Home >> Kesehatan >> BPJS Kesehatan >> Keuntungan Bergabung dengan BPJS Kesehatan

Keuntungan Bergabung dengan BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan merupakan sebuah Badan Usaha Miliki Negara atau BUMN yang sengaja dibentuk oleh pemerintah dalam rangka menjamin kesehatan masyarakat Indonesia. Jika dulu Anda pernah mendengar Askes (Asuransi Kesehatan) untuk para Pegawai Negeri Sipil, serta Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat) untuk rakyat miskin, maka sekarang semua itu dapat Anda temukan pada BPJS ini. Yang membedakan dahulu dan sekarang adalah bahwa BPJS dibagi menjadi 2 bagian, yaitu untuk kesehatan dan juga untuk Ketenagakerjaan. Bagi Anda yang ingin memiliki asuransi kesehatan yang murah dan terjangkau, Anda bisa mendaftarkan diri Anda pada BPJS ini. Jika Anda merupakan pegawai swasta atau keluarga dari pegawai swasta tersebut, biasanya sudah akan otomatis terdaftar dari perusahaan tersebut.

Banyak yang merasa tertolong dengan adanya jaminan kesehatan dari BPJS Kesehatan ini. Mulai dari kalangan miskin hingga menengah bisa melakukan iuran sesuai dengan kemampuannya. Berikut ini adalah kelas kelas pembayaran iuran BPJS yang telah mengalami kenaikan per 1 April 2016 :

  • Iuran dengan jumlah Rp. 25.500 per orang dan per bulannya akan mendapatkan jaminan kesehatan pada perawatan kelas tiga.
  • Iuran dengan jumlah Rp. 51.000 per orang dan per bulannya akan mendapatkan jaminan kesehatan pada perawatan kelas dua.
  • Iuran dengan jumlah Rp. 80.000 per orang dan per bulannya akan mendapatkan jaminan kesehatan pada perawatan kelas satu.

Beberapa kelas diatas tentunya sudah sangat jelas bukan? BPJS Kesehatan dapat memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh anggotanya sesuai dengan kelas pembayaran. Selain ketiga kelas diatas, juga masih ada jaminan yang diberikan oleh BPJS saat ini. Jika Anda pernah mendengar bahwa bayi didalam kandungan Ibu juga bisa didaftarkan sebagai peserta jaminan kesehatan sebelum bayi tersebut lahir. Bagi Anda yang sedang mengandung atau merencanakan kehamilan, sebaiknya mulai mengikuti program ini. Ini akan sangat bermanfaat saat proses kehamilan jika nantinya bayi Anda perlu penanganan khusus seperti prematur dan membutuhkan inkubator, atau juga ibu hamil harus melakukan operasi caesar.

Keuntungan BPJS Kesehatan

Segala jaminan yang diberikan oleh BPJS ini sebaiknya Anda maksimalkan. Banyak yang merasa sangat terbantu dengan adanya BPJS ini. Beberapa penyakit kronis yang memerlukan biaya tinggi dalam penyembuhannya juga masuk kedalam tanggungan BPJS. Jadi saat Anda berobat, Anda tidak perlu memikirkan bagaimana pembayarannya karena memang oleh Rumah Sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan ini dapat memberikan pelayanan gratis atau sedikit tambahan biaya (Khusus Rumah Sakit Swasta boleh memberlakukan ini) kepada para pasiennya. Tunggu apa lagi? Segera bergabung dengan BPJS agar Anda memiliki jaminan kesehatan baik dalam jangka pendek ataupun dalam jangka waktu yang panjang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *