Home >> Advertisement >> Jual Mobil Bekas Lewat Dealer atau Perorangan, Lebih Untung Mana?
Brand New Cars For Sale in Dealer Showroom. Car Business.

Jual Mobil Bekas Lewat Dealer atau Perorangan, Lebih Untung Mana?

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam jual mobil bekas. Meski begitu, masing-masing cara tersebut tetap memiliki plus minusnya tersendiri, sehingga penting untuk memilih metode penjualan secara tepat.

Apapun cara yang kamu pilih untuk menjual mobil bekas, hal tersebut sebenarnya tergantung pada tujuan dan kebutuhanmu selanjutnya.

Misalnya, kamu ingin menjual mobil tersebut untuk mendapatkan uang tunai dalam jumlah besar, maka banyak orang merekomendasikan untuk jual mobil bekas secara perorangan.

Namun, apabila tujuanmu menjual mobil tersebut adalah untuk mendapatkan mobil baru (upgrading), maka menurut beberapa orang lebih baik menjualnya langsung ke dealer mobil bekas.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui motif dibalik penjualan mobil tersebut sebelum kamu memutuskan metode penjualan seperti apa yang terbaik untuk dilakukan.

Jika sudah mengetahui apa tujuanmu jual mobil bekas, berikut pertimbangan untung-rugi dalam menjual mobil lewat dealer atau secara perorangan yang patut kamu ketahui.

Untung-Rugi Jual Mobil Bekas ke Dealer

Keuntungan yang jelas terasa ketika jual mobil bekas langsung ke dealer adalah proses dan waktu yang dibutuhkan untuk menjual mobil tersebut akan semakin singkat dan cepat.

Sehingga, kamu enggak perlu repot-repot untuk memasarkan, mencari calon pembeli, hingga mengurus segala dokumentasi surat-menyerut mobil karena semuanya akan diurus sepenuhnya oleh pihak dealer.

Oleh sebab itu, metode penjualan langsung lewat dealer sering digunakan oleh orang-orang yang memiliki kesibukan tinggi dan tidak sempat melakukan proses jual-beli mobil yang panjang.

Selain itu, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jual mobil bekas lewat dealer dirasa lebih menguntungkan bagi orang yang menjual mobilnya karena alasan ingin mendapatkan mobil baru.

Pasalnya, dengan kamu melakukan tukar tambah di dealer mobil, pihak dealer biasanya akan memberikan harga khusus atau diskon untuk pembelian mobil baru tersebut.

Bahkan, apabila unit mobil yang diinginkan tersedia di dealer, maka kamu bisa membawa pulang langsung mobil baru tersebut tepat setelah deal dilakukan.

Kendati terdengar menguntungkan, namun cara jual mobil bekas lewat dealer memiliki kekurangannya tersendiri, contohnya seperti harga jual mobil tersebut biasanya dipatok cukup rendah.

Logikanya, dealer yang membeli mobil bekasmu nantinya akan menjual kembali mobil tersebut, bukan?

Sehingga, ia akan menekan badget pembelian serendah-rendahnya untuk mendapatkan keuntungan setinggi-tingginya. maka dari itu, banyak orang enggan menjual mobil lewat dealer karena alasan ini.

Untung-Rugi Jual Mobil Bekas secara Perorangan

Jual Mobil Bekas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu kekurangan dari cara jual mobil bekas lewat dealer adalah harga jualnya sering kali dipatok di bawah harga pasaran yang ada.

Apabila hal tersebut menjadi kendalamu dalam menjual mobil, maka kamu bisa menggunakan cara jual mobil secara perorangan atau tanpa perantara pihak ketiga.

Cara yang satu ini memang dianggap lebih menguntungkan dari segi hasil penjualan. Bagaimana tidak? Apabila kamu menjual mobil secara pribadi, maka profit penjualan sepenuhnya menjadi milikmu.

Selain itu, kamu juga bisa menentukan harga jual mobil sesuai dengan keinginanmu sendiri. Namun, tidak boleh sembarangan menentukan harga jual mobil ya, tetap harus mengikuti harga pasaran yang ada.

Itu dari segi keuntungannya, dari segi kerugiannya sendiri metode ini juga menyimpan beberapa masalah, misalnya butuh proses yang panjang dari memasarkan mobil hingga mobil akhirnya terjual.

Sehingga, untuk kamu yang membutuhkan dana besar dalam waktu cepat, jual mobil bekas secara perorangan agaknya bukan metode yang cukup tepat.

Terlebih, kamu harus melalui proses panjang berupa memasarkan mobil, mencari calon pembeli, hingga mengurus segala dokumentasi mobil tersebut secara pribadi, hal ini tentu sangat merepotkan.

Oleh sebab itu, meski keuntungan yang didapatkan lebih besar dibandingkan jual mobil langsung ke dealer, perlu kesabaran ekstra ketika kamu ingin menjual mobil secara pribadi.

Lantas, apakah tidak ada cara jual mobil bekas cepat, namun dengan keuntungan yang tinggi? Tentu saja ada. Mau tahu bagaimana caranya? Simak ulasan di bawah ini ya.

Cara Jual Mobil Bekas Cepat, Aman, dan Harga Tinggi

Siapa sih yang enggak pengin jual mobil bekas secara cepat dan mendapatkan harga yang tinggi? Semua penjual mobil tentu menginginkan hal tersebut.

Oleh sebab itu, tanpa perlu berlama-lama lagi, segera jual mobil bekas tersebut melalui situs jual beli mobil terpercaya dan No.1 di Indonesia, BeliMobilGue.co.id.

Sekilas tentang situs yang satu ini, BeliMobilGue.co.id adalah laman C2B yang memberikan pelayanan kepada masyarakat ketika ingin menjual mobil bekasnya dalam waktu hanya 1 jam saja.

Selain itu, proses jual mobil bekas lewat situs ini juga sangat mudah dan aman, sehingga kamu enggak perlu khawatir untuk menggunakan situs jual beli mobil yang satu ini.

Penasaran bagaimana tahap demi tahap jual mobil di BeliMobilGue.co.id? Berikut selengkapnya.

Tahap 1: Perkiraan Harga Mobil

Langkah awal yang harus dilakukan sebagai ketika jual mobil bekas di BeliMobilGue.co.id adalah masuk ke situs tersebut dan isi informasi data mobil pada kolom yang telah tersedia.

Nantinya, berdasarkan data yang telah diinput sistem akan mengkalkulasikan berapa kisaran harga jual yang layak untuk mobil tersebut. Setelah mendapatkan kisaran harga jual, buatlah janji inspeksi.

Tahap 2: Inspeksi Mobil

Proses inspeksi sendiri memakan waktu selama 30 menit. Hal ini dilakukan untuk mengetahui harga jual final terhadap mobil yang ingin dipasarkan. Perlu diingat, inspeksi sendiri sepenuhnya GRATIS!

Inspeksi dilakukan oleh inspektor berpengalaman di cabang BeliMobilGue.co.id. Tenang, lokasi inspeksi cukup banyak kok, tersebar di hampir seluruh kota-kota besar yang ada di Indonesia.

Tahap 3: Penawaran Mobil (Bidding)

Setelah inspeksi selesai, maka kamu akan mendapatkan harga jual final atas mobil tersebut. Apabila kamu setuju dengan harga final yang ditawarkan BeliMobilGue.co.id, maka proses lelang mobil akan dilakukan.

Ini adalah proses selanjutnya ketika kamu melakukan jual mobil bekas melalui situs tersebut. Nantinya, mobil akan dilelang ke 1000 lebih partner bisnis yang dimiliki oleh BeliMobilGue.co.id.

Proses ini memakan waktu sekitar 30 menit, hingga didapatkan penawar tertinggi atas mobil tersebut.

Tahap 4: Pembayaran dan Serah Terima Dokumen

Cara jual mobil bekas melalui situs BeliMobilGue.co.id terbilang sangat aman, hal ini dapat dilihat dari proses pembayaran dan serah terima dokumen mobil.

Untuk metode pembayarannya sendiri, pembeli akan langsung mentransfer sejumlah uang yang telah disepakati tadi ke nomor rekening pribadi penjual.

Sedang, proses serah terima dokumen baru akan dilakukan setelah penjual mengkonfirmasi bahwa uang yang ditransfer oleh pembeli telah diterima atau telah masuk ke nomor rekening pribadi si penjual.

Maka dari itu, dari proses di atas kita dapat mengetahui bahwa cara jual mobil bekas di BeliMobilGue.co.id sangat aman, cepat, dan menguntungkan, sehingga kamu enggak perlu ragu untuk mencobanya.

Semoga ulasan di atas bermanfaat. Selamat mencoba!

(Photos: Freepik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.