Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Mengenal Jenis Jenis Buah Naga dan Manfaatnya
Jenis Jenis Buah Naga

Mengenal Jenis Jenis Buah Naga dan Manfaatnya

Buah Naga
Buah Naga

Siapasih yang tidak mengenal dengan buah naga? Dari namanya saja sudah unik apalagi bentuk dan rasa dari buah ini. Selain mempunyai rasa yang sangat menakjubkan dan bentuknya yang unik buah ini juga memiliki banyak sekali manfaat apalagi bagi kesehatan tubuh kita, sangat rugi sekali bagi anda yang belum mengetahui manfaat dari buah naga. Tapi bagi anda yang belum mengetahui khasiat dari buah ini tenang saja karena dibawah ini kami akan membahas tentang beberapa manfaat dari buah naga.

Buah naga atau yang terkenal dengan pitaya ini berasal dari benua amerika, buah naga ini banyak terdapat di Meksiko, Amerika Selatan, Amerika Tengah. Seiring berjalannya waktu buah ini mnyebar keseluruh berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia. Istilah ini berasal dari bangsa Vietnam yaaitu Tang Loy, asal sebutan tersebut itu dikarnakan pada jaman dahulu Vietnam mempunyai hubungan yang dkat dengan China, dan pada biasanya buah ini diletakkan diantara dua patung naga. Dari sinilah asal buah naga atau dragon fruit berasal.

Jenis Buah Naga

Jenis Jenis Buah Naga
Jenis Jenis Buah Naga

Sekarang buah naga tidak hanya bisa dirasakan manfaatnya oleh Vietnam dan China saja, tetapi semua tempat yang ada dibelahan dunia ini bisa merasakannya. Mulai dari kalangan anak anak sampai orang tuapun bahkan ibu hamil atau yang bisa merasakannya. Kebanyakan orang hanya mengenal buah naga hanya ada dua jenis yaitu Buah naga putih dan merah. Sebenarnya jenis buah naga itu ada 4, yang membedakannya adalah warna dari kulit buah naga tersebut, keempat buah naga tersebut adalah.

  • Hylocereus undatus: Jenis buah naga ini mempunyai warna kulit merah dan dagingnya berwarna putih, dan buah naga jenis inilah yang paling banyak dimakan oleh para masyarakat Indonesia.
  • Hylocereus polyrhizus: Buah ini mempunyai kulit yang berwarna merah muda dan adapun dagingnya berwarna merah
  • Hylocereus costaricensis: Adapun jenis buah naga yang satu ini mempunyai warna kulit dan daging yang sama yaitu warna merah, bahkan warna merah pada kulit dan daging dari buah ini sangatlah pekat.
  • Selenicereus megalanthus: Buah naga jenis ini kulitnya berwarna kuning dan dagingnya berwarna putih.

Walaupun buah ini mempunyai bebrapa jenis tapi pada umumnya khasiatnya tetaplah sama. Buah naga ini memiliki nutrisi yang sangat besar. Adapun buah nutria yang terkandung dalam buah naga ini adalah serat, mineral essens, karoten, asam folat, vitamin B1, vitamin C, dan masih banyak lagi. Silahkan simak ulasan kami dibawah ini mengenai manfaat buah naga bagi keshatan.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

1. Mencegah Kanker

Manfaat buah naga yang ppaling menakjubkan adalah mencegah terkenanya penyakit kanker, seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa penyakit kanker adalah penyakit yang berbahaya urutan ke-2 setelah serangan jantung. Penyakit ini sangat susah untuk disembuhkan tapi penyakit ini bisa kita cegah dengan manfaat buah yang satu ini. Menurut para peneliti dari Amerika Serikat, buah naga mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, dan manfaat antioksidan tersebut adalah sebagai penangkal radikal bebas yang akan menyebabkan kerusakan sel pemicu pertumbuhan kanker.

2. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Penyakit serangan jantung, kanker, atau diabetes adalah penyakit yang sangat mematikan sudah banyak sekali nyawa yang melayang karena terkena penyakit tersebut. Nah khasiat dari buah naga terkait dengan jantung, buah ini mempunyai kandungan kalium yang tinggi yang dapat melebarkan pmbuluh darah yang membuat kinerja jantung lebih ringan dalam menjalankan darah keseluruh bagian tubuh.

3. Mengurangi Resiko Penyakit Diabetes

Diabetes disebabkan karena kadar gula yang terkandung dalam darah kita cukup besar, jika kadar gula yang ada pada darah anda semakin tinggi maka akan smakin tinggi juga resiko yang akan didapat. Tapi anda tidak perlu khawatir lagi karna resiko terkena penyakit diabetes akan berkurang dengan mengonsumsi buah naga secara rutin, karna buah naga mengandung vitamin B1 dan kadar glikemik indeks yang rendah. Dengan memakan buah naga makaa kadar gula anda tidak akan naik bahkan bisa turun.

4. Menjaga Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh adalah hal yang paling penting untuk mejaga keshatan tubuh, karena jika sistem kekebalan tubuh kita lemah maka tubuh kita akan mudah untuk terkena berbagai macam penyakit meskipun itu penyakit ringan seperti flu, pilek, dan lain sebagainya ataupun penyakit yang mematikan seperti HIV/AIDS. Untuk mejaga kesehatan tubuh dan kekebalan tubuh anda bisa melakukannya dengan cara memakan buah naga dengan rutin. Karena buah naga mengandung protein, potassium yang lumayan tinggi, dan vitamin C. Kandungan tersebutlah yang membantu menjaga kekebalan tubuh.

5. Baik untuk Ibu Hamil

Khasiat yang terkandung dalam buah naga juga cukup bermanfaat bagi ibu yang sedang hamil, dikarnakan buah naga mngandung kandungan asam folat, mineral, dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh ibu yang sedang mengandung supaya janin tetap terjaga dan sehat. Selain itu buah naga juga sangat baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan janin yang ada pada perut ibu yang sedang hamil.

About Reza Renaldi

saya adalah seorang remaja yang memiliki sebuah harapan untuk membahagiakan orang orang yang ada disekeliling hidup saya. Ingin mengetahui dan mencoba sesuatu hal yang belum diketahui, dan selalu berusaha untuk menjadi yang lebih baik dari kemarin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *