Home >> Dunia >> Inilah Jembatan Suramadu, Jembatan Terpanjang di Asia Tenggara
Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu

Inilah Jembatan Suramadu, Jembatan Terpanjang di Asia Tenggara

Jika ingin main ke kota surabaya, jangan hanya main ke tugu pahlawan. Pada pasalnya kota surabaya ini tidak hanya ada tugu pahlawn saja, sekarang surabaya mempunyai jembatan terpanjang, tidak hanya di indonesia saja tapi juga terpanjang di asia tenggara yang menghubungkan surabaya dan juga madura. Jembatan ini di namakan jembatan suramadu karena menghubungkan surabaya dan madura. Panjang jembatan yang melintasi di selat madura yang mencapai 5.438 meter dan juga kini tidak hanya berfungsi untuk menghubungkan dua pulau, yaitu jawa dan juga madura. Tetapi telah menjadi alternatif tujuan wisata yang baru di surabaya. Dengan adanya jembatan ini di harapkan mampu untuk meningkatkan perekonomian kedua daerah, terutama daerah madura. Karena madura ini juga memiliki sejumlah pesona alam yang dapat di kembangkan menjadi pariwisata.

Ide untuk mengadakan jembatan ini sebenarnya terlah berlangsung lama, yang di mulai pada tahun 1960 1n. Pada saat itu salah satu guru besar ITB mengusulkan untuk menghubungkan pulau jawa dengan pulau sumatera yang di sambut baik dengan kalangan dengan di buat desain jembatan pada tahun 1965. Ide ini kemudian menular pada presiden soeharto yang juga ingin membuat jembatan untuk menghubungkan bukan hanya jawa ke sumatera saja. Tapi juga ingin menghubungkan jawa ke bali dan juga jawa ke madura. Pada saat itu B. J. Habibie menjabat sebagai menteri negara riset dan juga teknologi yang di minta untuk mengkaji pembangunan tiga jembatan. Dari kajian itu ada yang perlu di ketahui bahwa jembatan yang paling mumpuni untuk di bangun dahulu yaitu jembatan jawa ke madura. Ini di karenakan ada beberapa kendala untuk membangun dua jembatan yaang lainny, yaitu dana yang besar dan juga teknilogi yang mumpuni serta dapat merusak habitat burung jalak yang ada di bali.

Keindahan Jembatan Suramadu
Keindahan Jembatan Suramadu

Ide untuk membangun jembatan suramadu akan terus di kembangkan, sehingga pada masa kepemimpinan B. J. Habibie melalui keputusan presiden. Pembebasan pada lahan juga di mulai di lakukan dengan baik di  sisi surabaya maupun kamal, madura, meskipun  masih belum menampakkan bentuk fisik pada jembatan. Konstruksi jembatan dengan lebar yang mencapai 30 meter ini menyerupai jembatan golden gate yang berada di san fransisco, AS. Jembatan Nasional Suramadu ini menyediakan empat jalur dua arah yang lebarnya 3.5 meter dan juga lajur darat yang lebarnya 2.75 meter. Ada juga lajur khusus bagi pengendara motor yang berada di luar sisi jembatan.

Jembatan suramadu ini terdiri dari tiga bagian. Jalan layang yang berfungsi untuk menghubungkan jembatan dengan jalan darat yang di kedua sisinya melalui perairan dangkal. Jalan ini mempunyai 36 bentang dengan panjang yang mencapai 1.458 meter dari sisi surabaya dan juga 45 bentang dengan panjang yang mencapai 1.818 meter disisi madura. Sedangkan jembatan penghubung ini terbagi menjadi 2 bagian dengan panjang masing-masing mencapai 672 meter. Dan yang terakhir adalah jembatan utama yang terdiri dari 3 bagian, yaitu dua bentang samping dengan panjang 192 meter dan juga satu bentang utama yang memiliki panjang 434 meter.

Jembatan nasional suramadu ini tidak hanya menampilkan kemegahan kontruksinya, tapi memiliki pemandangan yang tidak kalah menakjubkan. Lampu yang menghiasi jembatan ini di malam hari menjadi pilihan untuk photografer dan mengabadikan. Untuk melintasi jembatan ini anda harus bayar 30.000 untuk roda empat, tapi kalau untuk roda dua membayar 3.000. Jika menggunakan roda dua, anda harus berhati-hati karena anginnya sangat kencang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *