Home >> Gaya Hidup >> Kuliner >> Macam-Macam Makanan Khas Jawa Tengah yang Wajib Dicoba
tugu selamat datang jawa tengah
tugu selamat datang jawa tengah

Macam-Macam Makanan Khas Jawa Tengah yang Wajib Dicoba

Memang setiap daerah memiliki makanan yang berbeda dan mempunyai cara yang berbeda untuk membuat makanan tersebut, karena setiap masakan pasti memiliki rasa dan cara yang berbeda untuk memiliki rasa yang enak dan membuat para pecinta kuliner lebih memilih masakan yang enak, memang setiap daerah memiliki masakan yang berbeda-beda dan memiliki rasa yang berbeda pula, setiap daerah memiliki makanan khas yang berbeda. Memang makanan khas begitu menggoda saat melihatnya, memang sangat menggoda ingin memakannya, bila berkunjung kesuatu daerah, bila kita berkunjung kesuatu tempat bila tidak mencoba makanan khasnya rasanya tidak afdol, jika tidak mencobanya. Makanya jika berkunjung kesuatu daerah sempatkanlah waktu anda untuk berkunjung disuatu rumah makan yang ada makanan khasnya, pasti anda merasakan masakan khas daerahnya.

Nih, tempat yang paling banyak makanan khas yang enak, pastinya anda tidak akan bosan untuk mencoba masakan khasnya, makanan khas yang dimilikinya tidak akan pernah habis jika anda mengunjungi setiap daerahnya, makanan khas yang paling banyak dan yang paling enak yaitu jawa tengah, jawa tengah tidak hanya terkenal dengan tempat wisata yang sangat banyak, tapi jawa tengah juga banyak memiliki makanan khas yang dapat anda coba dan yang harus anda kunjungi, jawa tengah memiliki banyak daerah yang memiliki banyak makan khas yang dapat anda coba, berikut ini ada beberapa macam makanan khas dari jawa tengah dan dari setiap daerah yang dapat anda ketahui dan yang harus anda rasakan saat anda mengunjungi daerah yang ada di jawa tengah, sebagai berikut:

  1. Lumpia
lumpia semarang
lumpia semarang

Pasti semua sudah mengetahui makanan khas jawa tengah yang satu ini, makanan khas yang satu ini adalah makanan khas dari daerah semarang, pasti semua sudah mengetahui makanan khas yang sangat ini, pasti anda saat berkunjung ke kota semarang pasti anda mencari makanan yang satu ini, makanan khas dari semarang ini sangat enak dimakan pas lagi panas, karena jika tidak panas pasti rasanya sangat berbeda, biasanya para pengunjung lebih menyukai lumpia ini saat masih panas, dan akan lebih enak lagi bila makan lumpia ini ditambah dengan cabe rawit atau saus, pastinya rasa yang dimiliki lumpia akan lebih enak. Biasanya lumpia diisi dengan berbagai macam rasa, ada yang pakai ayam, rebung, telur, sayuran dan juga udang, tapi biasanya lebih banyak yang membuat makanan khas ini diisi dengan sayuran, tapi malah sering yang dicari itu yang isinya sayuran. jika anda berkunjung ke kota semarang jangan lupa mencoba makanan khas yang satu ini yaitu lumpia.

2. Tahu Petis

Tahu Petis Semarang
Tahu Petis Semarang

Masih dari kota semarang, semarang tidak hanya memiliki lumpia sebagai makanan khasnya, tapi juga memiliki makanan khas ya lainnya seperti tahu petis ini, semarang tidak hanya memiliki makanan khas lumpia saja tapi juga tahu petis yang satu ini, olahan tahu petis ini sangat enak, makanan kha dari semarang yang enak itu tidak hanya lumpianya saja tapi juga olahan tahu yang satu ini, biasanya tahu petis ini hanya bisa dijadikan sebagai camilan saja, tapi tahu petis ini juga bisa juga dimakan dengan nasi.

Membuat tahu petis memang sangatlah mudah, hanya menggunakan bahan tahu, yang digoreng, tapi tahu petis ini mempunyai saus yang berbeda dengan tahu yang biasanya anda jumpai, tahu petis ini mempunyai saus hitam yang namanya petis. Petis ini dibuat dari rebusan ikan atau udang yang dimasak hingga mengental, makanya dinamakan petis.

3. Telur asin

telur asin brebes
telur asin brebes

Telur asin, memang mempunyai rasa yang asin saat dimakann, namanya aja telur asin, pasti rasanya juga asin, telur asin ini berasal dari daerah brebes yang memiliki makanan khas telur asin yang paling enak dan yang paling banyak orang yang mencari telur asin ini, karena memiliki rasa yang berbeda dengan telur asin yang biasanya yang sering kita jumpai di berbagai daerah, tapi telur asin khas daerah brebes ini memang rasa yang dimiliki telur asin ini, memang sangat khas, tidak salahnya jika anda berkunjung ke brebes mampir untuk mencoba dan menjadikan telur asin sebagai oleh-oleh, biasanya telur asin dimakan menggunakan nasi akan menjadi enak, tapi akan lebih enaknya lagi makan telur asin tidak menggunakan nasi.

4. Tempe Mendoan

 tempe mendoan purwokerto
tempe mendoan purwokerto

Jika makanan khas yang satu ini sangat terkenal dari daerah banyumas dan purwokerto, tempe mendoan ini memang sama dengan tempe goreng biasa yang sering kita masak dirumah untuk dijadikan sebagai lauk tambahan cara memasaknya tempe diselimuti dengan tepung, yang membedakan hanya namanya saja yaitu tempe mendoan, mendoan memiliki arti yaitu cara menggoreng tempe menggunakan minyak yang panas yang banyak sehingga tidak terlalu matang.

Tapi sekarang tempe mendoan tidak hanya ada di banyumas dan purwokerto saja, tapi tempe mendoan juga ada di berbagai daerah apalagi di daerah yang ada di jawa tengah, biasanya setiap daerah menjual tempe mendoan ini di sebuah anggkringan yang pasti menjual tempe mendoan, tapi sekarang tempe yang di goreng garing juga dinamakan tempe mendoan. Jika anda ingin mencoba tempe mendoan tidak usah susah datang jauh-jauh ke banyumas atau purwokerto anda cukup datang ke jawa tengah pastinya anda akan menjumapi penjual tempe mendoan.

5. Nasi Gandul

nasi gandul pati
nasi gandul pati

Nasi gandul ini makanan khas dari pati, jika anda berkunjung ke daerah pati jangan sampai lupa mencoba makanan khas dari pati yang sangat enak ini, jangan sampai lupa untuk mencoba nasi gandul ini, nasi gandul ini memang sangat berbeda dengan yang lainnya, nasi gandul ini adalah nasi uduk hal yang membedakan cara penyajiannya menggunakan daun pisang, tapi tidak hanya itu hal yang membedakan nasi gandul ini, rasa nasinya lebih gurih daripada nasi biasanya, bahkan saat memasak nasi gandul ini ditambahkan daun pandan saat memasak nasi gandul ini agar wangi yang dimiliki nasinya semakin sedap dan juga dapat menggungah selera makan anda.

Nasi gandul ini akan lebih enak jika dimakan langsung di daerah pati, apalagi ditambah dengan kuah yang segar dengan ditambah lauk berupa daging sapi yang sudah diolah, pasti akan lebih menambah selera makan anda. Jika anda berkunjung ke daerah pati jangan sampai lupa untuk mencoba nasi gandul.

Masih banyak lagi makanan khas dari jawa tengah yang dapat anda coba jika anda berkunjung ke jawa tengah, tapi jawa tengah mempunyai banyak daerah yang memiliki makanan khas yang dapat anda kunjungi dan yang dapat anda coba masakannya, setiap daerah memiliki makanan khas yang enak-enak yang harus anda coba, jika anda berkunjung ke daerah yang ada di jawa tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *