Home >> Wisata >> Kuliner >> Macam-macam Kuliner Khas Sumbawa Nusa Tenggara Barat
Singang khas sumbawa
Singang khas sumbawa

Macam-macam Kuliner Khas Sumbawa Nusa Tenggara Barat

Inilah makanan khas sumbawa yang sangat enak dan juga nikmat yang perlu anda coba.

Singang

Singang khas sumbawa
Singang khas sumbawa

Inilah makanan khas sumbawa yang berbahan dasar ikan yang segar. Ikannya boleh yang berbeda sesuai dengan kesukaan anda. Tapi yang di sarankan adalah ikan bandeng dan juga ikan kakap. Mungkin ika tersebut lebih gurih. Kuahnya yang kekuningan yang di padukan dengan merahnya cabai. Dan juga hijau segarnya daun kemangi. Pasti sangat pedas, segar dan juga wangi. Apalagi jika di makan panas-panas di warung yang banyak sekali di sumbawa.

Sepat

Sepat khas sumbawa
Sepat khas sumbawa

Ini juga merupakan makanan ikan berkuah di sumbawa. Jadi ikannya ddi bakar lalu di makan bersama dengan nasi putih panas, sambal tomat dan juga irisan mentimun, biasanya ikan yang di gunakan adalah ikan kakap ataupun ikan baronang yang berukuran sedang. Kuah sepatnya yang nanti di celupkan ikan bakar adalah terong, mangga muda, daun aru, belimbing wuluh, tomat, kemiri, dan juga asam sumbawa.

Gecok

Gecok
Gecok

Kalau tadi adalah makanan yang berbahan dasar ikan, tapi kalau ini berbahan dasar daging dan juga jeroan sapi. Daging, hati, dan juga jeroan di goreng lalu di masukkan ke dalam tumisan bumbu yang khas yang memakai belimbing wuluh. Ini meupakan gorengan pakai serundeng, yang di bumbui tumisan segar asam. Pastinya sangat enak dan juga lezat.

Bubur Palopo

Bubur Palopo
Bubur Palopo

Di dalam bahasa sumbawa, bubur palopo ini artinya bubur kerbau. Bubur ini menggunakan susu yang segar dari kerbau sebagai pengganti santan. Tambahan yang lainnya adalah gula merah dan juga air rebusan terong kuning, jadi tidak pakai daging kerbau sama sekali. Jadi jangan khawatir bagi kalian yang tidak suka daging kerbau. Bubur ini sangat enak, gurih dan juga manis.

Manjareal

Manjareal
Manjareal

Ini adalah jajanan asli dari sumbawa yang berbahan dasar kacang tanah yang di beri bumbu, dan juga di bungkus dengan daun lontar. Aromanya yang harum dan juga unik. Sangat enak jika di nikmati sambil minum teh ataupun kopi yang panas.

Palumara

Palumara
Palumara

Makanan ini mirip dengan masakan khas bugis yang berbahan dasar ikan, hidangan dari sumbawa ini menggunakan ikan tongkol, ikan cakalang, atau ikan kakap dan juga yang berkuah santan. Yang paling populer adalah palumara dari kepala ikan yang berukuran besar. Mungkin karena lemak dan juga tulang muda di bagian kepala ikan. Ini membuat kuahnya yang encer menjadi berlemak ataupun lengket. Rasanya yang asam segar karena ada tomat merah dan juga belimbing wuluh.

Uta Londe Puru

Uta Londe Puru
Uta Londe Puru

Ikan bandeng bakar yang berukuran besar yang di biarkan saja isinya, hanya di buang jerianya saja, lalu i bakar setelah di bumbui garam. Rasanya yang gurih dan juga manis, terutama jika ikannya segar dan juga baru di tangkap. Di hidangka bersama dengan sambl kecap dan juga potongan jeruk lemon.

Uta Janga Puru

Uta Janga Puru
Uta Janga Puru

Makanan ini mirip dengan ayam taliwang, ayam yang besarnya sedang, tidak di potong tapi di buat bekakak. Setelah di bumbui, kemudian ayam di bakar, lalu di makan panas-panas dengan sambal bawang, dan juga jika suka rasa yang manis, bisa meminta pakai madu sebelum di panggang.

Uta Maju Puru

Uta Maju Puru
Uta Maju Puru

Inilah salah satu kuliner sumbawa yang bahan dasarnya daging rusa. Hanya dengan di bumbui garam, kemudian daging rusa di panggang di atas bara api setelah melewati proses pengeringan. Rasanya sangat gurih dan juga manis.

About nadya nurhaliza

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *