Home >> My Journey >> Internet Marketer Evolution Yang pernah saya Alami
Internet Marketer Evolution
Internet Marketer Evolution

Internet Marketer Evolution Yang pernah saya Alami

Membuat pilihan menjadi seorang Internet Marketer tidak lah mudah. Kalau orang melihat saya sekarang, banyak sekali yang ingin terjun di dunia internet marketing. Kerja nyantai di depan komputer atau laptop namun hasilnya bisa luar biasa. Tidak capek dan bisa jalan jalan kemana mana namun bisnis online yang telah di kerjakan tetap berjalan. Bisa jadi, Bisnis Jalan, Bosnya Jalan Jalan…

2003 Saat inilah saya awal mengenal namanya internet, namun hanya sekedar mengenal. Google aja tidak tahu. Saya ke warnet di ajak teman karena cari informasi kuliah di Universitas Gadah Mada. Namun bukan saya yang mengoperasikan. Ya teman saya namanya Adi Susangka, anak jakarta yang sudah tahu teknologi sebelumnya. Dan di kasih tahu kalau Google itu tempat mencari informasi internet.

2004 Awal pertama saya mengenal Email, dan membuat email pertama yaitu ali_math04 at yahoo dot com. Namanya anak desa yang kuliah dan bertempat di Surabaya, Jadi sangat canggung dengan teknologi termasuk kata kata tentang teknologi.

2005 awal pertama saya punya komputer, itu dari hasil gadaikan sawah yang ada di desa. Demi anak, orang tua mau menggadaikan sawah pertanian agar bisa membelikan anaknya komputer. Tahun ini pula saya mulai sering berinteraksi dengan internet. Dan belajar programing dan hacking

2007 adalah keputusan yang sangat besar yang saya buat, yaitu Bolos KULIAH 1 tahun dan berujung jadi 1,5 tahun lebih bolos kuliah dan memutuskan untuk belajar BISNIS ONLINE. Selama Proses 2007 – 2009 tidak ada dukungan sama sekali, cemoohan dari teman, sindiran, sering dapat nasehat dari orang tua untuk berhenti dari bisnis internet, Nasehat dari pembina pondok, Yang LEBIH PARAH SAYA MULAI DI JAUHI TEMAN DAN KELUARGA KARENA KEPUTUSANKU ini… 

Di saat mahasiswa seangkatan  belajar dengan sungguh sungguh untuk secepatnya mendapat gelar SARJANA. Saya setiap hari berkutat dengan Internet, jarang tidur, jarang makan sampai sampai sering sakit. Sampai akhirnya saya jatuh sakit parah dan harus di pulangkan ke DESA. Di saat sudah sembuh kembali ke Kota dan belajar internet dan belajar dan belajar.

Tahun 2007 – 2010 akhir, saya habis uang jutaan bahkan puluhan juta untuk belajar internet agar bisa sukses di Internet. Hampir 4 tahun harus berjuang sendirian di internet dengan fasilitas yang minim. Bahkan saya harus makan sehari sekali, dan sisanya saya buat untuk bayar warnet dan cemilan roti untuk mengganjal perut di pagi hari.

Tahun 2009 saya di terima sebagai pegawai tetap Guardino associates sebagai marketing online. Gaji awal $50 perbulan, namun biaya internet 700 ribu perbulan. Akhirnya masih di kasih jatah orang tua untuk bertahan hidup di surabaya. Namun tidak sampai 2010, saya sudah bergaji $350 perbulan karena Bos amerika melihat kinerja saya. Semua hasil yang saya dapatkan saya kembalikan ke internet dan bermain google adsense dan amazon dan ujung dari GOOGLE Adsense saya kehilangan sekitar $6000 di tahun 2012.

Alhamdulillah sejak 2011 saya memutuskan untuk fokus di Toko Online dan bisa stabil di tahun 2012, sehingga saya merasa bahwa hikmah kehilangan kurang lebih $6000 dari google adsense menjadi nasehat buat saya dan sebagai intropeksi diri.

Kalau saja saya tahun 2010, memutuskan berhenti di Internet mungkin saya tidak mungkin seperti sekarang ini. Bisa jadi gagal dan tidak bekerja di internet. Coba bayangkan belajar tidak membuahkan hasil. Buat blog lewat adsense sejak 2007 tidak menghasilkan uang. Akhirnya beralih ke Toko Online 2008, ternyata tidak berhasil lagi. Akhirnya kembali ke Google adsense tahun 2009 dan dapat uang sekitar 7 jutaan selama 1 tahunan. Terkena Banned Google lagi dan akhirnya kembali ke toko online lagi tahun 2010. Allah paring jadi PT tahun 2011. Tahun 2012 kembali ke adsense dan kena banned uang sekitar $6000 melayang. Dan bangun lagi toko online jilbab. Dan jilbab di matikan dan kembali ke Adsense lagi tahun 2013. Bangun toko dompet untuk istri lagi.

Coba amati tulisan saya di atas, sepertinya saya tidak konsisten dalam bisnis online. Namun hasil yang saya capai sekarang. Saya punya PT Anriz Global Connection yang bisa jadi penghasilan rutin tiap bulan, Usaha Toko Komputer juga jalan, Usaha Dompet Istri juga sudah punya 2 cabang, dan Adsense juga cair tiap 1 – 2 bulan sekali, dan blog juga menghasilkan dari tulisan orang lain di publish di website saya. Sekarang hampir tidak kerja tapi penghasilan tiap bulan tetap ada dan bisa untuk menyenangkan diri, dan keluarga.

Di saat internet belum terkenal seperti sekarang, saya harus berjuang sendiri hampir 4 tahun. Bukannya orang motivasi namun bisanya mencaci, saat saya butuh teman untuk berbagi namun yang lagi sama lari, di saat saya butuh dukungan namun ejekan yang datang dan banyak energi negatif yang saya jalani bertahun tahun. Bahkan saya harus mengorbankan kesehatan dan pendidikan untuk menggapai kesuksesan di Internet.

Dan sekarang banyak orang yang mendekat dan ingin belajar. Tapi saya juga pengalaman yang unik… Mungkin sudah ribuan orang yang saya motivasi untuk jadi pengusaha online. Namun banyak yang semangat di awal akhirnya saat saya kasih tugas tidak di kerjakan dan menyerah tidak lanjut lagi. Ada yang bilang bertele tele, ada juga Mutungan, ada juga yang tidak SABARAN , bahkan ada yang NGECAP SAYA PELIT DALAM BERBAGI ILMU INTERNET dan banyak sekali karakteristik yang belajar sama saya.. Perlu saya garis bawahi bahwa Ingin sukses itu tidak ada yang INSTANT. 🙂

Kalau mau sukses di Internet, jangan manja dan jangan instant serta jangan mutungan alias mudah menyerah. Jangan melihat saya sekarang nyaman dan enak, tiap hari jadi pengangguran namun punya penghasilan…. tapi lihatlah proses yang saya jalani selama bertahun tahun untuk menggapai sukses tersebut…

Semoga bisa jadi motivasi yang membaca tulisan ini… sebenarnya masih banyak yang ingin saya tuliskan…. tapi capek ketik karena bisa panjang banget nanti.. ketemu saja dan ngobrol bareng sambil ngopi lebih nyaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *