Home >> My Journey >> Lensa Kamera? Inilah Cara Menjaga Lensa Kamera Kamu Agar Tetap Bersih
Inilah Cara Menjaga Lensa Kamera Kamu Agar Tetap Bersih

Lensa Kamera? Inilah Cara Menjaga Lensa Kamera Kamu Agar Tetap Bersih

Kamera, apakah anda pernah mengambil foto terlihat kabur, buram dan bahkan tidak jelas? Biasanya itu disebabkan kotoran atau debu yang menempel di lensa kamera kamu. Kamera itu akan menerima gambar dari cahaya lensa kamera, maka itulah kamu harus perlu menjaga lensa kamera kamu supaya tidak blur saat hasil gambar diambil. Memang sih lensa kamera-kamera pada umumnya sangat rentan untuk di pegang jadi coba untuk enggak kasar saat memegangnya, guys. Apa lagi kalau kamu menekannya terlalu keras pada lensaenya.

Kalau kamu memiliki kamear pastinya kamu siap dong untuk memberikannya, sebab kalau kamu benar-benar menjaga kamera kamu yang berumur panjang, kan. Memang sih di kamera banayk mesin yang sangat rentan di dalamnya yang membuat kamu memperhatikan lebih untuk bagian itu. Dan bahkannya lagi kalau kamera kamu DSLR itu enggak baik untuk diletakkan di sembarangan  sebab ia sangatlah sensitif oleh kotoran, guys. Akan tetapi kamera handphone tidaklah masalah sebab lensa kameranya tak rentan dengan kotoran-kotoran. Berikut cara menjaga lensa kamera agar tetap bersih.

  • Pakailah Pembers
  • ih Khusus Untuk Lensa Kamera Kamu.
Lensa Kamera
Pembersih Khusus Untuk Lensa Kamera Kamu

Jangan coba-coba untuk membersihkan lensa kamera kamu dengan sembarangan ya, Sebab itu akan merusak lensa kameranya. Kamu sangat perlu untuk memakai pembersih yang khusus untuk membersihakan kamera kamu. Kamu perlu memberisihkan debu yang ada di lensa kamera dan pakaikan tissu lensa untuk membersihkan minyak-minyak yang ada di atas lensa sebab terkenanya tangan, usapkan dengan memutar mulai dari tengah sampai keujung kamera, usahakan kamu melakukannya dengan berhati-hati, ya.

  • Pakailah Filter Pada Lensa Kamera Kamu.
Lensa Kamera
Filter Pada Lensa Kamera Kamu

Sangatlah banyak manfaatnya filter lensa kamera ini. Filter ini sangatlah berfungsi sebagai pelindung lensa kamera supaya tak terkena debu yang sering menempel, itu juga berfungsi untuk melindungi lensa kamera dari benturan-benturan dan juga berfungsi dalam pemotretan denagn berbagai jenis flter yang digunakan untuk mengganti efek  mulai dari warna, cahaya, ketajaman waktu memotret dan mengubah posisi gambar menjadi lengkung, landscap dan juga miring.

  • Pakaikan Penutup Kamera, ya.
Lensa Kamera
Pakaikan Penutup Kamera

Kebanyakan atau kebiasaan orang tidak mementingkan untuk memakaikan penutup lensa kameranya, sebab di anggap merepotkan untuk melepas dan menutupnya kembali, bukan? Pada hal penutup lensa kamera itu sangatlah banyak kegunaannya, seperti melindungi lensa kamera dari perciikan air, debu yang berterbangan, bahkan jari-jari kita agar tidak meninggalkan jejak di sananya dan tentunya benturan atau goresan yang tidak diinginkan. Ketahuilah lensa kamera itu sangatlah mahal harganya, maka dari itu kita seharusnya menjaganya.

  • Letakkan Kamera Kamu di Tempat Yang Aman.
Lensa Kamera
Dry Box
Lensa Kamera
Dry Cabinet Box

Kotak, kotak ini bernama Dry Box ini sangatlah aman untuk meletakkan kamera kamu di dalamnya. Termasuk juga lensa-lensa kamera supaya tak ada yang retak-retak di ujung lensanya  disebabkan di tas khusus kamera, akan tetapi kalau kamu untuk waktu yang lama sangatlah bagus di letakkan di Dry Box sebab kamera itu memiliki mesin yang sangat rentan terhadap pergantian suhu yang berbeda-beda, ingat ya guys.

  • Perhatikan Kebersihan Lensa Kamera Kamu.
Lensa Kamera
Perhatikan Kebersihan Lensa Kamera

Sering-seringlah kamu melihat pada lensa kamera kamu, kalau lensa kamera kamu terkena debu atau minyak dan kotoran yang menempel maka segeralah kamu untuk membersihkan lensa kamera kamu. Terkadang dengan tanpa sadar lensa kamu terkena debu yang berterbangan, itu memang kamu harus sangat memperhatikan lingkungan saat kamu mengambil foto. Apa lagi kalau saat hujan sangatlah perlu penutup khusus supaya lensa kamera kamu tidak terkena air hujan, guys.

Nah, inilah cara menjaga lensa kamera kamu agar tetap bersih dan menghasilkan gambar atau foto yang bagus tentunya keren.

About Indah Kurnia

Tetapkan tujuan kita pada satu titik, dan konsisten lah pada tujuan jangan sampai tidak konsisten. Jika tujuan telah tercapai buat tujuan lainnya. Konsisten lah pada pekerjaan kita. ingin lebih mengenal saya, ajak ngobrol atau temui saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *