untuk diubah dari karbohidrat menjadi energi, memperkuat otot, dan juga meningkatkan fungsi dari sistem saraf.
  • Mengandung fosfor yang sangat bermanfaat dalam menciptkan tulang dan gigi yang kuat, dapat membantu menghentikan perkembangan osteoporosis.
  • Kandungan mangan, berupa mineral penting yang tidak bisa dibuat oleh tubuh, namun ditemukan oleh buah nanas. Membantu perkembangan dan juga fungsi tulang, mempercepat penyembuhan luka, mendukung kesehatan kulit, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan juga menstabilkan gula darah untuk membantu mencegah diabetes dan gangguan metabolisme tubuh.
  • Mengandung enzim khusus yang disebut dengan Bromelain yang bersifat anti-inflamsi, dan bahkan memiliki khasiat yang tidak kalah dengan obat-obatan lain. Khasiat dari bromelain adalah dapat mengurangi nyeri sendi yang terjadi akibat asam urat, mengurangi sakit pada tenggorokan, membantu menghentikan perkembangan tumor baru dan juga menyusutkan kanker, mengurangi pembengkakan setelah operasi, menghilangkan asam lambung naik, mempercepat proses pencernaan.

Manfaat Dari Buah Nanas

Manfaat Buah Nanas
Manfaat Buah Nanas

1. Meningkatkan Imunitas

Kandungan vitamin C yang ada dalam buah nanas memang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita, salah satunya adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena efek antioksidan yang kuat dari buah nanas. Selai itu juga buah nanas juga kaya akan kandungan zat asam amino, yang dapat membantu menigkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga menjaga persediaan energi bagi tubuh agar tidak kelelahan.

2. Membantu Sistem Pencernaan

Sama halnya dengan kandungan serat pada buah nanas yang juga terdapat pada sebagian buah-buahan dan juga sayur-sayuran. Serat yang terkandung dalam buah nanas ini memiliki manfaat yang sangat penting dalam membantu menjaga kesehatan usus. Dan juga karena kandungan vromelain dalam buah nanas membuat buah nanas ini dapat membantu memecah protein dan juga lemak hewani.

3. Mencegah Terjadinya Hipertensi

Bagi orang yang memiliki tekanan darah yang tinggi, pastinya akan berusaha untuk menjaga tekanan darah agar kembali stabil. Dan pilihan makanan yanga tepat menjadi salah satu solusinya. Itu dikarenakan jumlah kandungan kalium yang tinggi seperti yang terkandunga dalam buah pisang.  Dan juga kandungan zodium yang rendah dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah agar tetap normal.

4. Menghilangkan Mual

Jus Buah Nanas Untuk Kesehatan
Jus Buah Nanas Untuk Kesehatan

Meminum jus nanas dapat menghilangkan rasa mual di perut. Dan tentunya ini dapat mengatasi morning sickess. Dan tentunya hal ini bermanfaat bagi orang yang sedang melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan, dan sering mengakibatkan mabuk.

5. Membuatkan Tulang Lebih Kuat

Selain susu ternyata buah nanas juga mengandung kalsium yang berfungsi untuk kesehatan tulang. Dan juga karena adanya kandungan zat mangan yang melimpah dalam buah nanas dapat membantu memperkuat tulang dan juga jaringan ikat. Dalam secangkir jus nanas dapat memberikan sekitar 73% dari mangan yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sehari.

6. Membantu Melembabkan Kulit

Manfaat untuk kesehatan, buah nanas yang kaya akan kandungan vitamin dapat membantu mengatasi kekurangan cairan pada tubuh dan juga kulit. Dan manfaat nanas dapat memberikan efek hidrasi pada kulit. Cara mendapatkan kulit yang mulus dengan nanas adalah dengan mencampurkan 3 sendok makan buah nanas segar yang telah dihaluskan dengan kuning telur dan juga sedikit susu. Setelah itu oleskan pada kulit yang kering dan biarkan sekitar 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

7. Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Kandungan yang ada pada buah nanas dapat membantu mengatasi bibir pecah-pecah. Buah nanas memberikan gizi yang dapat menyembuhkan bibir pecah-pecah dan juga melunakan bibir.

Itulah sedikit mengenai manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh kita, apabila anda menginginkan hidup yang sehat dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.