Home >> Binatang Peliharaan >> Jenis-Jenis Ikan Cupang Terpopuler

Jenis-Jenis Ikan Cupang Terpopuler

Di kalangan semua orang ikan cupang dikenal dengan sebutan ikan petarung yang sangat agresif dan sangat suka menyerang sesama jenisnya. Namun perlu kita ketahui, ternyata ikan cupang juga mempunyai warna tubuh yang sangat cantik dan indah, sehingga banyak orang yang tertarik untuk memelihara ikan hias di akuarium untuk dijadikan sebagai koleksi ikan hias mereka. Selain mempunyai warna tubuh yang sangat cantik, jenis ikan ini juga mempunyai sirip yang indah, sehingga pergerakannya yang sangat tenang dan juga berwibawa. Maka tak heran, selain di jadikan sebagai ikan hias tapi ikan ini juga dijadikan ikan aduan.

Mungkin bagi anda yang sedang mencari jenis ikan cupang paling populer untuk dipeihara, mungkin salah satu jenis ikan cupang yang akan saya berikan bisa menjadi referensi bagi anda semua. Untuk lebih jelasnya, bisa anda simak ulasannya dibawah ini.

  1. Ikan Cupang Halfmoon

Sesuai dengan namanya ikan cupang ini mempunyai bentuk sirip dan ekor seperti bulan setengah lingkaran. Jika kita lihat secara jelas pada bagian samping ikan ini sangat mirip dengan bentuk bulan sepotong. Ikan cupang halfmoon juga banyak dipelihara karena bentuk dan warna ikan ini sangatlah indah, sebab itu banyak pecinta ikan hias yang menyukainya. Selain itu juga warna dari ikan cupang halfmoon juga mempunyai beberapa warna yang beragam  mulai dari warna kuning, merah menyala, warna biru terang dan masih banyak lagi variasi warnanya.

  1. Ikan Cupang Crown Tail

Jenis ikan cupang yang satu ini merupakan ikan cupang yang sudah dikembangkan di Indonesia melalui persilangan. ikan yang dikenal dengan sebutan nama ikan cupang serit sudah populer karena bentuk tubuhnya yang indah. Alasan kenapa ikan ini disebut dengan nama crown tail, karena ikan cupang ini jika di balik menghadap kearah atas pada bagian serit-seritnya ini akan membentuk seperti sebuah mahkota raja.

Ikan cupang crown tail juga mempunyai beberapa variasi. Misalnya saja untuk variasi ikan cupang yang mempunyai serit tunggal, yang mana pada bagian seritnya mempunyai satu tulang sirip da nada juga yang mempunyai serit ganda atau dua. Keindahan dari ikan cupang serit ini sudah terkenal bahkan sudah mendunia. Maka tak heran jika harga ikan yang satu ini cukup mahal. sehingga ikan ini pernah dipertandingkan pada ajang international betta congress (IBC)

  1. Ikan Cupang Plakat

Ikan cupang plakat merupakan jenis ikan cupang yang sangat agresif, sesuai dengan namanya yang diambil dari bahasa Thailand ‘’plakat’’ yang artinya petarung. Mejadikan ikan cupang ini sering dijadikan sebagai ikan aduan. Sehingga pada saat ini di Thailand memang sudah sering menggelar acara adu cupang yang sudah melegenda dari dulu hingga sekarang.

Bantuk sirip dan juga ekor dari ikan cupang ini pada umumnya berukuran pendek dan hampir mirip dengan ekor pada jenis ikan serit ataupun halfmoon. Karena mempunyai sirip dan ekor pendek, maka ikan jenis ini tampak sangat gagah dan tangguh untuk dijadikan sebagai ikan petarung.

4. Ikan Cupang Tail Double Tail

Dikenal dengan sebutan nama double tail dan hampir mirip dengan ikan cupang jenis halfmoon, namun sebenarnya sangat berbeda, perbedaannya ikan ini paling menonjol adalah ekornya, sirip ekor ikan double tail ini terbelah menjadi dua. lalu setiap belahan pada sirip ekor mempunyai ukuran dan lebar yang sama. Kemudian perbedaan lainnya ada pada punggung dan sirip anak yang panjang.

jenis ikan cupang satu ini pemelihara dan pembudidayaan ikan yang cantik dan unik tersebut juga jarang ditemukan sebab rendahnya tingkat keberhasilan cupang cagak yang sempurna dan indah. oleh sebab itu cupang ini juga tidak sering dikonteskan pada perombaan-perlombaan cupang.

  1. Ikan Cupang Giant

Ikan cupang giant merupakan jenis ikan cupang terbesar dari ikan cupang yang lainnya. Ukuran ikan cupang ini bisa sekitar 11-12 cm. sejarah ikan ini yaitu, pertama kali dikembangkan oleh Mr. Athapon dan putranya bernama Mr. Natee pada tahun 1999, kedua breeder tersebut berasal dari Negara Thailand. Pada awalnya mereka mempunyai ikan plakat yang berukuran tidak normal yaitu 10cm, kemudian mereka berniat mengawinkan dengan jenis ikan cupang lainnya. Yang ukurannya tidak jauh beda dengannya sehingga lahirlah cupang giant alias raksasa.

  1. Ikan Cupang Alam

Kemudian yang terakhir adalah jenis-jenis ikan cupang yaitu cupang liar atau alam. Cupang alam ini cupang yang belum mengalami persilangan, dan ikan ini jauh dari jangkauan manusia, sehingga harganya yang relatif, jika semakin bagus dan langka maka bisa sangat mahal, tapi sebaliknya jika sudah umum maka harga ikan ini akan relatif murah bahkan bisa saja gratis. Dan tempat tinggal ini banyak ditemukan  di sungai, sawah, rawa dan selokan. Dibawah ini macam-macam jenis ikan cupang alam yang populer.

  • Cupang Sawah

Namanya saja cupang sawah, jadi hidupnya di sawah-sawah dan kali. Ikan ini sangat mudah ditemukan di persawahan Sumatra dan jawa, pada bagian warna tubuhnya bergaris kuning dan biru. Ditempat saya, ikan ini memiliki ukuran 6cm.

  • Cupang Paradise

Cupang paradise atau ilmiahnya marcopodus opercularis, banyak ditemukan di daerah persungaian Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi. Ciri-ciri ikan ini adalah ekornya cabang, warnanya bergaris-garis vertical warna hijau muda.

  • Cupang Surga

Cupang surge yang mempunyai nama imiah macropodus concolor, ciri-cirinya hampir mirip dengan cupang paradise, serta warnanya kecoklatan dan siripnya memanjang, cupang jenis ini bisa ditemukan di asia tenggara tepatnya di jawa Sumatra. Ukuran dari ikan ini sekitar 10cm.

  • Cupang Emas

Cupang alam emas ditemukan di wilayah Sumatra, Sulawesi dan Kalimantan. Sebutan latinnya adalah betta unimaculata. Dan warnanya agak keemas-emasan.

Selain itu ada juga betta miniopinna, cupang uberis, dan cupang cocina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *