Home >> Kesehatan >> BPJS Ketenagakerjaan >> Kartu BPJS Ketenagakerjaan Dapat dijadikan Sebagai Kredit Rumah

Kartu BPJS Ketenagakerjaan Dapat dijadikan Sebagai Kredit Rumah

Memiliki rumah sudah menjadi impian yang besar bagi setiap orang, apabila memiliki rumah sendiri Anda akan lebih nyaman dan lebih leluasa melakukan apapun dibandingkan tinggal di tempat orang lain. Terlebih lagi jika kalian sudah memiliki keluarga Anda, pasti akan terasa berat jika tinggal disana, karena harus membayar ontrakan tersebut disetiap bulannya. Namun saat ini membeli rumah sangatlah sulit karena semakin lama harga rumah selalu naik dan bisa melonjak sangat tinggi.

Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Akhirnya dengan masalah yang dimiliki oleh para masyarakat, yaitu kesulitan dalam membeli rumah akhirnya pasngan calon Gubernur dan wakil Gubernur DKI Jakarta menciptakan sebuah program unggulan yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang ingin memiliki rumah. Namun ternyata program yang telah di buat oleh Cagub dan Cawagub sudah di buat lebih dahulu oleh BPJS Ketenagakerjaan yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang ingin memiliki rumah.

Kartu BPJS Ketenagakerjaan Sebagai Kredit Rumah

Program ini diperuntukan untuk masyarakat yang sudah terdaftar menjadi pesert BPJS TK kurang lebih 1 tahun. Adapun fasilitasnya yaitu (PUMP) atau Pemberian Uang Muka Perumahan. Fasilitas yang bisa dipakai untuk membeli rumah yaitu melalui Jalur KPR.

Berikut adalah keuntungan dari Program ini:

  1. Mendapatkan Pinjaman Uang Muka

Anda akan dibantu dengan pinjaman Uang Muka bagi Anda yang belum memiliki uang muka dalam pembelian rumah secara kredit melalui program KPR. Bantuan ini berlakuk pada peserta yang berpenghasilan dibawah 4 juta atau dibawah UMP.

  1. Bisa Melakukan Kredit (untuk subsidi dan non-subsidi)

Pemerintah memiliki KPR Bersubsidi yaitu KPR dengan harga yang sesuai dengan ketentuan Pemerintah. Peserta akan mendapatkan bantuan kredit berupa pinjaman KPR sampai 99% dengan bunga yang sudah ditentukan Pemerintah.

Ika Anda ingin melalui KPR non-Subsidi maka harga rumah tidak lebih dari 500 juta. Skema maksimal pembiayaan KPR PUM sampai 90% dan suku bunga Bl rate margin bank sebesar 3%.

Jika dibandingkan dengan produk kepemilikian rumah lainnya, sudah pasti program ini sangat membantu bagi masyarakat yang ingin memiliki rumah. Itu semua bisa dilakukan jika Anda sudah menjadi peserta dari program ini, berikut adalah syarat-syarat untuk menjadi peserta atau syarat untuk mengkuti program ini:

  • Anda Harus Terdaftar Sebagai Peserta BPJS-TK

Jika Anda ingin membeli rumah dengan cara kredit Anda bisa memilih tujuan yang tepat yaitu dengan memanfaatkan program dari BPJS Ketenagakerjaan in. Adapun syaratnya Anda harus terdaftar sebagai peserta BPJS-TK minimal satu tahun.

  • Besaran Pinjaman yang Bisa diajukan

Pinjaman yang akan diberikan pada peserta disesuaikan dengan kemampuan peserta atau penghasilan peserta. Awalnya program ini ditujukan pada masyarakat yang berpenghasilan rendah, namun saat ini peserta yang berpenghasilan seberapapun boleh mengikuti program ini. Berikut adalah contoh dalam pinjaman yang diberikan oleh program ini:

Jika peserta mendapatkan gaji maksimal sebesar Rp 5 juta maka pinjaman yang diberikan adalah Rp 30 juta, dan jika gajinya Rp 5-10 juta maka pinjaman yang diberikan adalah Rp 30 juta, dan apabila gajinya diatas Rp 10 juta maka pinjaman uang muka yang diberikan adalah Rp 50 juta

  • Syarat Pengajuan Pinjaman BPJS Ketenagakerjaan

Agar bisa mendapatkan pinjaman uang muka dari BPJS Ketenagakerjaan untuk membelu Rumah KPR harus memneuhi beberapa syarat yaitu:

  • Menyiapkan Surat Pernyataan belum memiliki rumah bermaterai.
  • Surat dari perusahaan yang dijadikan sebagai penanggung jawab pengurusan PUMP, serta memberikan rekomendasi untuk Anda kepada BPJS-TK.

Pengajuan dilakukan ke bank dan bank yang akan membiayai KPR perumahan. Namun jika  tidak disetujui oleh bank maka bantuan secara otomatis akan dibatalkan. Apabila aplikasi ditolak, Anda    masih bisa mengajukan permohonan, dengan cara memenuhi persyaratan.

  • Dilarang Menjual Rumah yang Sudah dibeli Jika Masih Dalam Masa Kredit

Jika permohonan sudah disetujui, maka dilarang untuk menjual rumah saat masih dalam proses kredit pinjaman berlangsung. Semejak itulah BPJS Ketenagakerjaan membuat peraturan yaitu Holding Periodyang mengatur masa huni minimal untuk menghindari spekulan. Anda juga tidak bisa menjual rumah pada pihak ketiga. Jika ingin menjualnya Anda harus menjualnya ke BPJS Ketenagakerjaan, dan nanti akan disalurkan ke peserta yang lain.

  • Jangka Waktu Cicilan

Pengajuan pinjaman bisa dilakukan ke kantor BPJS Ketenagakerjaan dengan membawa berkas persyaratan. Jika sudah disetujui pihak BPJS-TK, maka Anda bisa mencicil dana pinjaman tersebut selama maksimal 15 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.