Home >> Teknologi >> Inilah Pengertian Selfie dan Sejarah Foto Selfie yang Harus Anda Ketahui

Inilah Pengertian Selfie dan Sejarah Foto Selfie yang Harus Anda Ketahui

Selfie merupakan jenis foto potret sendiri yang di ambil oleh diri sendiri dengan menggunakan kamera. Baik dengan kamera  digital ataupun kamera hp. Selfie ini biasa di sebut dengan foto diri sendiri, foto narsis. Istilah yang sering sekali di gunakan adalah untuk menyebut selfie di industry hiburn korea yaitu Selca yang merupakan kependekan dari self camera. Istilah dari selfie ini muncul dan juga di gunakan pertama kali pada tanggal 13 September 2002 di dalam sebuah forum internet di Australia. Karena kata selfie ini sangat popular, maka selfie ini tercantum dalam Oxford English Dictionary versi daring di tahun 2013.

Sejarah Foto Selfie

Pada saat melakukan selfie, pose yang paling banyak dan juga umum di gunakan yaitu yang bersifat kasual, baik pada saat menggunakan kamera yang di arahkan pada diri sendiri ataupun dengan bantuan pantulan cermin. Jarak jangkau pada foto selfie juga sangat terbatas, sehingga objek yang paling jelas dan juga yang paling nampak adalah fotografer itu sendiri ataupun beberapa orang yang bias di jangkau kamera. Dengan kemudahan yang di akibatkan dari perkembangan foto selfie, maka selfie saat ini sudah menjadi sebuah budaya yang baru dan juga sangat popular. Banyak sekali orang yag bilang kalau foto selfie ini merupakan budaya popular yang modern, tapi yang sebenarnya foto selfie ii sudh pernah di lakukan dan juga sudah ada sejak dahulu.

Sejarah Selfie

Awal mulanya foto selfie ini di temukan oleh Robert Cornelius yaitu seseorang yag berkebangsaan Amerika dan juga seorang perintis di dalam dunia fotografi. Dia membuat ekspresi dirinya pada tahun 1839 yang di mana salah satu dari foto seseorang yang pertama kali. Tapi karena proses fotonya sangat lambat, maka dia mengungkap lensa yang mengalami tembakan selama satu menit ataupun lebih, kemudian dia mengganti dengan penutup lensa.

Debut pertama portable kotak kamera di mulai pada tahun 1900 yang menyebabkan teknik fotografi diri sendiri ii menjadi luas. Metode ini biasanya menjadi media cermin untuk menstabilkan kamera, baik pada objek dekat ataupun pada tripot pada saat framing yang melalui viewfinder di bagian atas otak.

Foto Selfie

Fenomena dari foto selfie ini ada di mana-mana, dan juga banyak sekali cemooh sebagai symbol narsisme. Tapi baru-baru ini, paa kritikus seni sedang mencoba berfikir ulang dan juga menempatkan tren yang baru ini dalam konteks sejarah seni. Foto selfie ini sudah menjadi hal yang mutlak di dalam era yang di sebut dengan narsisme dan juga tampak dari semua orang melakukannya, bahkan presiden Obama dan juga menterinya juga melakukan pada saat pemakanan nelson mandela. Tapi apakan foto selfie ini merupakan sebuah seni? Menurut kritikus seni jawabannya yaitu iya. Banyak sekali karya seni yang bergambar potret diri sendiri yang sangat terkenal yang di buat oleh pelukis legendaris seperti Rembrandt dan juga Van Gogh. Meskipun dengan demikian, kemuculan pada fenomena foo selfie ini bukannya tanpa sebab. Di tahun 1935 seniman belanda yang bernama M. C Escher sempat membuat potret dirinya sendiri yang di beri judul “Tangan Dengan Bola Refleksi“. Karya ini serupa dengan foto selfie yang memuat ciri-ciri yang sama dengan foro selfi masa kini. Sejarawan seni yaitu James menggambarkann kegilaan cermin pada jaman medieval, yang mana banyak sekali orang yang terobsesi dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan ilmu dan juga symbol cermin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *