Home >> Tumbuhan >> Tanaman Hias >> Jenis-Jenis Tanaman Hias Batang

Jenis-Jenis Tanaman Hias Batang

Dalam artikel kali ini saya akan membuat sekaligus saya akan membahas artikel yang berhubungan tentang Tanaman Hias Batang. Tanaman hias yang ini merupakan tanaman yang memiliki keindahan pada bagian batang nya.

Tanaman hias batang adalah tanaman hias yang memiliki daya tarik pada bagian batangnya, yang mana daya tarik tersebut terjadi karena ada nya keunikan dan keindahan pada bagian batangnya dari tanaman tersebut. Keindahan itu tidak perlu di perlihatkan lewat bunga, daun, dan buah. Bahkan batang nya pun bisa kita jadikan tanaman hias dan itu di karenakan oleh bentuk batang nya yang unik dan keindahan dari batang itu sendiri dan akan memikat orang yang melihatnya.

Mungkin sebagian besar tanaman hias lebih sering menonjolkan keindahan dan ke asrian nya pada bunga, daun, dan buahnya. Tetapi jangan salah bahwa tanaman hias juga memiliki keindahan pada bagian batangnya, tanaman hias ini memiliki bentuk batang yang sangat unik dan sangat menarik sekali, itu juga bisa karena generatifnya atau pun bisa juga karena dikreasikan dengan mengembangkan dalam bentuk bonsai. Tanaman hias batang ini memiliki nilai artisik yang sangat tinggi dan tak heran apabila banyak orang yang menggunakanya sebagai dekorasi rumah, kafe, atau lain sebagai nya.

Dan berikut ini adalah Jenis Jenis Hias Batang :

  • Bambu Kuning Mini

Yang pertama adalah tanaman hias batang Bambu Kuning mini tanaman ini memiliki diameter batang yang sangat kecil sekali sehingga bila kita lihat sangat tipis sekali dan sangat ramping sekali dan tanaman ini juga memiliki daun yang sangat banyak sekali. Sudah sesuai dengan namanya, tanaman hias yang ini memiliki batang yang berwarna kuning dan batang itulah yang membuat menarik dari pohon bambu ini, pohon bambu ini tidak bertubuh besar  dan tidak akan bertumbuh besar. Dan tidak akan tumbuh besar spserti tanaman bambu pada umumnya.

Ukuran pada tanaman ini selalu kecil/mini, maka tidak heran apabila sering sekali dijadikan sebagai hiasan rumah dan dekorasi yang sangat indah dan sangat mudah dikreasikan, sekarang sudah banyak kreasi handmade (buatan tangan) dengan menggunakan batang bambu ini sebagai bahan baku hiasan mereka untuk dijadikan sebagai bingkai foto. Seperti photobooth background, dan lain sebagainya.

  • Palem Merah

Yang ke dua adalah tanaman hias palem merah yang berasal dari daerah Jambi dan tanaman ini juga bisa disebut dengan Pinang Merah ataupun Palem Lipstik. Tanaman ini memiliki keelokan yang sangat langka pada warna kelopak pada bawah daunnya yag berwarna merah cerah dan menyala. Itu adalah kombinasi yang sangat pas dengan batangnya yang berukuran sedang dan daunnya yang tidak terlalu lebar serta tidak menjuntai. Memang warna merahnya terdapat pada bagian kelopak bawah daun, tetapi kelihatan nya adalah batangnya lah yang berwarna merah sehingga dapat dikategorikan dengan jenis tanaman hias batang.

  • Kaktus Hias

Yang terakhir adalah tanaman hias kaktus hias yang seering kli dijadikan tanaman hias karena keunikan pada bentuk yng sangat beraneka ragam. Karena batangnya yang sangat tebal kaktus ini dapat menyimpan kandungan air dalam waktu yang sangat lama sehingga tidak merepotkan untuk cara perawatannya. Tetapi para perawat harus sangat berhati hati karena tanaman hias yang satu ini memiliki duri yang sangat tajam.

Dan sekarang sudah terbukti bahwa banyak penjual dan pembudidaya tanaman hias yang inngi meskipun tanaman yang memiliki duri yang sangat tajam ini. Dan kita juga bisa dapat menilai bahwa penggemar tanaman hias yang ini juga tidak pernah sepi dari penggemarnya. Tanaman hias yang satu ini memiliki jenis jenis dan beraneka ragam keindahan dan keunikan nya tersendiri dari segi bentuk dan warna bunganya. Biasa nya kaktus yang berukuran kecil di taruh di pot dan mudah dipindah-pindahkan.

Dan berikut ini adalah jenis tanaman hias kaktus yang biasa ditanam:

  1. Ball Cactus (kaktus yang ini memiliki bentuk bulat yang sempurna seperti bola dan yang berduri tajam, tetapi cara perawatannya ini harus dihindarkan dengan sinar matahari secara langsung dan harus ditempatkan di tempat yang teduh, oleh karena itu jenis tanaman hias kaktus ini sangat cocok untuk dekorasi indoor).
  2. Pincushion Cactus (tanaman hias yang berbentuk mirip pincushion dan memiliki duri yang halus, dan pada umumnya memiliki bunga yang berwarna ungu, kaktus ini sama sekali tidak memerlukan perawatan yang ekstra).
  3. Haworthia Cactus Zebra (tanaman hias kaktus yang ini memiliki warna belang seperti zebra dan bentuk hampir mirip dengan tanaman lidah buaya, yang mampu hidup dengan pencahayaan yang rendah sehingga sangat cocok untuk dijadikan dekorasi ruangan).

Nama kaktus ini diambil dari kata yunani yankni kaktos yang memiliki arti tanaman yang berduri. Sedangkan Linneaus ini merupakan ahli botani yang sudah membuat klasifikasi tanaman, unutuk memasukkan kaktus ke dalam kelompok tumbuhan yang berduri. Dan pada dasarnya tanaman kaktus ini dapat menyimpan air dalam waktu yang lama sehingga hidup tanaman hias yang satu ini berada pada daerah yang tandu seperti di Meksiko dan Amerika Selatan.

Mungkin cukup sekian artikel saya pada pagi hari ini yang berhubungan dengan tanaman hias batang semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memilih tanaman hias yang akan anda tanam di lingkungan sekitar rumah anda sebelum anda membelinya. Dan jangan lupa baca artikel artikel yang selanjutnya dari saya. Jagan lupa di like, comment, dan share ya. See You Again.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *