Home >> Binatang Peliharaan >> Jenis-Jenis Ikan Hias Akuarium

Jenis-Jenis Ikan Hias Akuarium

Bagi kalian semua yang pencinta ikan hias, tentunya memelihara ikan hias itu di akuarium dan menjadi kenangan tersendiri untuk mengusir rasa jenuh di rumah. Banyak sekali jenis ikan hias yang mungkin anda bisa memeliharanya di akuarium, baik itu ikan hias air tawar ataupun ikan hias air laut.

Memelihara ikan hias itu tidak hanya menyenangkan, akan tetapi bisa membawakan manfaat yang dapat kita rasakan dengan ikan hias tersebut. Menurut para peneliti mengukapkan bahwa dengan memelihara ikan hias itu di dalam rumah dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, bahkan ada pula yang mengatakan apabila kita memelihara ikan hias akan menjadi obat stes. Maka sebab itu tidak heran jika kita memelihara ikan hias dapat membantu kita menurunkan tekanan darah tinggi, dan membuat pikiran menjadi terasa tenang, serta

menetralkan perasaan dan masih banyak lagi manfaat lainnya.
Banyak jenis-jenis ikan hias yang kita bisa dapatkan, dari bentuk dan warnanya. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang jenis-jenis ikan hias akuarium yang cukup terkenal dan sering di nikmati oleh semua orang. Ikan hias apa saja itu?

1. Ikan Hias Cupang

Yang pertama kita membahas tentang ikan cupang. Siapa yang tidak mengetahuinya dengan ikan yang satu ini. Ikan ini merupakan salah satu ikan hias air tawar yang banyak terdapat didaerah trpis, termasuk Negara Indonesia sendiri. Ikan ini termasuk jenis ikan yang sangat mudah dipelihara.

Selain imut-imut kecil dan juga cantik biasanya ikan ini di pelihara didalam aquarium atau juga bisa dipelihara didalam toples. Ciri-ciri ikan tersebut bersifat ‘’ beradu ‘’ ikan ini juga semakin banyak digemari yang bukan hanya dipelihara untuk dijadikan ikan hias dirumah dalam aquarium, tapi juga di ajak bermain yang di adu dengan ikan cupang lainnya. Biasanya anak kecil ini senang memelihara, karena sangat menyukai ikan ini untuk di adu dengan ikan jenis lainnya.

Banyak variasi yang dapat kali dapatkan seperti warna kuning, cokelat, merah, hijau, biru, kelabu, dan putih tentu saja mempunyai bentuk yang kecil. Sirip yang panjang dan menjuntai sampai terlihat seluruh tubuhnya dan ditutupi oleh sirip yang sangat cantik berwarna-warni. Dan ketika anda ingin membedakan antara janta atau betina, anda juga bisa lihat dengan cara melihat tubuh ikan betina yang rata-rata lebih kecil dari pada ikan cupang jantan.

2. Fantail Guppy

Apakah kalian pernah lihat ikan yang satu ini yang sering kita temukan di rawa-rawa. Karena pada awalnya ikan ini termasuk ikan liar. Tapi karena ikan ini mempunyai bentu yang begitu sangat indah dan enak di pandang. Maka dari itu para pecinta ikan hias terus berusaha mengembangbiakkkan ikan ini dengan ikan hias jenis lainnya agar tidak ada lagi sifat liarnya.

Bentuknya yang mungil dan cantik serta lucu membuat banyak orang sangat gemas melihatnya. Bentuk badanya mempunyi banyak variasi warna-warni serta sirip yang melambai-lambai ketika sedang berenang di aquarium.

Saat memikat lawan jenis pada musim kawin, ikan guppy ini mempunyai cara yang sangat unik dalam menarik pasangannya. Tak heran para pecinta ikan hias sering mencari ikan guppy sebagai peliharaan didalam rumah.

3. Ikan Rainbow

Ikan rainbow terbilang sangat unik karena mempunyai warna pada tubuh yang menyerupai pelangi, untuk para pecinta ikan hias memang sudah mengakui keindahan dari ikan ini. Karena ikan ini semakin hari semakin terkena sehingga banyak sekali para pecinta ikan yang terus mencarinya. Ikan hias air tawar ini berasal dari papua.

Saat ini, banyak terdapat ajang yang mencari ikan paling cantik dan indah dari ikan rainbow ini. Semua orang berlomba-lomba tujuannya untuk menyilangkan ikan rainbow dami mendapatkn corak warna pelangi yang sangat indah.
Bahkan saking terkenalnya ikan hias ini, sekarang menjadi salah satu ian yang dibudidayakan untuk tipe rainbow. Tercatat bahwa di Indonesia sendiri terdapat mencapai 53 tipe dari ikan rainbow ini.

4. Arwana

Pernahkan anda menjumpai atau memelihara ikan ini dirumah? Ikan yangmemiliki sisik yang begitu unik sehingga akan memikat siapa saja yang sudah melihat dan paling popular didunia sampai saat ini. Bahkan, sampai di sebut-sebut ada ikan arwana yang mempunyai jenis sendiri yaitu super red? Namun memang menurut kabar yang beredar, banyak yang mengatakan, akan tidak pernah menurun para peminatnya.

Ikan dengan sebutan nama latin scleropages sp ini, mempunyai banyak sebutan yang unik yang di antaranya, superred, ikan pyang, raga, khayanga, silok, kalasa, siluk dan kalasa. Dan ikan ini termasuk golongan ikan purba. Karena apa telurnya itu hampir mirip dengan ukuran besarnya seukuran dengan telur puyuh. Bahkan termasuk ikan yang memiliki ukuran tubuh yang besar yang bisa mencapai kurang daru satu meter.

Ikan ini banyak di jumpai di perairan air tawar tanah air, seperti di daerah papua dan Kalimantan, maski saat ini sudah sangat banyak yang membudidayakan ikan hias tawar ini. Karena sangat banyak peminatnya, terlebih mempunyai harga yang cukup tinggi.

5. Ikan Mas Koki

Ikan mas koki merupakan ikan yang paling populer di dunia ikan hias. Di Indonesia sendiri setipa pencinta ikan pasti mempunyai ikan mas koki. Karena bentuknya yang unik membuat pecinta ikan hias sangat di gemari oleh barbagai kalangan.

Ikan ini biasa hidup di perairan yang dangkal serta udara yang sejuk. Ikan mas koki memiliki sifat yang tidak agresif dan lembut, sehingga mereka tidak menyerap ikan lain atau ikan mas koki sendiri. Akan tetapi terdapat hal yang buruk dari ikan mas kki ini, pada saat mereka benar-benar lapar, ikan mas koki ini tidak segan untuk memakan telurnya sendiri karena ikan ini termasuk ke dalam jenis pemakan segala atau omnivore.

Itulah berbagai penjelasan dari saya mengenai jenis-jenis ikan hias. Jadi tunggu apalagi tidak ada salahnya kita mencoba memelihara ikan hias ini untuk menjadikan rumah kita terlihat lebih indah.
Saya beri saran untuk memelihara ikan hias terlebih dahulu memelihara ikan hias air tawar karena terbiang mudah dalam perawatannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *