Home >> Tumbuhan >> Tanaman Hias >> Inilah Tanaman Kaktus Hias yang Terpopuler
Kaktus Hias
Kaktus Hias

Inilah Tanaman Kaktus Hias yang Terpopuler

Kaktus tergolong dalam tumbuhan yang bisa bertahan hidup dalam kondisi lingkungan yang kerin, panas, dan juga keekurangan air, habitat utama dari pohon kaktus yaitu di gurun pasir sehingga kaktus harus beradaptasi dengan lingkungan sekitar supaya bisa betahan hidup. Adapun cara beradaptasi pohon ini adalah dengan mempunyai daun yang berbentuk duri agar mengurangi penguapan dan juga mempunyai batang berlapis lilin yang berguna untuk mempertahankan kadar air yang ada pada batang tubuhnya. Selain itu batangnya juga disusun dengan jaringan spon untuk menyimpan cadangan air dan juga mmpunyai akar yang begitu panjang yang berguna untuk menyerap air dan unsur hara.

Kaktus mempunyai banyak varietas yang mempunyai batang dan juga bunga yang unik sehingga sampai saat ini kaktus banyak sekali dijadikan sebagai tanaman hias, dan di Indonesia ketenaran tumbuhan kaktus ini sebagai tumbuhan hias sebenarnya sudah lumayan lama. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pembudidayaan dan juga penjualan tumbuhan kaktus ini, tanaman kaktus hias mempunyai banyak jenis dan dari masing jenis jenisnya mempunyai keindahan dan juga keunikan masing masing. Dalam coretan kali ini kami akan membahas tentang beragam jenis kaktus hias yang terpopuler di dunia dan juga indah.

1. Ariocarpus

Ariocarpus
Ariocarpus

Ariocarpus termasuk kaktus yang unik, dikarnakan kaktus ini tidak mempunyai duri dibagian tubuhnya, tidak hanya itu kaktus ini juga mempunyai daun yang berbentuk prisma, ada yang berbentuk runcing tumpul dan juga melengkung. Daun kaktus ini begitu indah dengan beragam macam warna, dan warna bunga kaktus ini juga beragam seperti ungu, putih, pink, kuning, dan juga merah.

2. Astrophytum

Astrophytum
Astrophytum

Adapun kaktus jenis ini mempunyai batang yang mirip dengan buah belimbing dan kira kira kaktuas ini mempunyai jenis 100 lebih diseluruh penjuru dunia. Astrophytum adalah jenis kaktus yang gampang sekali berbunga, dan untuk membuatnya cepat berbunga yaitu dengan menaruh pada tempat yang panas dengan suhu sekitar 40oC akan tetapi jangan terlalu banyak terkena sinar matahari. Bunga yang dikeluarkan oleh kaktus ini sangat indah dan juga mempunyai berbagai macam warna ada yang berwarna merah, pink, dan lain sebagainya akan tetapi pertumbuhan kaktus ini sangat lambat.

3. Chepalocereus Senilis

Chepalocereus Senilis

Kaktus ini mempunyai julukan old man cactus dikarnakan bentuk dari kaktus ini mempunyai bentuk yang mirip seperti manusia yang seluruh badannya ditutupi oleh rambut panjang berwarna putih yang merip dengan ubannya orang tua. Rambut putihnya bisa mencapai kepanjangan sekitar 12 Cm, supaya kaktus ini bisa bertahan hidup dengan baik maka kaktus jeni ini harus ditempatkan ditempat panas yang mempunyai suhu sekitar 30o-40oC.

4. Echinocactus Grusonii

Echinocactus Grusonii
Echinocactus Grusonii

Kaktus ini sering disebut sebagai golden barrel yang berasal dari Meksiko dan Texas, keunikan ya ng dimiliki oleh kaktus echinocactus grusonii adalah bentunya yang sama seperti gentong besar. Banyak para pecinta kaktus Indonesia yang memelihara kaktus jenis ini dan mereka rela mengeluarkan uang dengan jumlah yang cukup besar demi mendapatkan kaktus yang berkualitas.

5. Echinofossulocactus

Echinofossulocactus
Echinofossulocactus

Kaktus ini memiliki batang yang mempunyai warna hijau tua dan terdapat duri tajam yang mengelilingi batang kaktus ini, kaktus jenis ini tergolong dalam kaktus yang lambat massa pertumbuhannya. Untuk mendapatkan bunga yang indah maka membutuhkan waktu sampai 3 tahun. Walaupun dalam jangka waktu yang cukup lama tapi bunga yang dihasilkan sangatlah memukau yang mempunyai beragam jenis warna berdasarkan jenis kaktus tersebut seperti Echinofossulocactus captonogonous yang mempunyai bunga berwarna putih, Echinofossulocactus telli yang mempunyai bunga dengan warna merah, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *