Home >> Kesehatan >> BPJS Ketenagakerjaan >> Inilah Cara Pindah Status Anggota BPJS Ketenagakerjaan dari Mandiri ke Perusahaan

Inilah Cara Pindah Status Anggota BPJS Ketenagakerjaan dari Mandiri ke Perusahaan

Negara Indonesia mewajibkan bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk mendaftarkan dirinya dalam satu kartu keluarga agar menjadi anggota BPJS kesehatan. Dalam pandaftaran BPJS terdapat 3 kategori, berikut : bisa melalui jalur PBPU/Mandiri, PBI, dan PPU.

Anda bisa menjadi seorang anggota PPU bila memang anda bekerja di salah satu pegawai perusahaan itu dan memang harus bertanggung jawab di perusahaan tersebut. Adapun pendaftaran melalui jalur PPU akan dilakukan oelh perusahaan itu sendiri, bagi anda khusus yang memang sebelumnya pernah menjadi peserta mandiri maka diri anda dapat dipindahkan status dari mandiri menuju perusahaan.

Cara Pindah Status Anggota BPJS Ketenagakerjaan

Salah satu cara untuk pindah dari status PBPU ke PPu adalah dengan menyiapkan : Foto 3×4, Kartu Keluarga, KTP, dan BPJS anda, serahkan semua itu kepada HDR perusahaan tersebut yang memang bertugas untuk mendaftarkan para pegawai agar menjadi anggota BPJS PPU, jika memang anda selesai maka semua iuran akan di tanggungkan sebagian dari perusahaan.

Di balik semua itu ada juga beberapa perusahaan  yang mempersulit untuk pindah status dengan alasan NIK yang sudah terdaftar, jika memang hal ini terjadi maka anda bisa melaporkan hal ini kepada pihak BPJS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *