Home >> Wisata >> Makanan Khas Sidoarjo Yang Wajib Untuk di Cicipi
Makanan Khas Sidoarjo

Makanan Khas Sidoarjo Yang Wajib Untuk di Cicipi

Sidoarjo merupakan salah satu kota atau kabupanten yang terletak di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Jika mendengar kata Sidoarjo pasti anda selalu akan berfikiran kota yang memiliki lumpur lampindo yang fenomenal. Kota atau kabupaten Sidoarjo ini berbatasan dengan banyak kota lainnya seperti berbatasan dengan Kota Surabaya, Gresik, Mojokerto, Pasuruan serta Selat Madura di sebelah timurnya. Sidoarjo juga merupakan salah satu Kota utama yang menyangga Kota Surabaya serta juga termasuk wilayah Gerbang Kertosusilo.

Selain memiliki keunikan yang berbeda – beda, tentunya setiap kota atau kabupaten pasti memiliki makanan khas-nya masing – masing. Dan pada artikel kali ini saya akan mengulas tentang beberapa makanan khas dari Kota Sidoarjo. Ingin mengetahui apa saja makanan khas dari Sidoarjo ? simak nih beberapa makanan khas Sidoarjo yang wajib untuk di cicipi.

Makanan Khas Sidoarjo :

1.Lontong Kupang

Lontong Kupang ini sendiri merupakan nama yang diambil dari hewan kecil sejenis tiram yang diolah sebagai bahana dasar dari makanan Lontong Kupang khas Sidoarjo tersebut. Makanan olahan dari Kupang ini sendiri sangat populer di kalangan penduduk kabupaten Sidoarjo, terutama di daerah yang jaraknya cukup dekat dengan pantai seperti Kenjeran (Surabaya). Untuk makanan Lontong Kupang ini lebih nikmat bila dimakan selagi masih panas atau hangat. Komposisi dari Lontong Kupang itu sendiri meliputi irisan lontong, oalahan kupang, dan juga Lento atau makanan semacam perkedel yang terbuat dari bahan singkong yang sudah kering, sehingga membuat rasa dari olahan kupang tersebut menjadi lebih nikmat. Dan nikmatnya makanan tersebut bila sudah disiram dengan kuah yang terbuat dari kupang serta dicampur dengan bumbu petis dan juga bawang putih.

2.Telur Asin

Telu Asin merupakan salah satu makanan yang dapat di makan secara langsung atau biasanya dimakan dengan dipadukan dengan makanan yang lainnya seperti nasi lengko dan nasi jamblang. Telur Asin ini sendiri terbuat dari telur bebek yang kemudian diolah dengan melalui proses pengasinan atau diawetkan dengan diberi taburan garam dengan jumlah yang cukup banyak untuk menonaktifkan enzim perombak yang terdapat pada telur bebek tersebut.

Telur Asin itu sendiri mampu bertahan hingga waktu satu bulan lamanya. Dan di Kota Sidoarjo ini merupakan salah satu Kota penghasil telur asin, yang tepatnya di daerah Kebonsari, Sidoarjo. Karena di daerah Kebonsari tersebut dikenal akan sebagai kampong bebek dan juga Telur Asin khas Sidoarjo.

3.Bandeng Asap

Bandeng Asap merupakan salah satu makanan yang akan anda dijumpai pada setiap pusat oleh – oleh khas Sidoarjo. Karena bandeng asap ini merupakan komoditas utama dari produk perikanan yang berada di Sidoarj, dan bandeng asap ini di matangkan dengan melalui proses pengasapan. Makanan bandeng asap ini juga memiliki peminat tersendiri, serta tidak kalah populernya dengan oleh – oleh khas Sidoarjo yang lainnya.

4.Sate Kerang

Sate Kerang ini merupakan olahan makanan yang dibuat dari bahan dasarnya yang berupa kerang yang telah di pisahkan dari cangkang atau kulitnya, yang kemudia di tusukan seperti sate pada umunya. Untuk bumbu dari sate kerang ini sendiri meliputi kecap manis, margarin, garam serta bawang putih.

Bila kalian berkunjung ke Kota Sidoarjo ini, jangan lewatkan mampir ke beberapa warung untuk mencicipi sate kerang khas Sidorarjo tersebut.

5.Krupuk Udang

Kurupuk Udang khas Sidoarjo ini memiliki rasa dan tekstur yang Gurih, Enak, Renyah, serta kaya akan kandungan Gizinya. Selain itu, krupuk khas sidoarjo ini sangat terkenal karena memiliki cita rasa udang yang sangat khas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *