Home >> Teknologi >> Komputer >> Keuntungan Thin Client bagi Pengguna Komputer
Thin Client 500L
Thin Client 500L

Keuntungan Thin Client bagi Pengguna Komputer

Istilah ini tampaknya cukup asing bagi Anda. Thin client merupakan suatu bentuk jaringan komputer yang terpusat. Misalnya saja bila Anda ada di sebuah ruangan yang penuh dengan komputer atau laboraturium komputer. Pada seluruh komputer di ruangan itu saling terhubung satu sama lain dengan jaringan. Sedangkan di bagian depan ruagan terdapat sebuah komputer PC yang lengkap dan komputer PC tersebut bertindak sebagai server, komputer sisanya bertindak sebagai client. Yang disebut dengan komputer clinet adalah komputer yang berupa monitor, keyboard dan mouse saja. Hard disk, RAM, dan komponen prangkat komputer lainnya berada di server. Jadi, dengan kata lain, jika Anda menggunakan software yang ada pada komputer client maka secara otomatis Anda juga sedang menggunakan software yang berada di komputer server.

Mengapa Anda perlu menggunakan thin client?

Jika Anda berada dalam satu ruangan yang penuh dengan komputer, penggunaan software ini ini sangat penting. Kuntungan yang Anda dapatkan dengan menggunakan software ini adalah Anda akan lebih mudah dan praktis ketika akan melakukan pengelolaan terhadap aplikasi yang lokasinya hanya ada di server. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sistem jaringan komputer thin client hanya ada satu komputer yang diinstall software yakni komputer server. Sedangkan komputer lainnya atau komputer client akan secara otomatis dapat menggunakan aplikasi yang telah diinstall oleh komputer server tersebut, sehingga cukup praktis dan efisien. Keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan software ini aalah misalnya saja pada tempat-tempat seperti sekolah, kantor atau perusahaan yang banyak menggunakan komputer dalam satu ruangan jika menerapkan sistem jaringan komputer software ini maka secara tidak langsng akan sangat menghemat biaya infrastruktur komputer. Jadi, sebanyak apapun komputer, hanya akan mebutuhkan monitor, mouse dan keyboard serta alat bantu untuk menghubungkannya ke server. Selain itu Anda dapat menghemat biaya untuk tidak membeli perangkat lainnya seperti CPU, RAM Hard disk dan lain sebagainya.

Meskipun begitu, software ini juga memiliki kelemahan. Penerapan software ini ini memiliki kelemahan seperti pemasangan software ini ini membutuhkan jaringan yang reliableuntuk dapat berjalan dengan baik, jika jaringannya tidak bagus maka akan berdampak pada komputer client. Selain itu, software ini ini juga membutuhkna server yang tinggi, karena akan diakses oleh banyak clinet. RAM, Hard Disk, dan komponen lainnya harus benar-benar diperhatikan, seperti kapasitasnya, kualitasnya dan lain sebagainya agar kuta untuk dijadikan sebagai server.

Penggunaan thin client ini selain praktis dan efisien juga mengehmat biaya. Hal ini karena setiap komputer client tidak membutuhkan perangkat komputer lainnya selain monitor, mouse, keyboard dan alat bantu untuk menghubungkan komputer client ke komputer server.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *