Home >> Gaya Hidup >> Mengenal Jenis Jenis Burung Kenari yang Unggul
Jenis Jenis Burung Kenari
Jenis Jenis Burung Kenari

Mengenal Jenis Jenis Burung Kenari yang Unggul

Burung kenari pernah menjadi burung yang mendominasi untuk meramaikan pasar burung yang ada di Indonesia, tetapi setelah munculnya banyak burung penyanyi yang masuk ketanah air seperti Tledakan, murai batu, branjangan, dan lain sebagainya membuat burung yang bernama latin Serinus Canaria menjadi berkurang popularitasnya secara perlahan lahan. Walaupun seperti itu burung ini tetap menjadi burung nomer satu  dan menjadi burung paling diidolakan bagi sebagian orang yang senang dengan memelihara burung, adapun kemampuan dari jenis burung ini tidak mudah dilupakan begitu saja. Karena kemampuan dari setiap jenis burung kenari tidak hanya memperlihatkan suara gacornya saja, tetapi dari bentuk fisiknya yang telah dianugrahi dengan keindahan dan tegas ini bisa membuat para pecinta burung tertarik untuk memeliharanya.

Burung kenari pantas sekali dijadikan sebagai teman atau hobi kita, karena burung kenari mempunyai bentuk tubuh yang cantik dan menawan, dan juga sering berkicau. Kicauan inilah yang membuat suasana rumah kita menjadi lebih segar dan alami, kita akan merasakan rumah kita berada dialam yang indah. Burung kenari mempunyai banyak varian warna yang disebut dengan Serinus, Simaklah ulasan kami berikut ini tentang jenis jenis burung kenari.

1.Kenari Yorkshire

Kenari Yorkshire
Kenari Yorkshire

Bisa disebut burung kenari yorkshire adal jenis burung kenari impor yang sangat istimewa, karena bentuk tubuh yang dimilikinya sangat trlihat menawan dan mengagumkan, hanya bermodal warnanya saja burung ini sudah bisa menarik perhatian banyak orang. Apalagi jika burung ini mengeluarkan kemampuang berkicaunya maka para pecinta burung akat terpikat untuk memeliharanya, dan inilah yang menjadikan burung kenari Yorkshire ini harganya terlalu mahal dibandingkan dngan burung kenari jenis lainnya. Makanan burung kenari yorkshire adalah biji bijian atau canary seed, dan untuk terjaga kesehatannya brung ini supaya diberi makan sayuran sesekali, karena sayuran ini menjadi asupan protein bagi burung kenari.

2.Kenari Norwich

Kenari Norwich
Kenari Norwich

Pada awalnya burung kenari jenis ini dibawa oleh para penenun dari bangsa flam ketanah Inggris lebih tepatnya lagi dikota Norwich karena mereka ingin menghindari pembantaian negara Spanyol kepada bangsa mereka. Burung jenis ini memiliki bentuk badan agak bulat, mempunyai bulu yang agak tebal, bentuk punggungnya agak pendek dan lebar, bentuk dadanya juga lebar dan mempunyai sayap yang pendek. Warna yang paling sering ditemui dari burung kenara ini adalah hijau.

3.Kenari Border

Kenari Border
Kenari Border

Jenis kenari border adalah jenis burung impor yang pertama kali terlahirkan di perbatasan Inggris dan Skotlandia sekitar tahun 1700-an, burung kenari jenis ini sering dijuluki dengan “Wee Gem” yang memiliki ari kecil, lincah, dan kuat, burung ini memiliki panjang tubuhsekitar 10 sampai 14 cm. Walaupun burung ini terkenal sebagai burung yang aktif, tapi ia memiliki sifat pemalu. Burung kenari Border tidak akan berkicau jika ada banyak orang atau ada burung yang bisa berkicau lainnya, uniknya burung ini sangat senag sekali manda dan berjemur serta makanan yang paling digemari adalah canary seed dan rape seed, dan diajuga harus diberi viamin atau asupan gizi agar burung ini tetap selalu sehat.

5.Kenari Roller

Kenari Roller
Kenari Roller

Burung kenari roller adalah burung kenari yang perama kali dikembangkan di wilayah pegunungan yang terletak di Jerman, Burung ini juga tidak kalah terkenalnya dengan burung kenari impor lainnya. Dilihat dari segi fisik dan kicauannya burung kenari ini harus diperhitungkan, selain warnanya yang kuning keemsan, cirri khas yang biisa kita lihat lagi  adalah gudukan suara yang terletak pada bagian dagu. Mungkin burung kenari ini besarnya tidak sebesar sepeerti burung kenari pada umumnya, burung kenari ini hanya memiliki panjang mencapai 7,5-8 Cm. Adapun makan yang disukai oleh brung ini adalah canary seed, sayut sayuran dan rape seed.

6.Kenari Crest

Kenari Crest
Kenari Crest

Untuk kenari import yang selanjutnya yang tidak kalah menarik dengan burung kenari yang lainnya yaitu kenari crest, Burung kenari jambul pertama kali ditemukan pada tahun 1950-an sangat dikenal dengan nama si Raja Fantasi, mungkin karena penampilan kepalanya yang sedikit unik, bisa anda lihat pada bagian kepalanya ada terdapat bulu atau jambul yang menyerupai mahkota. Bahkan ada burung kenari crest yang mempunyai jambul sampai menutupi mukanya, burung kenari biasanya mempunyai warna kuning, pink, atau merah. Makanan kesukaan burung kenari crest adalah canry seed, rape seed, dan macam macam sayuran.

7.Kenari Frill

Kenari Frill
Kenari Frill

Pada burung kenari frill anda akan meliat beberapa bulu yang unik, dan yang paling dikenal adalah jabot, mantle, fin. Mantle adalah bulu yang terletak di tengah tengah penggung burung kenari frill, fin adalah bulu yang terletak disekitar paha sampai disekeliling sayap, dan sedangkan jabot adalah bulu yang terletak dibagian dada burung kenari frill yang membentuk kedalam sehingga tampak seperti kerutan yang menutup. Jika bulu bulu tersebut bisa tumbuh dengan baik dan rapih maka akan membuat burung kenari frill terlihat menawan dan indah, tapi sebaliknya jika bulu bulu tersebut tidak dapat tumbuh dengan baik maka burung tersebut akan tampak seperti burung yang aneh.

8.Kenari Belgia

Kenari belgia adalah jenis kenari yang sudah sangat lama dikembangbiakan, tapi kenari belgia adalah salah satu kenari yang sangat susah untuk dikembang biakan, dan kebanyakan peternak menetaskan telur dari burung kenari jenis ini menggunakan indukan burung kenari jenis yang lainnya. Ciri khas dari burung ini adalah mempunyai kepala yang kecil dan jika dilihat dari jauh nampak seperti ular.

9.Kenari Holland

Adapun jenis kenari holland banyak sekali diminati oleh banyak pecinta burung yang ada di Indonesia, pada umumnya panjang dari burung ini mencapai 11 sampai 16 Cm. Burung kenari holland mempunyai banyak jenis warna seprti abu abu, merah, putih, hijau, kuning, dan masih banyak yang lainnya, suara atau kicauan yang dikeluarkannya mempunyai tippikal suara yang berbeda beda, tebal, dan sering sekali mengulangi nada kicauannya.

10.Kenari Gloster

Burung kenari gloster mempunyai panjang sekitar 11 sampai 12 Cm, bagian bulunya diwarnai dengan warna kunin dan dibalut dengan warna putih pada bagian sayapnya, dan yang uniknya lagi pada bagian kepalanya terdapat jambul yang menyerupai topi. Adapun burung kenari jenis gloster mempunyai suara yang khas serta kecil suaranya dan burung ini suka mengulangi kicauannya dengan sempurna.

11.Kenari Silangan

Kenari jenis lokal adalah jenis kenari yang memang dengan sengaja di budidaya negara kita, dan jenis kenari silang kualitasnya juga tidak kalah dengan jenis burung kenari impor.

Mungkin itu saja yang bisa kita bahas dalam ulasan kali ini, dan semoga bermanfaat bagi anda yang berminat untuk memelihara atau membeli burung kenari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *