Home >> Gaya Hidup >> Kuliner >> Jenis Kue Kering yang di Sajikan Saat Lebaran
Jenis Kue Kering

Jenis Kue Kering yang di Sajikan Saat Lebaran

Jenis Kue Kering – Tidak lama lagi lebaran akan tiba dan lebaran merupakan hari yang sangat di tunggu-tunggu oleh banyak orang teruntuk orang islam, tak terkecuali yaitu orang Indonesia.

Hari raya idul fitri atau di sebut juga dengan lebaran di maknai sebagai hari kemenangan oleh orang Islam, dimana semua umat islam telah menjalankan ibadan puasa selama satu bulan penuh.

Biasanya umat Islam yang ada di Indonesia melakukan banyak sekali persiapan untuk menyambut hari raya idul fitri seperti mempersiapkan berbagai macam makanan, kue, dan lain sebagainya. Bermacam-macam kue wajib di sajikan di rumah, kue kering merupakan kue yang banyak di sajikan di rumah.

Macam-macam kue kering yang di sajikan saat lebaran inilah contohnya berikut :

1. Kastengel

Nama kue kering yang satu ini berasal dari bahasa belanda yaitu kaastengels, kaas berarti keju dan stengel yang berarti batang. Kue kering ini kastengel ini mempunyai ciri khas dengan bentuk yang panjangnya kurang lebih 2-3 cm dan lebarnya 1 cm, dengan taburan paturan keju di atasnya.

2. Widaran Keju

Kue kering ini merupakan kue yang sangat mainstream ketika lebaran, akan tetapi banyak orang yang tidak mengetahui apa nama dari kue ini. Bentuk dari kue ini seperti cabai dengan warna putih atau kuning keemasan, rasa dari kue ini gurih, renyah, dan enak.

Banyak orang Indonesia menyebutnya kue bolot, karena ebntuknya yang mirip dengan bolot, bolot kalau artian Indonesia adalah daki.

3. Putri Salju

Kue kering ini di namakan putri salju karena kue ini di selimuti oleh gula halus yang terlihat seperti halnya salju dan kue ini berbentuk seperti bulan sabit, kue ini sangat banyak peminatnya karena rasanya sangat gurih dan enak, ketika memakannya ada sensasi dingin di mulut karena gulanya.

Adonan untuk membuat kue ini adalah tepung maizena, tepung terigu, kuning telur dan mentega. Kue ini sangat populer ketika lebaran, di setiap rumah rata-rata menyajikan kue ini untuk para tamunya.

4. Nastar

Siapa yang tidak mengetahui kue nastar? Kue ini adalah kue yang sangat di gemari oleh orang-orang saat hari lebaran, rasanya yang enak, gurih, dan sensasi rasa selai nanas yang ada di dalamnya membuat lidah tidak mau berhenti menikmatinya.

Kue kering ini terbuat dari campuran tepung terigu, telur dan mentega. Di dalam kue ini terdapat selai nanas dan biasanya di atasnya ada taburan parutan keju, cengkeh, atau kismis.

5. Semprit

Biasanya jenis kue kering ini berbentuk seperti bunga mawar, rasanya enak dan sangat gurih. Kue semprit ini juga bermacam-macam ada kue semprit sagu, semprit keju, dan semprit coklat, kita bisa memilihnya sesuai dengan selera kita.

Kue semprit ini di buat dengan cara di semprotkan menggunakan alat, setelah bentuknya jadi seperti bunga mawar maka di atasnya di beri kismis atau selai dengan berbagai warna. Bentuknya saja manis, apalagi rasanya ya?

6. Lidah Kucing

Siapa yang pernah melihat lidah kucing? Ya seperti dengan namanya, kue kering ini bentuknya panjang dan tipis seperti lidah kucing.

Rasa dari kue ini sangat gurih dan renyah, di dalam bahasa Belanda kue ini bernama Katte Tong, orang Indonesia menggantinya dengan nama lidah kucing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *