Home >> Pendidikan >> Jenis-jenis Manusia Purba yang Ditemukan Di Indonesia
jenis Manusia Purba
jenis Manusia Purba

Jenis-jenis Manusia Purba yang Ditemukan Di Indonesia

Mempelajari tentang manusia purba memang sangat menarik teruama jika manusia purba itu dari Negeri kita tercinta, manusia purba adalah manusia yang hidup zaman dahulu atau bisa di sebut dengan zaman batu, kali ini yang kan kita bahas adalah manusia purba yang ditemukan di Indonesia, jika masih duduk di bangku sekolah tentunya mempelajari manusia purba bukan hal yang aneh lagi. Manusia purba juga memiliki jenis yang berbeda-beda dan masih sama dengan manusia sekarang, perbedaan itu bukan hanya ada di Indonesia saja namun di Negeri-Negeri lain juga mempunyai perbedaan masing-masing.

Pengertian Manusia Purba

Manusia purba juga disebut manusia prasejarah atau dalam bahasa ilmiahnya Prehistoric People, bisa juga di sebut sebagai manusia yang hidup sebelum mengenali tulisan. Para peneliti sejarah mengungkapkan bahwa manusia purba hidup mendiami buni 4 juta tahun yang lalu. Namun sekarang ini sudah tidak ada manusia purba atau sudah menjadi fosil yang atau sekarang ini lebih sering di sebut sebagai manusia fosil atau batu. Manusia yang hidup di zaman pleistosen memiliki ciri-ciri yang sangat sederhana baik dari fisik, kecerdesan, maupun peradabannya.

Sejarah Manusia Purba Di Indonesia

Manusia zaman dahulu belum mengetahui tulisan bahkan hidupnya sangat bergantung dengan alam, sebagian peneliti mengemukakan teori ras kera atau dikenal dengan teori Australopithecus. Yang telah punah dan menjadi nenek moyang manusia atau dengan kata lain manusia itu dari kera. Meskipun manusia dan kera itu jauh berbeda namun hal ini tidak bisa dilihat dengan mereka yang mengatakan bahwa manusia itu dari kera.

Manusia Purba di Indonesia
Manusia Purba di Indonesia

Jenis Manusia Purba yang ditemukan di Indonesia

Di Indonesia ternyata juga pernah ditempati oleh manusia purba ini bisa dilihat dari ditemukannya fosil manusia purba di Indonesia, namun tidak banyak yang ditemukan hanya ada 3 manusia purba yang ditemukan di Indonesia.

1.Meganthropus, Atau Manusia Besar

Manusia purba yang ditemukan di Sangiran pada tahun 1936 hasil dari penemuan ini biasa disebut dengan nama Meganthropus Paleojavanicus, yang memiliki arti manusia besar dari Jawa, manusia jenis ini memiliki badan yang tegap dan juga rahang yang kuat. doperkirakan manusia jenis ini hidup di 1-2 juta tahun yang lalu sejak dilakukannya peneitian.

2.Pitecanthropus Manusia Kera Berjalan Tegak

Jenis manusia purba yang satu ini banyak di temukan di Indonesia, antara lain Pitecanthropus Erectus, Pitecanthropus Mojokertensis manusia ini ditemukan di Mojokerto Jawa Timur yang ditemukan oleh Von Koenigswald dan Pitecanthropus Soloensis yang ditemukan di Ngandong lembah Bengawan Solo, Pitecanthropus Erectur artinya manusia kera yang berjalan tegak, dan yang menemukan jenis ini adalah Eugene Dubois paa tahun 1891 dan penemuan ini menambah jumlah penemuan fosil manusia purba untuk jenis Pitecanthropus.

3.Homo

Manusia purba yang satu ini adalah manusia yang paling muda, manusia jenis Homoo ini ada 3 macam, yaitu Homo soloensis yang ditemukan oleh Von Koenigswald dan Weidenrich yang ditemukan antara tahun 1931 samapai 1934, yang selanjutnya adalah manusia purba Homo Wajakensis yang satu ini ditemukan oleh Eugene Dubois pada tahun 1889 yang tepatnya ditemukan di Wajak Jawa Timur, fosil yang ditemukan untuk jenis manusia purba ini adalah rahang bawah, tulang tengkorak, dan beberapa tulang leher dan yang terakhir Homo Florensis yang ditemukan saat penggalian Liang Bua, hasil penemuan ini berupa kerangka manusia yang belum menjadi batu, Homo Sapiens yang diduga sebagai nenek moyang bangsa Inonesia. Yang berasal dari Yunan-dataran Cina Selatan yang menyebar di Indonesia tahun  1500 SM.

Nah itulah beberapa pembahasan ari saya mengenai Jenis Manusia Purba di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *