Home >> Tumbuhan >> Tanaman Hias >> Macam-Macam Tanaman Hias yang Beracun

Macam-Macam Tanaman Hias yang Beracun

Kali ini saya akan membahas tentang tanaman hias yang memiliki racun. Siapa sih yang tidak tahu dengan tanaman hias, tanaman hias adalah merupakan tanaman yang bermanfaat yaitu untuk membuat suasana rumah kita menjadi cantik dan indah. Ada banyak sekali jenis-jenis dari tanaman hias ini, ada tanaman hias daun, tanaman hias akar, tanaman hias batang, dan, ada juga yaitu tanaman hias yang mempunyai kandungan racun di dalamnya.

Untuk kali ini saya akan membahas tentang tanaman hias yang memiliki kandungan racun di dalamnya, yang wajib harus kita waspadai. Karena, ada pada bagian tertentu yang memiliki racun di dalam tanaman tersebut. Tanaman hias yang memiliki racun pun ada beragam jenisnya, berikut saya akan menjelaskan tentang tanaman hias yang mengandung racun, yaitu:

  1. Tanaman hias Nerium Oleander

Tanaman yang satu ini jika di indonesia, tanaman ini di kenal dengan sebutan yaitu bunga jepun, atau bunga mentega.bunga yang satu ini dikatakan sebagai tanaman hias, karena memiliki bentuk yang sangat bagus, dan cantik. Nama dari Olea sendiri memiliki arti, yaitu Minyak, atau Oli.

Mengapa di katakan seperti itu, karena tanaman hias yang satu ini juga dapat memproduksi minyak, yang dapat memenuhi lahan sekitar tempat dia tumbuh. Walaupun tanaman hias ini cukup indah, tetapi kalian harus berhati-hati, karena tanaman ini mengandung racun rosagenin, racun nerioside, racun oleandroside, dan racun cardiac glycoside. Zat-zat di dalam kandungan itu dapat membuat kita mangakibatkan denyut jangtung menjadi lambat, bahkan dapat membuat kita menjadi gagal jantung.

  1. Tanaman Hias Daun Sri Rejeki

Tanaman hias yang satu ini adalah merupakan tanaman hias yang sudah sangat populer di negara kita ini, yaitu di indonesia, hampir para pecinta tanaman hias memiliki tanaman yang satu ini, bukan hanya para pecinta tanaman hias saja, hampir semua warga indonesia memiliki tanaman yang satu ini.

Tapi apakah kalian tahu, ternyata setelah di teliti tanaman hias ini juga memiliki kandungan racun yang cukup berbahala, mulai dari batang, maupun dari daunya. Tanaman ini harus kita jauhkan dari jangkauan anak-anak kita, takutnya anak kita memakan tanaman hias yang satu ini. Racun dari tanaman ini paling banyak ada di bagian tengahnya.

Racun dari tanaman ini dapat membuat kita menjadi gatal-gatal, kemudian menjadi kejang-kejang, dan bahkan jika racunya terkena kerongkongan, dapat membuat kita menjadi gangguan pernapasan.

  1. Tanaman Hias Bunga Kecubung

Tanaman Hias bunga kecubung, atau yang biasa kita sebut dengan tanaman hias bunga terompet ini adalah merupakan tanaman hias yang hanya dapat tumbuh di kawasan dataran tinggi. Tanaman jenis yang satu ini, dapat tumbuh tinggi, yaitu mencapai 2-4 emeter. Bunga ini memiliki bentuk bunga yang indah dan juga cantik.

Namun, siapa sangka, ternyata tanaman ini memiliki racun. Di dalam kandungan bunga ini, ada terdapat kandungan alkaloid, atropine, dan zat yang lainya, yang dapat membuat kita menjadi halusinasi, bahkan dapat membuat kita menjadi mabuk. Efek dari tanaman ini tidak beda jauh dengan mengkonsumsi obat-obatan terlarang.

Bagi orang yang mengkonsumsi tanaman ini, dapat menjadi seperti org yang gila, yaitu sering tertawa atau gembira yang berlebihan, dan jika tidak di tangani, bahkan apabila di tambah, maka orang tersebut akan menyebabkan kematian.

  1. Tanaman Hias Lily of Valley

Tanaman hias yang satu ini adalah merupakan salah saru jenis tanaman hias bunga yang paling indah di keluarga lily, dan lainya. Bunga jenis satu ini, biasanya tumbuh di bagia negara inggris utara. Dan, bunga ini di negara inggris, biasa di sebut dengan bunga musi semi. Pada waktu bulan september, bunga jenis ini akan mengeluarkan mahkota, dan buahnya.

Di balik keindahanya, bunga jenis ini juga ternyata memiliki racun yang berbahaya bagi hewan, maupun bagi manusia. Pada bagian batang, maupun pada bagian buahnya memiliki kandungan racun yang dapat membuat kita mengakibatkan kematian.  Racun yang ada di dalam buah ini yaitu bernama racun Convallatocin.

Meskipun bunga ini memiliki racun, bunga ini juga memiliki sisi positif, yaitu manfaat dari bunga ini dapat di jadikan sebagai pengobatan, dapat mencegah, atau menolak racun lain yang mau masuk ke dalam tubuh kita, dan masih banyak lagi.

  1. Tanaman Hias Bunga Belladona

Tanamn hias yang satu ini sudah sangat terkenal denga racun yang ada di dalam kandungan bunga tersebut. Racun dari tanaman hias yang satu iini sangat berbahaya, terutama berbahaya bagi manusia. Mulai dari bagian akar, sampai bagian batangnya itu memiliki kandungan racun di dalamnya.

Dan racun yang paling berbahaya itu ada di abgian buahnya. Gejala yang dapat di alami bagi yang mengkonsumsi buahnya itu, dapat mengakibatkan pupil mata kita membesar, penglihatan kita dapat menjadi kabur, membuat kita menjadi gila, dan berhalusinasi. Dan, racun yang ada di dalam tanaman ini memiliki nama atropine, yang dapat menganggu sistem syaraf kita.

Itulah sedikit dari saya, penjelasan tentang tanaman hias yang memiliki racun yang wajib kita waspadai, terutama kepada anak-anak kita. Mohon maaf saya hanya membuat sedikit, saya menyarankan walaupun tanaman hias di atas beracun, apa salahnya, jika kita menanamnya di depan rumah kita, tinggal kita saja gimana caranya agar tidak atau agar terhindar dari racun yang ada di kandungan tanaman hias tersebut. Sekian dari saya, semoga ilmu dari saya ini bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *