Home >> Wisata >> Kuliner >> Macam-macam Makanan Khas Lombok Terpopuler yang Wajib Dicoba
Nasi Balap Puyung Makanan Khas Lombok
Nasi Balap Puyung Makanan Khas Lombok

Macam-macam Makanan Khas Lombok Terpopuler yang Wajib Dicoba

Lombok merupakan provinsi yang kaya akan wisata alamnya, terutama pantainya yang sangat indah, bahkan tidak heran jika banyak sekali para wisatawan mancanegara yang berkunjung ke lombok untuk menikmati suasana alam yang tidak di ragukan lagi keindahannya. Di lombok ini tidak hanya kaya akan pantainya yang sangat indah, tapi juga kuliner khas lombok, di lombok ini memiliki banyak sekali makanan yang enak yang patut anda coba. Terutama bagi anda yang suka dengan wisata kuliner. Maka dari itu, anda wajib untuk mencicipi salah satu makanan khas lombok bercita rasa yang pedas.

1. Nasi Balap Puyung

Nasi Balap Puyung Makanan Khas Lombok
Nasi Balap Puyung Makanan Khas Lombok

Nasi puyung ini merupakan salah satu makanan khas dari lombok yang mempunyai cita rasa yang pedas, inilah yang membuat istimewa makanan lombok. Apabila anda ingin mencobanya, anda akan merasakan ketagihan untuk mencobanya lagi walaupun makanan ini mempunyai tampilan yang kurang bagus. Tetapi hal ini tidak masalah bagi kebanyakan orang, apalagi pada orang memiliki hobi terhadap rasa pedas, pasti mereka akan membeli makanan ini jika berkunjung ke lombok. Adapun bahan-bahan yang di pakai untuk membuat makanan ini adalah nasi yang berisi ssuwiran daging ayam yang di campur dengan cabai, kemudian di tambah dengan kedelai kacang, lalu di taburkan dengan udang yang sudah kering, ada abon dan belut goreng. Jika anda ingin membeli makanan ini, anda bisa membelinya di sekitar lombok.

2. Sate Rembiga

Sate Rembiga Makanan Khas Lombok
Sate Rembiga Makanan Khas Lombok

Bagi anda yang belum pernah mendengar tentang sate rembiga mungkin akan penasaran. Sate rembiga ini merrupakan sate yang berbahan daging sapi ini sama seperti sate yang lainnya, tapi yang membedakan dengan sate yang lainnya yaitu cita rasa dari makanan khas lombok, rasanya ini perpaduan antara gurih, mais dan juga pedas. Jika anda penasaran dengan tiga rasa yang di campur menjadi satu, maka dari itu segeralah untuk datang ke lombok. Kenapa di namakan sate rembiga, karena sate ini berasal dari desa rembiga yang ada di dekat bekas bandara selaparang, di sinilah munculnya sate rembiga, jadi anda tidak usah bingung lagi dengan asal mulanya sate rembiga. Tapi anda harus pintar untuk memilih sate rembiga yang enak.

3. Beberuk Terong

Beberuk Terong Makanan Khas Lombok
Beberuk Terong Makanan Khas Lombok

Namanya memang sangat unik. Beberuk terong ini adalah lalapan yang menjadi pendamping ayam tliwang. Jika anda makan ayam taliwang tapi tidak ada beberuk terok, maka tidak akan afdol kata orang lombok. Beberuk terong ini adalah makanan yang mudah di olah, pasti anda bisa membuatnya sendiri. Bahan dasar dari beberuk terong ini adalah terong ungu yang di potong seperti dadu dan juga tomat yang di potong seperti dadu. Bumbu halus yang harus di siapkan adalah cabe merah keriting, cabe rawit, bawang putih, bawang merah, terasi bakar, kencur, garam, gula pasir dn juga minyak goreng. Kemudian siram bumbu di atas yang sudah di campur terong di tambah dengan perasan jeruk limau di atasnya.

4. Poteng Jaje Tujak dan Iwek

Poteng Jaje Tujak dan lwek Makanan Khas Lombok
Poteng Jaje Tujak dan Iwek Makanan Khas Lombok

Pasti penasaran dengan makanan yang satu ini. Makanan ini adalah salah sat makanan khas lebaran bagi masyarakat lombok, tapi tenang saja, makanan ini bisa di temukan di hari-hari biasa tanpa menunggu lebaran. Makanan ini ada dua jenis yaitu poteng atau tapai dan juga jaje teluk. Selain itu yang tidak ketinggalan yaitu iwek atau kue yang terbuat dari ketan khitam yang biasanya di sajikan ketika ada upacara tradisional msyarakat lombok. Iwel ini merupakan makanan yang berbeda dari makanan yang lainnya, karena biasanya makanan lombok itu pedas. Tapi, iwel ini berbeda yaitu engan rasanya yang manis daan juga legit. Bagi anda yang ingin ke lombok bisa mencoba makanan ini. Atau bisa belajar membuatnya sendiri di rumah.

5. Plecing Kangkung

Plecing Kangkung Makanan Khas Lombok
Plecing Kangkung Makanan Khas Lombok

Mungkin di rumah sering memasak kangkung dengan di tumis. Tapi kalau di lombok, ada yang namanya plecing kangkung yang merupakan makanan khas lombok. Yang membedakan dengan makanan kangkung yang lainya adalah kangkungnya sendiri, karena kangkung yang ada di lombok berbeda dengan kangkung yang ada di daerah lain. Kalau kangkung khas lombok biasanya di tambah dengan sayuran lain seperti touge dan juga kacang goreng yang berguna untuk mengurangi rasa pedas. Untuk makanan ini, hampir smua rumah yang menyediakan makanan khas lombok ini. Salah satunya yang populer adalah Plecing Kangkung.

6. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang Makanan Khas Lombok
Ayam Taliwang Makanan Khas Lombok

Jika anda berkunjung ke lombok tapi belum mencicipi makanan yang satu ini, berarti anda belum pernah ke lombok karena makanan yang satu ini adalah makanan yang paling populer di lombok. Ayam taliwang ini biasanya ddi masak dengan beberapa pilihan seperti di panggang, di goreng ataupun dengan di bakar. Biasanya membuat ayam taliwang ini menggunakan ayam kampung yang masih muda agar rasanya lebih mantap. Kelezatan dari ayam taliwang ini terletak pada bumbu khas lombok yaitu super pedas. Bagi anda yang ingin mencoba racikan ayam taliwang.

7. Satu Tanjung

Sate Tanjung Makanan Khas Lombok
Sate Tanjung Makanan Khas Lombok

Sate tanjung ini berbeda dengan sate rembiga, karena sate tanjung menggunakan bahan ikan bukan daging sapi ataupun daging kambing. Ikan yang di gunakan adalah ikan cakalang atau ikan langoan. Kenikmatan dari sate tanjung adalah pada saat di santap dalam keadaan panas dan juga di sandingkan dengan nasi ataupun lontong. Rasa yang gurih pada daging ini sangat terasa, karena campuran dari bumbu khas lombok yang enak yang berupa santan yang pedas dari berbagai macam rempah-rempah yang di campur ke dalam daging ikan. Jika anda menyantap makanan ini, badan anda akan terasa hangat, makanan ini cocok ketika anda habis berenang. Di sebut sate tanjung karena sate ini terdapat di pasar tanjung.

8. Sate Bulayak

Sate Bulayak Makanan Khas Lombok
Sate Bulayak Makanan Khas Lombok

Jika anda belum tau tentang sate bulayak, anda bisa langsung mengunjungi lombok. Sate ini tidak hanya enak untuk di santap saja tapi juga unik. Bulayak ini merupakan jenis lontong yang di bungkis dengan daun aren dengan betuk memanjang seperti spiral. Jika membukanya harus dengan gerakan memutar. Sedangkan satenya menggunakan daging sapi yang berbeda dengan sate tanjung. Sate di lumuri dengan bumbu khas sasak, cara memakannya yaitu dengan mencocol bulayak ke bumbu sate yang telah di sediakan. Itulah keunikan dari sate bulayak.

9. Ares

Ares Makanan Khas Lombok
Ares Makanan Khas Lombok

Mungkin banyak yang belum tau tentang makanan ini. Aren ini yaitu makanan yang berbahan dasar sayuran khas lombok dan bahan utamanya yaitu pelepah pisang yang masih muda. Rasa dari hidangan ini menggunakan santan terbilang sangat unik karena rasanya manis dan juga gurih. Asalnya makanan ini berasal dari makanan suku sasak yang di sajikan untuk acara pernikahan, hingga menjadi pipuler sebagai makanan khas lombok. Bila ingin lebih nikmat, makanan ini di makan ketika masih hangat dan juga di tambah dengan nasi putih.

10. Bebalung

Bebalung Makanan Khas Lombok
Bebalung Makanan Khas Lombok

Mungkin ddi daerah lain menganggap makanan ini aneh. Andaa harus mencoba makanan yang satu ini, karena rasanya yang sangat nikmat. Bebalung ini terbuat dari tulang iga sapi yang di racik dengan berbagai macam bumbu yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabai rawit, lengkuas di tambah dengan kunyit dan juga jahe. Bebalung di hidangka dengan semangkuk yang sudah di berikan bawang merah goreng.

About nadya nurhaliza

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *