Home >> Ekonomi >> Bisnis >> Macam-Macam Usaha Sampingan yang Bisa Anda Coba
Macam Macam Usaha sampingan
Macam Macam Usaha sampingan

Macam-Macam Usaha Sampingan yang Bisa Anda Coba

Usaha sampingan merupakan salah satu cara Anda memperoleh penghasilan tambahan. Kebutuhan semakin hari semakin bertambah, hal itu terkadang tidak dibarengi dengan pemasukan atau penghasilan, sehingga Anda harus pintar-pintar memutar otak untuk mencari tambahan penghasilan. Darimana Anda bisa mendapatkan tambahan penghsilan? Sebenarnya banyak cara bagi Anda untuk mendapatkan tambahan penghasilan, salah satunya adalah dengan membuka usaha sampingan. Mungkin bagi sebagian dari Anda akan berpikir hal itu terlalu sulit dilakukan karena Anda sudah terlalu fokus dengan pekerjaan utama Anda. Padahal sebenarnya masih banyak usaha sampingan yang bisa Anda lakukan.

Peluang usaha sampingan juga masih besar, misalnya dengan bisnis online ataupun dengan bisnis rumahan. Kedua jenis usaha ini bahkan tidak membutuhkan terlalu banyak  modal dan cukup praktis untuk dilakukan. Usaha sampingan ini bisa Anda lakukan bahkan jika Anda sudah memiliki pekerjaan utama. Selain menambah penghasilan , usaha sampingan ini juga bisa mengurangi efek ketergantungan Anda pada perusahaan atau institusi tempat Anda bekerja. Hal ini bisa menjadi langkah alternatif yang tepat bila suatu waktu Anda mengalami hal yang tidak diinginkan dalam pekerjaan Anda. Selain itu, jika Anda telah memiliki usaha sampingan maka di hari tua nanti saat Anda telah pensiun Anda tidak perlu khawatir lagi dengan masalah keuangan.

Ada beberapa usaha sampingan yang bisa Anda coba seperti misalnya bisnis online dan usaha rumahan di bawah ini:

  • Online shop

Meskipun bisnis online shop ni sudah menjamur bahkan banyak sekali yang mencoba peluang ini, namun tetap saja kesempatan membuka bisnis online shop masih terbuka lebar untuk Anda. Seperti Anda tahu, bahwa dunia fashion dan kecantikan bagi perempuan tidak pernah ada habisnya, selalu ada hal baru yang bisa menjadi daya jual tersendiri. Oleh karena itu, di tahun 2016 ini bisnis online shop masih menduduki peringkat pertama di jajaran bisnis online. Kenapa online shop selalu diminati? Selain barang yang lebih beragam dan unik, bisnis online shop ini juga memberi kemudahan bagi konsumennnya.

  • Bisnis kuliner.

Bisnis kuliner saat ini memang sudah sangat banyak dan bertebaran dimana-mana, namun tidak ada salahnya untuk mencoba peluang bisnis kuliner, terutama jika memiliki ide kreatif tentang inovasi makanan

  • Bisnis jasa fotocopy/pengetikan.

Salah satu bisnis rumahan yang bisa Anda coba adalah bisnis fotocopy dan jasa pengetikan, terutama jika tempat tinggal Anda berada di sekitar lembaga pendidikan seperti sekolah atau kampus.

  • Bisnis laundry / jasa cuci pakaian.

Bisnis laundry atau jasa cuci pakaian juga menjadi salah satu peluang usaha yang patut dicoba.

  • Bisnis jual pulsa.

Masih banyak usaha sampingan lainnya yang bisa Anda coba. Cukup siapkan ide-ide kreatif dan modal secukupnya serta jangan takut untuk memulai usaha sampingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *