Home >> Binatang Peliharaan >> Ketahui! Inilah Beberapa Jenis Ikan Hias Air Tawar Terpopuler dan Terindah
Jenis Ikan Hias Air Tawar
Jenis Ikan Hias Air Tawar

Ketahui! Inilah Beberapa Jenis Ikan Hias Air Tawar Terpopuler dan Terindah

Ikan Hias Air Tawar – Karena betuknya yang kecil menjadikan ikan hias sangat mudah untuk di pelihara, di samping itu ikan hias merupakan ikan yang sangatlah indah dan mempunyai berbagai macam corak dan warna yang bagus. Di samping ikan hias adalah ikan terindah, harga jual ikan yang termahal salah satunya yaitu dari ikan hias.

Biasanya ikan hias akuarium merupakan ikan yang sangat ramah dengan lingkungan, yang hidupnya di air tawar dan dimana tujuan di dalam memelihara ikan ini ialah sebagai hiasan atau untuk memeprindah ruangan bukan untuk di konsumsi/di buat masakan. Di dalam memeliharanya, ikan hias air tawar ini biasanya di tempatkan pada akuarium bukan di kolam.

Ikan Hias Air Tawar
Ikan Hias Air Tawar

Namun bagi yang membudidayakn ikan hias untuk mendapatkan keuntungan dari hasil budidayanya, umumnya mereka menggunakan kolam untuk memelihara ikan hias. Untuk jenis ikan hias untuk di pelihara, bagi yang hanya hobi mengoleksi ikan hias maka akan memeliharanya sesuai dengan kesukaanya.

Berbeda pembahasan jika memeliharanya bertujuan untuk di perjual belikan, mereka akan membudidayakan ikah hias sesuai dengan permintaan para konsumen atau sesuai dengan permintaan pasar yaitu ikan jenis apa yang paling banyak di cari.

Selain ikan hias air tawar, ada jenis ikan hias air laut. Akan tetapi di dalam pemeliharaanya di masyarakat luas, ikan hias air tawar lebih banyak peminatanya jika di bandingkan dengan ikan hias air laut. Selain jenis dari ikan hias air tawar itu banyak, di dalam hal pakan dan hal merawatnya ikan hias air tawar lebih mudah.

Apa sajakah jenis ikan hias air tawar itu? Apakah kalian ingin mengetahui apa saja jenis ikan hias air tawar? Yuk kita langsung simak pembahasan di bawah ini :

  • Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium : Ikan Cupang

Jenis Ikan Cupang
Jenis Ikan Cupang

Kita sudah sering kali mendengar nama ikan hias yang satu ini, karena jenis ikan hias ini sangatlah populer di masyarakat Indonesia dan banyak pula peminatnya. Ikan cupang akan banyak kita jumpai di pasar tradisional.

Jika kita ingin memelihara ikan cupang ini jangan sampai kita meletakkan 2 ekor ikan atau lebih di dalam satu wadah atau botol, karena ikan cupang ini juga termasuk ikan adu. Jika kalian ingin mengetahui perbedaan antara ikan cupang jantan dan betina, kalian dapat memperhatikan bagian tubuhnya.

  • Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium : Ikan Maskoki

Jenis Ikan Maskoki
Jenis Ikan Maskoki

Ikan hias maskoki ini asalnya dari China dan di populerkan oleh masyarakat Jepang, awalnya ikan hias maskoki ini bentuknya mirip dengan ikan mas yang merupakan satu spesias dengan ikan maskoki, akan tetapi masyarakat jepang mengembangkan ikan hias mas koki sehingga sekarang ini ikan maskoki memiliki banyak variasi warna dan tampilannya lebih terlihat cantik daripada sebelumnya.

Ikan hias maskoki termasuk ikan hias yang mudah di rawat, di pelihara, dan di budidayakan di rumah. Akan tetapi ikan hias maskoki ini merupakan ikan hias yang eksklusif yaitu ikan ini tidak mau di pelihara selain dengan ikan jenis maskoki, karena ikan ini membutuhkan banyak oksigen untuk bertahan hidup.

  • Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium : Ikan Arwana

Jenis Ikan Arwana
Jenis Ikan Arwana

Jenis ikan arwana ini merupakan salah satu ikan hias yang masih populer sampai sekarang ini, bahkan ada banyak yang mengatakan kalau ikan cupang ini tidak akan menurun peminatnya. Sisiknya yang sangat unik membuat banyak orang tertarik dan membiuat banyak orang terpikat, ikan hias arwana ini mempunyai ukuran tubuh yang besar bahkan bisa mencapai ukuran 1 meter.

Ukuran dari telur ikan arwana ini hampir sama dengan telurnya ikan puyuh, sehingga ikan ini di katakan ikan purba. Ikan ini memiliki banyak sekali julukan atau sebutan lain seperti halnya arwana super red, silok, ikan payang, kalasa, siluk,naga, khayangan dan nama latin Scleropages sp.

  • Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium : Ikan Guppy

Jenis Ikan Guppy
Jenis Ikan Guppy

Ikan guppy ini termasuk jenis ikan yang paling populer di Indonesia setelahnya ikan cupang, ikan hias guppy ini mempunyai bentuk layaknya wanita memakai rok, bentuknya pun juga menarik karena panjang dari ekor sampai dengan kepalanya kurang dari 2,5 cm.

Ikan hias guppy ini memiliki sirip yang sangat indah, sirip dari ikan guppy jantan lebih terlihat cerah jika di bandingkan dengan ikan guppy betina, ikan guppy betina siripnya lebih terlihat kusam.

  • Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium : Ikan Louhan

Jenis Ikan Louhan
Jenis Ikan Louhan

Ikan louhan termasuk ikan hias air tawar hybird atau ikan hasil perkawinan silang dari jenis cichild buatan manusia, ikan louhan ini juga populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan banyak orang yang berbondong-bondong untuk memelihara ikan ini dan menjadi pecinta ikan hias.

Jenong yang terdapat di kepalanya itu menjadi daya tarik bagi orang-orang yang melihatnya, bahkan karena jenongnya itu yang membuat ikan hias louhan ini beradaa di harga tertingginya.

  • Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium : Ikan Discus

Jenis Ikan Discus
Jenis Ikan Discus

Jenis ikan hias ini mempunyai bentuk yang sangatlah unik dan menarik karena mirip dengan pipinya manusia, ikan hias ini merupakan jenis ikan hias highclass karena harganya yang mahal. Harganya yang mahal di karenakan bentuknya yang unik mirip dengan pipi manusia, selain itu warna dan bentuknya akan mempengaruhi harga dari ikan hias ini.

  • Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium : Ikan Koi

Jenis Ikan Koi
Jenis Ikan Koi

Salah satu jenis ikan yang populer dari waktu ke waktu tidak ada hentinya, ikan ini di perkenalkan pertama kali di jepang pada tahun 1920-an, ikan hias jenis koi ini merupakan hasil perkawinan silang strain ikan mas dengan warna putih dan merah.

Kemudian hasil perkawinan silang ikan tersebut di namai ikan koi, hingga saat ini perkawina silang selalu di lakukan yang akhirnya sekarang banyak sekali ikan dengan berbagai macam variasi yang unik.

Serunya kalau kita melihat ikan koi seadang kita beri makan, ikan koi akan datang berbondong-bondong untuk menyerbu makanan yang kita beri, sehingga terlihat lucu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *