Home >> Buah Buahan >> Jenis Durian Terenak, Dan Terpopuler di Indonesia
Jenis Durian di Indonesia

Jenis Durian Terenak, Dan Terpopuler di Indonesia

Aroma dari durian yang menyengat dan menusuk membuat banyak orang enggan uuntuk mencicipinya, padahal buah ini sangat lezat sampai di juluki dengan Raja Buah, Bahkan banyak orang yang tetap memburu buah durian meskipun harganya yang mahal, namun hanya sedikit yang mengetahui Jenis Durian di Dunia ini.

Penanaman durian disesuaikan dengan wilayah tempat tumbuhnya, ada Durian Lampung, Durian Medan dan juga Durian Palembang, hanya ada bebrapa durian dengan varietas unggul yang diberi nama unik seperti Durian Petruk dan Durian Jepara hingga durian Tembaga asala Kalimantan, berikut ini adalah beberapa jenis Durian di indoonesia, yang populer karena kelezatannya.

1.Durian Petruk, Dari Jepara, Jawa Tengah

Durian jenis ini memiliki bentuk bulat telur berwarna hijau kekuningan, kulitnya berbentuk seperti kerucut kecil dan juga rapat. Buahnya berukuran besar sebesar kelapa gading dengan penampilan sangat menarik dengan bobot 1-2 kg. aging buah agak tebal, berlemak, berwarna kuning, bertekstur agak lembek berserat sedang, dan baunya tidak terlalu tajam atau beraroma sedang.

2.Durian Sidodol, Dari Karang Intan, Kalimantan Selatan

Buah dari jenis ini berbentuk bulat dengan warna hijau kekuningan, duri berbentuk kerucut dan tidak tajam dengan susunan yang rapat. Berat buah 1-2 kg, warna dari aging buah kuning mengkilap tebalnya sampai 1,2 cm. teksturnya halus, lembek, aromanya sangat harum, dan rasanya manis gurih.

3.Durian Matahari, Dari Cimanggu Bogor

Dengan warna kulit hijau kecoklatan, jenis durian ini memiliki bentuk bulat pnjang engan ketebalan daging durian 0,5-1cm. Durinya runcing, tajam, jarang dan bengkok. Berat buah 1-2,5 kg. Daging buah tebal, halus kering, berlemak aromanya tidak terlalu tajam dan rasanya manis.

4.Durian Otong, Dari Parung Bogor

Buah durian jenis ini biasa disebut Durian Mon Thong dan golden pillow di Thailand, buahnya memanjang dengan bagian ujung dan pangkal meruncing. Dengan warna kulit kekuningan, duri dari bah ini berbentuk kerucut berukuran kecil, dan agak rapat berat dari buah ini bisa mencapai 4 kg. Dari segi daging buah tebal, kuning, namun kurang lemak, bertekstur halus, beraroma tidak tajam dan rasanya sangat manis.

5.Durian Bokor, Dari Majalengka, Jawa Barat

Jenis durian ini juga sering disebut sebagai durian aden, buahnya berbentuk bulat dengan warna kulit hijau kekuningan. Durinya berukuran besar dan tersusun jarang, rata-rata berat durian jenis ini 3-4 kg. Warna dari daging durian jenis ini cukup tebal, berwarna kuning, kering aromanya sangat harum dan sedikit manis.

6.Durian Hepe, Dari Cileungsi, Jawa Barat

Durian asal Jawa Barat ini memiliki bentuk bulat telur warnanya coklat kekuningan tebal 0,8-1 cm. Durinya berbentuk kerucut, kecil dan berbentuk kerucut dan juag tersusun rapat berat dari buah ini 1-2 kg daging buah berwarna putih kekuningan, dagingnya tebal, agak kering, bertekstur halus, berlemak, aroma tajam, dan manis.

7.Durian Sukun, Dari Karanganyar Jawa Tengah

Durian ini cukup digemari di berbagai kalangan, dengan bentuknya bulat panjang, durinya berbentuk kerucut, kecil dan rapat. Berat buah ini 1-2 kg. Daging buahnya sangat tebal, kering berlemak, teksturnya halus, warna dari dagingnya putih kekuningan dan beraroma harum dan rasanya manis.

8.Durian Gantalmas, Dari Medan Sumatera Utara

Buah durian jenis ini termasuk unik karena bentuknya yang lonjong dengan warna yang masih kehijauan, ari segi bentuk durinya berbentuk kerucut an tidak tajam, kecil dan tidak rapat berat bah bisa mencapai 3-4 kg aging buah berwarna putik kekuningan dam berdaging tipis, cita rasanya tidak terlalu manis namun berlemak.

Itulah beberapa jenis Durian di Indonesia yang akan menggoyangkan lidah dan juga membuat anda ketagihan, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *