Home >> Info >> Khasiat dan Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Kopi Untuk Kesehatan
Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh

Tidak banyak yang menyadari bahwa sebenarnya mengkonsumsi kopi dalam takaran yang pas dapat memberikan banyak sekali manfaat kesehatan bagi  tubuh kita. Di indonesia sendiri kopi merupakan salah satu minuman yang konon dapat mengurangi rasa ngantuk dan menjadi teman kita ketika sedang menghadapi tugas hingga larut malam atau biasa menjadi minuman bagi warga yang berada di pos ronda. Kopi merupakan minuman bagi semua kalangan tanpa terkecuali, mulai dari pria, wanita, atau bahkan anak-anak. Dan bahkan, sekarang banyak sekali gerai-gerai kopi yang sudah berada di berbagai sudut kota.

Dan sebenarnya mengkonsumsi kopi dalam takaran yang pas atau tidak lebih dari tiga sampai empat cangkir per hari, justru akan memberikan dampak yang baik dan bahkan dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit. manfaat kopi bagi tubuh sebenarnya sangat banyak sekali.

Kandungan Kopi

Di dalam kopi terkandung sekitar 1-1,5% kafein. Kafein adalah senyawa kimia alkaloid yang dikenal dengan rumus molekul C8H10N4O2. Selain kafein, di dalam kopi juga terkandung antioksidan yang sangat kuat. Pendapat tersebut dikuatkan dengan adanya studi yang menunjukan bahwa kandungan antioksidan pada kopi merupakan yang tertinggi diantara semua jenis buah dan sayuran. Dengan adanya kandungan antioksidan yang sangat kuat itu membuat kopi sangat berkhasiat serta bermanfaat besar bagi tubuh manusia. Meski begitu belum banyak orang yang mengerahuinya karena kebanyakan oran hanya menilai kopi dari sisi negatifnya saja.

Manfaat Kopi

Dari berbagai hasil penelitian telah membuktiakan bahwa sebenarnya kopi memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Dan berikut merupakan manfaat yang dapat kita dapat setelah mengkonsumsi kopi bagi kesehatan tubuh kita :

Khasiat dan Manfaat Kopi Untuk Tubuh
Khasiat dan Manfaat Kopi Untuk Tubuh

Memacu Otak Berpikir Positif

Manfaat minum kopi dalam memacu otak agar berpikir positif. Itu adalah hasil dari sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa kandungan kafein dalam kopi dapat membantu orang yang mengkonsumsinya mengenali kata-kata atau kalimat positif. Dan dalam sebuah penelitian dari Jerman, bahwa seseorang yang mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang sepadan dengan mengkonsumsi kopi yaitu sekitar dua hingga tiga cangkir, menunjukan bahwa orang tersebut dapat merespon kata-kata positif lebih cepat. Hasil ini juga diperkuat dengan adanya penelitian oleh para psikolog, yang mengungkapakan bahwa orang yang mengkonsumsi kopi sebanyak dua hingga tiga cangkir dalam sehari memiliki reaksi lebih lambat ketika disodori kata-kata negatif.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh seorang psikolog mendapati bahwa sebanyak 33 orang yang diberi tablet dengan kandungan 200 mg kafein atau juga setara dengan du hingga tiga cangkir kopi. Dan hasilnya 30 menit setelah mengkonsumsi kopi, mereka dapat mengambil keputusan dengan cepat ketika disodori dengan beberapa pertanyaan dibandingkan sesaat sebelum mengkonsumsi pil tersebut.

Mencegah Timbulnya Penyakit Jantung atau Stroke

Manfaat lain dari minum kopi adalah untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit jantung atau stroke. Dan penyakit stroke dapat dihindari dengan meminum kopi secara rutin sebanyak tiga hingga empat cangkir perhari. Hasil studi menunjukan bahwa 83.000 wanita berusia 24 tahun lebih yang minum dua hingga tiga cangkir kopi perhari 19% lebih rendah berisiko terkena penyakit jantung atau stroke. Hasil serupa juga didapati pada sejumlah pria di Finlandia.

Menghambat Penurunan Fungsi Kognitif

Apabila anda ingin awet muda mungkin mengkonsumsi kopi sebanyak tiga hingga empat cangkir perhari dapat menjadi solusinya. Karena salah satu kandungan dalam kopi yaitu kafein yang bermanfaat dalam menghambat penurunan fungsikognitif akibat terjadi penuaan. Hasil sebuah studi dari Prancis menunjukan bahwa wanita yang secara rutin mengkonsumsi kopi tiga hingga empat cangkir perhari dapat menhambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga mencapai 33%.

Meningkatkan Kualitas Sperma

Dan bagi para pria mengkonsumsi kopi dalam takaran yang sesuai juga menuai berbagai  manfaat salah satunya adalah meningkatkan kualitas sperma. Sebuah penelitian dari Brazil menunjukan bahwa sperma para pria yang mengkonsumsi kopi setiap pagi secara rutin lebih lincah dalam berenang daripada pria yang tidak pernah mengkonsumsi kopi setiap paginya.

Mencegah Batu Ginjal

Dalam perkembangan teknologi ini juga diketahui bahwa mengkonsumsi kopi dapat mebantu dalam mencegah terkena penyakit batu ginjal. Dengan mengkonsumsi kopi secara rutin sekitar tiga hingga empat cangkir setiap harinya.

Mengobati Diabetes dan Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit diabetes dan juga kanker merupakan dua penyakit yang banyak ditakuti karena dapat mempercepat kematian seseorang. Dan uniknya mengkonsumsi kopi setiap hari dengan takaran yang pas dapat membantu mengobati penyakit diabetes. Itu karena kandungan positif dalam kopi dapat meningkatkan laju metabolisme yang ada dalam tubuh. Dan juga kandungan antioksidan dalam kopi dapat mencegah berbagai jenis penyakit kanker, seperti penyakit kanker hati, kanker usus besar, dan lain sebagainya. Dan mengkonsumsi kopi dalam takaran yang sesuai dapat membantu anda terhindar dari berbagai penyakit berat lainnya seperti sirosis hati, penyakit jantung,  gagal hati dll.

Menurunkan Resiko Terkena Alzheimer dan Parkinson

Dengan minum kopi secara rutin dapat membuat kita terhindar dari penyakit seperti neurodegenerative. Dan hasil dari studi yang dilakukan pada wanita yang rutin meminum kopi setiap harinya memiliki resiko hingga 60% lebih rendah terkena Alzheimer dan juga Demensia. Dan hasil penelitian lainnya juga menunjukan bahwa konsumsi kafein mampu menurunkan resiko terkena penyakit parkinson.

Mencegah Batu Empedu

Para ilmuan di daerah Harvard, mereka menemukan bahwa mengkonsumsi kopi secara rutin dapat menurunkan resiko terkena penyakit batu empedu hingga 25%.

Mencegah Resiko Terserang Penyakit Asam Urat dan Rematik

Manfaat yang lain dari minum kopi yang cukup penting bagi kesehatan adalah mencegah dari penyakit asam urat. Bengkak pada persendian yang ditimbulakan akibat asam urat yang mengkristal dapat kita cegah dengan mengkonsumsi kopi secara rutin setiap harinya. Hal ini pernah diujikan pada seorang pria yang berusia 40 tahun yang terhindar dari penyakit asam urat karena rutin mengkonsumsi kopi tiga hingga empat cangkir perhari. Dan hasil penelitian lain menunjukan bahwa orang yang mengkonsumsi kopi enam gelas perhari memiliki resiko 60% lebih rendah terserang encok.

Pembangkit Stamina dan Energi Ekstra

Saat kita merasa tubuh kita kehabisan tenaga, tanpa energi, kita harus memacunya untuk mengembalikan kondisi kita seperti semula. Dan hal tersebut dapat kita lakukan dengan meminum kopi secara rutin dan terukur. Dan hal ini juga yang dapat membuat kita mampu bertahan untuk tetap terjaga hingga larut malam setelah meminum kopi. Karena zat kafein yang berfungsi dalam menghambat sel-sel tubuh sehingga dapat memberikan kesegaran, dapat memacu jantung, dan menaikan tekanan darah. Dan ini sangat cocok bagi para bekerja keras yang biasa bekerja hingga larut malam.

Mengurangi Rasa Sakit di Kepala

Apabila anda merasakan sakit pada bagian kepala anda seperti halnya migran, alangkah baiknya apabila anda mencoba hasil dari sebuah penelitian dari Chicago’s Diamond Hadche Clinic dengan cara meminum kopi pekat. Menurut penelitian tersebut kandungan kafein dalam kopi dapat membantu mengurangi rasa sakit pada kepala. Caranya dengan meminum secangkir kopi kental saat kita merasakan pusing pada kepala kita. Hal ini sebenarnya sudah diketahui oeleh banyak orang, namun mereka tidak menyadarinya jika itu disebabkan oleh kandungan kafein pada kopi.

Menurunkan Berat Badan

Dengan meminum kopi secara rutin dapat membuat badan kita menjadi lebih langsing. Karena dengan meminum kopi dapat membantu menurunkan berat badan kita tanpa harus bersusah payah. Karena kandungan kafein dalam kopi dapat mengurangi nafsu makan kita, namun di saat kita tidak nafsu makan, kita harus mengimbanginya dengan mengkonsumsi air putih agar tidak terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh.

Manfaat Kopi Untuk Kecantikan

Manfaat Kopi untuk Kecantikan
Manfaat Kopi untuk Kecantikan

Selain bermanfaat dalam kesehatan tubuh kita, ternyata kopi juga dapat membantu para wanita dalam menjaga kecantikan mereka. Meski itu hanya sebatas pemakaian luar saja.

Perawatan Kulit Kepala

Kopi ternyata juga bermanfaat bagi para wanita ataupun pria yang menginginkan memiliki rambut yang tebal. Karena kandungan kafein dapat merangsang pertumbuhan folikel kecil pada kulit kepala sehingga kulit kepala menjadi lebih sehat. Dan juga kandungan antioksidan dalam kopi dapat membantu mencegah rambut dan mengalami kerontokan, dan bahkan juga kebotakan.

Caranya dengan memisahkan antara air dengan ampasnya. Lalu masukan ke dalamsprayer. Dan semprotkan ke rambut hingga ke pangkalnya. Setelah itu diamkan beberapa saat dan bilas dengan air.

Pewarna Rambut

Mungkin terdengar sedikit aneh, tapi kopi memang dapat dijadikan sebagai pewarna rambut alami. Caranya dengan menyeduh kopi dengan sedikit air tidak dianjurkan kopi instan. Setelah itu buat bubuk kopi menjadi seperti pasta. Bersihkan rambut yang ingin diberi warna hitam dengan keramas terlebih dahulu. Lalu olekan pasta kopi ke bagian rambut yang hendak di beri warna dan mulailah meratakannya. Setelah merata diamkan hingga 20-30 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

Scrub

Manfaat lain dari kopi dalam dunia kecantikan adalah untuk scrub. Karena kandungan senyawa dalam kopi dapat berfungsi sebagai antipenuaan dini. Zat ini mampu mengelupaskan sel-sel kulit mati serta dapat menggantinya dengan sel kulit baru. Dan cara ini terbukti ampuh bagi anda yang memiliki kulit wajah kering. Caranya dengan menjadikan kopi sebagai pasta dan bisa juga dengan menambahkan susu namun dengan perbandingan 3:1.

Masker Wajah

Mungkin terdengar sedikit aneh, karena menggunakan ampas kopi sebagai masker wajah. Namun begitulah faktanya. Kopi yang dicampur dengan coklat, molase, serta susu bubuk, terbukti dapat mengangkat dan bahkan mengencangkan sel-sel kulit kendur. Dan juga dapat membersihkan kulit wajah agar menjadi lebih bersih dan bersinar.

Itulah sedikit mengenai khasiat dan manfaat kopi bagi tubuh yang dapat kita dapatkan dari minum kopi setiap hari. Bagi anda yang berminat untuk mencoba menerapkan hidup sehat, ini merupakan salah satu solusi yang menarik bagi anda bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *