Home >> My Life >> My Experience >> Kuliah Tamu UPN Surabaya : Inovasi Pengembangan Startup dalam Menghadapi MEA
Kuliah Tamu Kampus UPN Surabaya Jurusan Teknik Informatika

Kuliah Tamu UPN Surabaya : Inovasi Pengembangan Startup dalam Menghadapi MEA

Suatu kehormatan dan pengalaman pertama yang tidak terlupakan menjadi dosen tamu di Universitas Negeri UPN Surabaya. Saat mendapat undangan mengisi kuliah tamu, saya tersenyum dan malu terhadap diri sendiri. Karena saat menjadi mahasiswa belum bisa menjadi mahasiswa yang berprestasi. Bingung nanti memaparkan materi karena masa kuliah kurang begitu paham dengan teori. Grogi hal yang biasa karena masih awal. Namun, dari pihak UPN memberikan motivasi bahwa mahasiswa butuh motivasi dalam dunia usaha dan ketatnya persaingan bisnis sekarang ini. Hal inilah yang masih belum bisa dijalankan oleh mahasiswa yang hanya berkutat di teori dan teori.

Kuliah Tamu Kampus UPN Surabaya Jurusan Teknik Informatika
Kuliah Tamu Kampus UPN Surabaya Jurusan Teknik Informatika

Saya dipandang sudah terjun langsung dalam bisnis teknologi informasi sehingga harapannya bisa berbagi informasi dan pengalaman dalam mengelola bisnis IT dan startup kepada mahasiswa teknik informatika. Masyarakat Ekonomi Asean sudah diketok palu dan sudah harus kita hadapi untuk semua lapisan masyarakat Indonesia. Pesaing kita tidak hanya satu kelas teknik informatika, satu universitas atau bahkan hanya se Indonesia. Namun, pesaing muncul dari belahan negara se Asia Tenggara. Kalau tidak dipersiapkan sejak sekarang terus mulai kapan? Kalau tergerus dengan negara tetangga, jangan sampai menyalahkan Pemerintah.

Startup Digital sudah mulai dilirik dari berbagai negara di Asia Tenggara. Terutama negara Singapore dan Malaysia sudah siap dengan dana serta sumber daya manusia juga. Kalau kita hanya menunggu dan tidak mau memulai sejak dari sekarang pasti akan sulit mengejarnya. Apalagi belum ada ide sama sekali nanti mau buat start up apa?

Semoga berbagi pengalaman di Kampus UPN Surabaya tentang Inovasi Startup digital bisa memicu semangat mahasiswa serta menumbuhkan ide ide yang luar biasa muncul dari Mahasiswa UPN khususnya teknik informatika. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *