Home >> Teknologi >> Kelebihan Dan Kekurangan Sistem operasi Linux

Kelebihan Dan Kekurangan Sistem operasi Linux

Linux merupakan salah satu system operasi yang popular di dunia, meskipun tidak sepopuler dengan windows dan mac os namun masih banyak pengguna linux sejati. System operasi dengan logo penguin ini bersifat open source atau bisa di sebut gratis dan bebas. Bagi anda yang senang mengotak ngatik dan memodifikasi system operasi ataupun software linux adalah pilihan yang tepat untuk anda. System operasi linux sendiri di ciptakan dan di kembangkan olex linux torvarld, karena linux sendiri bersifat open source jadi siapa saja bisa mengambangkanya. Seiring berjalanya waktu lahirnya jenis jenis linux di antaranya:

  • Linux debian
  • Linux Red Hat
  • Linux Ubuntu
  • Linux Suse
  • Linux Turbo
  • Linux STackware
  • Linux Corel
  • Linux Mandrake
  • Linux Caldera
    Penjelasan Linux

Dari sekian banyak jenis system operasi linux di atas pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.  System operasi linux ini di rasa kurang praktis di banding dengan windows jadi sampai saat ini masih kalah peminatnya di banding dengan windows. Jika anda mau mengembangkan sendiri system operasi linux anda akan memiliki kepuasan tersendiri di banding dengan windows selain itu juga banyak komunitas pendukung linux di seluruh dunia. Namun perlu anda ketahui setiap system operasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Dan berikut kelebihan dan kekurangan system operasi linux yang perlu anda ketahui agar anda lebih memahami saat mengunakanya antara laim:

 

Kelebihan system operasi linux

  • Tingkat keamanaan yang baik

Kelebihan yang di miliki oleh linux adalah keamananya, jika di banding dengan system operasi popular lainya keamanaan yan di miliki linux paling baik. Multi-user yang terpasang di linux ini mencegah virus menyebar dari satu user ke user lainya jadi tidak salah linux memiliki keamanan yang baik.

  • Lebih murah di bandingkan dengan system operasi lainya

Jika di bandingkan dengan windows linux ini lebih murah, pasalnya di windows harus mengeluarkan biaya sebesar 500 ribu untuk mendapatkan lisensi originalnya sdangkan linux anda dapat mendapatkannya secara gratis dan.

  • Memiliki kode system operasi 32 bit

Dengan kode 32 bit yang di miliki oleh linux maka akan berdapak baik bagi kinerja system operasinya, selain itu juga akan menhindari terjadinya crash aplkasi saat di gunakan. Bagi anda pengguna linux jangan kuatir jika anda menginstal aplikasi yang tidak kopentebel dengan bit, karena system operasi anda akan menjaganya agar komputer tidak hang dan baik baik saja.

  • Tampilan grafik yang baik

    Grafik Sistem Operasi Linux

Banyak yang berangapan jika system operasi open sorce maka memiliki grafik yang kurang baik. Padahal grafik yang di tampilkan linux sangat baik dan juga mendukung eye cathching. Pada distro linux grafik yang di tampilkan akan lebih baik karena menggunakan full grafis. Yang di mana layanan command dan perintahnya dengan tampilan full grafis, jadi tidak salah kalau linux memiliki tampilan yang tidak kalah dengan windows.

  • Mendukung akses sitem file yang berbeda

Tahukah anda kalau system operaasi linux mendukung format format system file dari operasi lain sebanyak 33 macam file. jad jangan kuatir terhadap kemampuan pembacaan format file linux. Format file tesebut mencakupi format sosftware software, format hardisk format file.

  • Lebih sepesifikasinya penggunaan linux

Tersepesifikasinya penggunaan linux di khususkan kepada ditro linux. Bagi pengguna linux anda dapat memilih system operasi yang sesuai dengan kebutuhan anda melalui distro linux. Contohnya bagi anda yang membutuhkan system operasi untuk server anda dapat menggunakan debian ataupun redhat. Dan begitu pula dengan yang lainya.

  • Mudah di modifikasi

Karena system opersi linux bersifat open sorce jadi bagi anda yang suka mengotak ngatik software ataupun os komputer anda dapat mencobanya ini. Dan juga anda dapat mengembangkan linux ini semaksimal mungkin. Jadi jangan kuatir dengan linux karena akan membuat anda bereksperimen.

  • Cocok di jadikan komputer server

Linux memiliki kecepatan dan kesetabilan dalam pengoprasianya, jadi tidak salah os ini sangat cocok di jadikan untuk komputer server, admin ataupun personal komputer.cara kerja server debian pun tidak berbeda dengan server windows hanya saja yang membedakan bahasa pemrograman pada system operasi dan prinsip dari jaringan komputer yang di gunakan.

  • Spesifikasi hardware yang tidak besar

Jika anda mau menginstal system operasi linux tapi ragu ragu karena spesifikasi komputer anda rendah? Jangan khawatir karena linux tidak membutuhkan spek yang tinggi, dan dapat di jalankan pada komputer yang memiliki spesifikasi yang rendah. Ayok  buruan install jangan ragu ragu.

  • Software bawaan sudah terinstal dan mudah di operasikan

Linux ini memiliki software bawaan yang secara otomatis terinstal pada saat anda menginstal system operasi linux. Contoh software yang terinstal seperti software jaringan, software utilitas dan software driver. Jadi linux ini hampir mirip dengan windows.

Nah itu tadi bebrapa kelebihan dari system opeasi linux yang tidak di miliki oleh system opeasi lain, nah di setiap system operasi pasti ada kekurangan dan kelebihan, dan di atas  sudah membahas beberapa kelebihan dari linux dan sekarang waktunya mengintip apa saja kekurangan dari linux anatar lain:

Kekurangan system operasi linux

  1. Jika terjadi masalah pada OS, sulit mengatsainya

Kurangnya teknisi yang bisa mengerti system operasi linux ini menjadi penyebab, hal ini di karenakan kurang banyaknya pengguna dari linux. Sehingga terjadi trouble shoting pada fisik lumayan sulit untuk mengatsinya dan dapat di selesaikan dari video yang dapat kita lihat dari internet.

  1. kurangnya dukungan software

tidak mendukungnya software games dan aplikasi aplikasi untuk di pasang di linux, nah hal ini lah yang menyebabkan pengguna sulit untuk meyesuaikan dengan linux. Apalagi pada software software editing video dan software gratis lainya yang tidak dapat di pasang di linux.

  1. Kalah saing dengan system operasi lainya

Pada system operasi linux sangat kalah bersaing jika di bandingkan dengan windows dan mac os. Meskipun linux bersifat gratis namun tidak banyak memikat untuk mencobanya. Karena kalah saing tersebut linux sulit untuk meroket.

Nah itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan yang di miliki oleh linux, semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *