Home >> Buah Buahan >> Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan
Belimbing Wuluh
Belimbing Wuluh

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Belimbing wuluh ini ssangat di kenal dengan nama belimbing asam ataupun belimbing sayur. Belimbing wuluh ini biasanya tumbuh dengan liar di perkebunan para warga atau dengan di tanam sebagai tanaman pagar ataupun bisa di halaman rumah. Buahnya mempunyai rasa asam yang sering di jadikan sebagai campuran pada minuman, pada rujak maupun penyedap masakan. Belimbing yang termasuk kedalam keluarga Oxadilaceae dapat di jadikan sebagai tanaman untuk pengobatan secara herbal. Bunga, daun dan juga buahnya merupakan bagian dari tanaman yang sering di manfaatkan. Daunnya sering di gunakan untuk mengobati perut yang sakit. Bunganya dapat untuk mengobati batuk. Buah belimbing wuluh yang sering di manfaatkan untuk mengobati batuk rejan.

Manfaat Belimbing Wuluh
Manfaat Belimbing Wuluh

Selain untuk di jadikan penyedap pada masakan dan juga sebagai campuran rujak, belimbing wuluh ini juga sering sekali di gunakan sebaagai obat tradisional.

1. Belimbing Wuluh Mengobati Batuk

Belimbing wuluh ini bisa di jadikan sebagai obat batuk. Ambil yang bagian bunga, daun dan juga buah belimbing wuluh satu genggam. Lalu cuci yang bersih kemudian di rebus dengan empat gelas air bersama dengan gula batu sampai tersisah dua gelas. Kalau sudah dingin, lalu airnya di saring dan juga di minum dua kali sehari dengan cara rutin.

2. Mengatasi Batuk Rejan

Supaya batuk rejan bisa sembuh, anda bisa menggunakan buah belimbing wuluh, dengan cara buah belimbing wuluh di remas-remas lalu di campur dengan dua sendok air garam. Lalu saring airnya kemudian di minum dua kali sehari. Ataupun bisa juga buah belimbing yang manis ini di jadikan sebagai manisan, lalu di makan.

3. Obat Batuk Untuk Anak

Manfaat beliming wuluh untuk obat batuk memang tidak perlu di ragukan lagi. Zaman dulu menggunakan belimbing wuluh ini sebagai obat batuk pada anak. Bahan yng di perlukan yaitu satu genggam daun belimbing wuluh, adas, gula dan juga satu gelas air. Lalu di cuci dengan bersih semua bahan, kemudian saring airnya lalu di minum dua kali sehari pada saat perut kosong.

4. Mengobati Rematik

Daun dan juga buah belimbing wuluh ini bisa di gunakan untuk mengobati rematik. Yang tentunya di campur dengan bahan alami lainnya. Caranya dengan mengambil 100 gram daun belimbing wuluh yang masih muda, 10 butir cengkeh dan juga 15 butir merica. Semua bahan lalu di giling hingga halus, kemudian tambahkan cuka secukupnya saja. Aduk sampai rata sampai membentuk adonan seperti bubur. Lalu oleskan pada bagian tubuh yang sakit.

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan buahnya. Sediakan lima buah belimbing wuluh, delapan lembar daun kantil,15 biji cengkeh dan juga 15 butir lada hitam. Kemudian bahan di giling sampai halus kemudian di campurkan dengan dua sendok makan air jeruk nipis dan juga satu sendok makan minyak kayu putih. Lalu adonan itu di gunakan untuk mengurut bagian tubuh yang sakit.

5. Obat Sariawan Tradisional

Buah belimbing wuluh ini sering sekali di gunakan sebagai obat sariawan. Caranya dengan menyediakan bahan-bahan yang berupa tiga buah belimbing wuluh, tiga butir bawang merah, satu buah pla yang muda, sepuluh lembar daun seriawan. Lalu semua bahan itu di tumbuk sampai halus dan juga di campurkan dengan tiga sendok makan minyak kelapa. Kemudian saring airnya dan juga di oleskn pada bagian mulut yang terluka kibat sariawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *