Home >> My Journey >> Lupa Dengan Kata Sandi HP? Ini Nih 7 Tips Membuka Kata Sandi Tanpa Harus Menggunakan Factory Reset
Membuka Kata Sandi Factory Reset
Membuka Kata Sandi Factory Reset

Lupa Dengan Kata Sandi HP? Ini Nih 7 Tips Membuka Kata Sandi Tanpa Harus Menggunakan Factory Reset

Mungkin bagi kalian yang suka menyimpan rahasia dalam HP, mengunci smartphone dengan kata sandi merupakan pilihan yang tepat. Tapi apa dayanya jika ternyata kalian lupa membuka kata sandi tersebut sehingga kalian tidak bisa membukanya. Dan akhirnya perangkat android yang biasa dapat diakses pun menjadi tidak bisa diakses. Nah untuk menangani hal tersebut, saya akan membagikan beberapa tips untuk  membuka smartphone yang lupa kata sandi dengan tanpa menggunakan Factory Reset.

Lupa Kata Sandi Smartphone mu?
Lupa Kata Sandi Smartphone mu?
  • Gunakan Android Device Manager

Nah, cara pertama untuk membuka HP dengan kata sandi yang kelupaan adalah dengan Android Device Manager. Kalian dapat memakai browse di smartphone Android yang lain atau kalian dapat menggunakan komputer guna dapat mengakses layanan. Tapi ingatlah, untuk terhubung dengan internet, pastikan kalian memakai akun google yang sama dengan smartphone mu. Lalu klik  link Android Device Manager yang disitu terdapat tiga pilihan yaitu Kunci, deringan, dan hapus. Pilihlah kunci dan pasti kalian akan diminta memasukkan kata sandi baru untuk menggantikan pola, password, atau PIN yang sudah kalian lupakan. Klik passworrd kalian yang baru dua kali agar pilhan kalian terkonfirmasi,dan setelah itu klik tombol Kunci dan tunggu sekitar 5 menit. Dan seharusnya saat ini kalian bisa membuka HP yang terkunci menggunakan password baru.

Gunakan Android Device Manager
Gunakan Android Device Manager
  • Menggunakan Samsung Find My Mobile

Jika kalian sudah mencoba cara diatas namun masih belum berhasil, maka cobalah menggunakan cara ini. Dan jika kebetulan kalian menggunakan samsung, kalian bisa menggunakan cara ini. Buka link Find My Mobile dari browse, lalu login menuju akun samsung. Tapi ingatlah jika sebelumnya akun kalian belum pernah diatur maka percuma saja metode ini tidak dapat bekerja. Dan setelah login menuju akun Samsung dan klik lock my screen dibagian panel kiri. Dari situ masukkan PIN baru lalu klik tombol lock dan seharusnya dlaam waktu satu sampai dua menit sandi sudah tergantikan dengan sandi yang baru.

Gunakan Samsung Find My Mobile
Gunakan Samsung Find My Mobile
  • Menggunakan Forgot Pattern

Apakah perangkat kalian  masih menjalankan versi android 4.4 KitKat atau bahkan lebih rendah, kalian dapat menggunakan Forgot pattern. Lakukan 5 kali usaha, supaya tampil pesan yang mengatakan “ coba lagi dalam waktu 30 detik” dan pilihlah forgot pattern yang terletak disisi bawah layar. Dan ada dua metode yang bisa kalian gunakan, yaitu menjawab pertanyaan keamanan atau cara kedua dengan masuk dengan menggunakan akun google. Dan pihak google akan mengirim pola pembuka kunci dan kalau kalian menghendaki, kalian bisa merubahnya saat itu juga.

Gunakan Fitur Forgot pattern
Gunakan Fitur Forgot pattern
  • Gunakanlah ADB agar password bisa terhapus

Cara ini hanya bisa dilakukan jika sebelumnya kalian sudah mengaktifkan USB Debugging dan kalian memiliki komputer yang sudah pernah terhubung dengan smartphone melalu ADB. Untuk memulainya hubungkan smartphone mu ke komputer menggunakan kabel data, lalu buka jendela command prompt yang berada diderectory instalasi ADB lalu akan muncul sebuah perintah dan tekan enter. Reboot smartphone mu dan harusnya kata sandi mu sudah tidak muncul lagi. Ingatlah hal ini hanyalah sementara, maka tetapkan sandi baru sebelum kalian menjalankan reboot berikutnya.

  • Menggunakan Safe Mode

Apakah kalian sudah mengetahui begitu banyak aplikasi keamanan di Android. Dan beberapa diantaranya bisa mengubah sandi sesuai dengan jam dan menit, hingga jumlah baterai. Tapi terkadang ada sebuah blug dan kalian sudah tidak dapat masuk ke smartphone mu. Jika itu adalah permasalahannya, maka cobalah melakukan boot menuju Safe Mode. Setelah berhasil masuk ke Boot Mode, kunci layar dari aplikasi lain yang untuk sementara waktu akan dinonaktifkan dan segeralah uninstall aplikasi tersebut dan reboot smartphone mu agar keluar dari Safe Mode.

Gunakan Safe Mode
Gunakan Safe Mode

Itu merupakan beberapa cara yang dapat kalian gunakan untuk dapat membuka smartphone yang kata kuncinya terlupakan.

Sekian artikel dari kami, semoga bermanfaat untuk anda!

About Lina Istiqomah

Mimpimu hari ini akan menjadi kenyataan di hari esok. Inilah prinsip yang saya pegang sampai sekarang dan memacu semangat saya supaya terus berkembang..Tetap semangat jadi yang terbaik diantara yang baik baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *