Home >> Pengetahuan >> Inilah Fenomena Alam yang Jarang Ditemui
Fenomena Alam Aurora
Fenomena Alam Aurora

Inilah Fenomena Alam yang Jarang Ditemui

Alam memanglah memiliki berbagai hal-hala unik dan juga menarik yang dapat membuat banyak orang menjadi tertarik untuk melihatnya dan juga mengabadikan momen yang mungkin sangat jarang kita temui ini. Dan berikut kami akan memberikan beberapa fenomena alam yang unik dan membuat kita merasa kagum dan juga keheranan.

Snow Donuts

Fenomena Alam Snow Donut
Fenomena Alam Snow Donut

Apabila anda melihat kejadian ini pasti anda akan mengira bahwa ini adalah hasil perbuatan manusia, tapi ternyata tidak, fenomena snow donuts merupakan murni terjadi karena alam. Awalnya bongkahan salju itu berbentuk seperti bola salju pada umumnya, akan tetapi karena tiupan angin yang sangat kuat, bola salju akan berguling dan membentuk fenomena alam yang disebut snow donuts. Seperti layaknya donat, terdapat lubang pada bagian tengah dari bola salju ini seperti donat.

Light Poles

Light Poles
Light Poles

Merupakan sebuah fenomena alam yang berbentuk cahaya di langit menyerupai sebuah pilar atau tiang-tiang. Meski terlihat sangat menakjukan dan tidak masuk akal, semua fenomena alam pasti memiliki penjelasan ilmiah tersendiri. Ini terjadi karena adanya pantulan cahaya pada Kristal es yang ada di langit malam. Dan untuk dapat melihat fenomena ini kita harus berada di tempat yang suhunya kurang dari 10 derajat celcius, karena hal tersebut yang dapat memunculkan Kristal-kristal es di langit saat malam hari.

Fire Whirls

Fenomena Alam Fire Whirl
Fenomena Alam Fire Whirl

Fenomena alam ini sering disebut dengan fire tornado, fire devil, atau fire whirls ini merupakan sebuah fenomena alam yang sangat menakjubkan, karena api berputar naik dan membentuk sebuah pusaran api yang mengerikan. Biasanya pusaran api ini akan terjadi apabila terdapat angin tornado yang berdekatan dengan lokasi terjadi kebakaran hutan. Dan ini merupakan fenomena yang sangat berbahaya karena dapat merusak apapun yang ada di sekelilingya.

Fire Rainbows

Fenomena Alam Fire Rainbow
Fenomena Alam Fire Rainbow

Pelangi api atau fire rainbow merupaka salah satu fenomena alam yang terjadi karena cahaya matahari bertemu dengan Kristal es yang berada di awan cirrus (awan tipis yang panjang). Namun tidak dapat setiap waktu fenomena ala mini dapat terjadi, karena ini hanya terjadi ketika cahaya matahari bertemu di sudut tertentu sehingga dapat menghasilkan sebuah pelangi yang berwarna seperti api. Dan hanya bisa terjadi ketika matahari sedang berada pada posisi tertinggi dan Kristal es menghadap ke bawah.

Aurora

Fenomena Alam Aurora
Fenomena Alam Aurora

Mungkin kalian sudah pernah mendengar mengenai fenomena alam   yang satu ini, aurora merupakan fenomena alam yang berbentuk cahaya-cahaya indah di langit dan hanya dapat kita lihat dari daerah dataran tinggi. Penjelasan mengenai terjadinya peristiwa ini adalah karena adanya magnetosfer (daerah di angkasa yang penuh dengan medan magnet) yang terhanggu oleh angin dan juga matahari. Sehingga partikel-partikelnya membelok dan menyebabkan reaksi partikel antara atmosfer.  Dan reaksi itulah yang menimbulkan berbagai warna pada aurora.

Volcanic Lightning

Fenomena Alam Volcanic Lightning
Fenomena Alam Volcanic Lightning

Mungkin kita hanya melihat petir saat terjadi badai atau sedang hujan deras. Lalu bagaimana jika anda melihatnya di saat gunung meletus? Hal ini pernah menjadi viral di youtube karena sangat menakjubkan dan juga sangat langka ini. Fenomena ini terjadi karena adanya tiang erupsi yang terjadi di kawah gunung berapi. Material yang tersusun dari debu vulkanik, pasir, dan juga bebatuan ini akan bertabrakan dan tentunya akan menghasilkan listrik statis ditambah denga suhu yang panas akan membuat listrik mengalami loncatan listrik dalam jumlah besar.

Lenticular cloud

Fenomena Alam Lenticular Cloud
Fenomena Alam Lenticular Cloud

Peristiwa ini memang merupakan suatu fenomena yang sangat unik dan menakjubkan karena terdapat sekumpulan awan terlihat menjadi satu dan menyerupai piring raksasa yang bertumpuk-tumpuk.

itulah sedikit info mengenai beberapa fenomena alam yang unik dan sangat menakjubkan dan sangat jarang terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.