Home >> Teknologi >> Komputer >> Laptop Rusak? Mungkin Kamu Sering Menyepelekan Kebiasaan Ini
Laptop Rusak?

Laptop Rusak? Mungkin Kamu Sering Menyepelekan Kebiasaan Ini

Bukankah kita ingin laptop kita tahan lama dan memiliki usia yang panjang? Namun terkadang kita melakukan hal-hal sesuatu yang dianggap sepele dan padahal kebiasaan tersebut bisa merusak laptop kita, lho.

Meskipun Teknologi smartphone dan juga teknologi lainnya yang telah berkembang sangatlah pesat. Namun, fungsi laptop masih belum bisa digantikan dengan perangkat-perangkat lainnya misalnya smartphone dan juga perangkat mobile lainnya. Bahkannya lagi, sebagai orang, laptop merupakan kebutuhan utama yang harus dimiliki, bukan?

Contohnya untuk seorang pelajar yang digunakan untuk mengerjakan tugas sekolahnya ataupun para blogger yang menggunakannya untuk ngeblog. Saat kamu membeli laptop pastinya kamu berharap laptop kamu itu akan bertahan lama, bukan. Minimal bisa bertahan 5 tahun lah. Supaya usia laptop kamu bisa bertahan lama, maka kita harus merawat laptop dengan benar, bukan? Jangan asal memakai laptop tersebut. Kamu beberapa kebiasaan buruk yang kamu anggap sepele padahal sebenarnya itu bisa merusak laptop, apa saja?

  • Kamu Menutup Laptop Dalam Keadaan Menyala.
Kerusakan Laptop
Kamu Mentup Laptop Dengan Keadaan Hidup atau Nyala

Pastikan kamu sering sekali melakukan hal ini. Saat setelah kamu memakai laptop untuk mengerjakan tugas atau menonton film. Kamu tidak mematikan laptop kamu akan tetapi langsung menutupnya yang tanpa harus di shut down. Kebiasaan buruk tersebut sangat dianggap sepele, jika hanya dilakukan hanya sekali dua kali mungkin itu tidak berdampak buruk. Namun, jika telah dilakukan berkali-kali atau sering maka sangatlah berbahaya untuk kesehatan atau kondisi laptop kamu. Sebaiknya jangan pernah menutup laptop kamu dalam keadaan menyala atau hidup.

  • Jangan Lakukan Charge Laptop Walaupun Baterainya Masih Banyak.
Merusak Laptop
Charge Laptop Walaupun Baterainya Masih Banyak

Hal ini sering sekali dianggap sepele dan bukan menjadi masalah untuk sebagian orang. Banyak orang yang terlalu rajin untuk melakukan charing laptop walaupun baterai laptopnya masih banyak. Tujuannya yaitu supaya jika sewaktu-waktu di bawah keluar, baterai laptop itu masih penuh dan tidak harus repot cari colokan. Sebaiknya kamu charge lapotop saat baterai masih 10% supaya usia baterai laptop kamu tahan lama. Kalau kamu men-charge laptop saat baterai laptop kamu masih banyak, maka itu dapat membuat baterai laptop tersebut menjadi bocor atau rusak.

  • Pasangkan Dulu Charge Ke Laptop Baru Ke Listrik.
Merusak Laptop
Pasangkan Dulu Charge Ke Laptop Baru Ke Listrik.

Hal ini memanglah hal yang sepele sekali, namun dampak yang ditimbulkan sangatlah luar biasa. Kalau kamu menyambungkan charge dulu ke laptop baru ke listrik, hal ini  akan mengakibatkan lonjakan arus listrik yang enggak stabil dan malah berakibat fatal pada motherboard laptop kamu. Jika kamu sering melakukan hal seperti ini maka bisa mempercepat kerusakan pada laptop kamu, lho. Sepele banget kan?

  • Kamu Letakkan Laptop Di Kasur.
Merusak Laptop
Letakkan Laptop Di Kasur.

Pastinya kamu pernah melakukan hal seperti ini. Memanglah enak jika bermain laptop sambil tiduran di atas kasur, bukan? Namun jika kamu terlalu sering bermain laptop di atas kasur hal seperti inilah yang bisa memperpendek usia laptop kamu. Sebab aliran udara dari laptop akan tersumbat dan panas yang ditimbulkan itu malah akan mengendap. Lebih baiknya kamu bermain laptop dia atas meja saja, ya.

  • Saat Mengangkat Laptop Dengan Memegang Monitornya.
Merusak Laptop
Saat Mengangkat Mengangkat Laptop Dengan Menggunakan Monitornya

Kalau kamu terburu-buru pastinya kamu tidak jarang maksudnya sering mengangkat laptop kamu dengan memegang layar monitornya. Sebaiknya kamu jangan pernah melakukan hal tersebut, karena meskipun laptop kamu itu ringan jika kamu melakukan ini, kemungkinan besar bisa menimbulkan kerusakan di LCD laptop kamu dan juga engsel monitornya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *