Home >> Tumbuhan >> Inilah Beberapa Pohon Tertua Di Dunia
Pohon Tertua Di Dunia
Pohon Tertua Di Dunia

Inilah Beberapa Pohon Tertua Di Dunia

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai beberapa pohon tertua yang tumbuh di dunia ini. Pohon merupakan salah satu tumbuhan organisme tertua di dunia yang indah ini. Pohon sendiri juga sebagai salah satu yang membuat planet bumi ini menjadi lebih terlihat indah dan segar. Sejak dulu hingga sekarang kemungkinan terdapat 50 jenis pohon yang pernah tumbuh di dunia ini. Namun sesuai berjalannya waktu, populasi dari berbagai jenis pohon tersebut sudah banyak yang punah, tetapi juga masih ada pohon – pohon tua yang ada di planet bumi ini.

Kenapa pohon tersebut dapat hidup tumbuh hingga puluhan hingga ratusan ? ternyata pohon tersebut dapat hidup hingga waktu yang lama karena terdapat beberapa faktor, salah satunya adalah karena sistem terkotak pembuluh dari pohon itu sendiri, dan juga bisa saja bila terdapat bagian dari pohon tersebut yang mati namun bagian yang lainnya masih dapat tumbuh berkembang.

Berikut Pohon – Pohon Tertua di Dunia :

1.Castagnu de Centu Cavadi – Mount Etna, Sisilia (Italia)

Pohon ini tumbuh di atas penggunungan Etna, Sisila (Italia). Pohon ini diperkirakan umurnya telah mencapai sekitar 2.000 sampai 4.000 tahun. Pohon ini juga sangat unik karena pohon ini tumbuh hidup di atas Gunung Etna, yang dimana gunung tersebut masih tergolong dalam gunung aktif. Selain itu, pohon ini juga memiliki nama yang cukup unik yaitu “Kastanye 100 Kuda”. Nama tersebut muncul karena konon setelah adanya 100 kesatria yang dilanda badai, dan kemudian para kesatria tersebut berteduh di pohon yang ada di atas Gunung Etna tersebut.

2.Jomon Sugi – Yakushima (Jepang)

Oleh masyarakan sekitar pohon ini diperkirakan berumur sekitar 2.000 tahun , namun setelah dilakukan penelitian ternyata pohon ini berumur sekitaran 5.000 tahun. Pohon ini menjadi salah satu warisan dunia UNESCO, dan pohon ini juga merupakan pohon tertua kedua di dunia.

3.Elia Bouybon – Kolymvari, Crete (Yunani)

Pohon yang teletak di Crete, Yunani ini merupakan salah satu pohon zaitun dari 7 pohon zaitun yang telah dipercaya memiliki umur sekitar 2.000 hingga 3.000 tahun. Meskipun mpohon ini tidak diketahui secara jelas umurnya, namun pohon ini merupakan salah satu pohon zaitu yang masih menghasilkan buah zaitun, yang dimana buah zaitu memiliki harga jual yang cukup mahal.

4.Patriarca da Floresta – Brazil

Pohon yang pernah tumbuh di hutan liar Brazil ini merupakan pohon yang memiliki umur sekitaran 3.000 tahun, dan masyarakat sekitar mempercayai pohon ini sebagai pohon suci. Namun pada saat ini populasi pohon ini terancam punah karena adanya penebangan liar yang terjadi di hutan Kolombia dan juga Venezuela (Brazil) tersebut. Pohon ini memiliki nama “Patriarca da Floresta” yang artinya adalah Kepala Keluarga dari Hutan.

5.Gran Abuelo – Cordillera Palada (Chilie)

Pohon yang termasuk pohon lokal dari pegunungan Ades ini sekarang berada di Taman Nasional Alerce Costero yang tepatnya di Negara Chilie. Banyak peneliti yang mengatakan bahwa pohon ini merupakan pohon kedua yang spesimennya memiliki umur terpanjang ke-dua di dunia, yaitu berumur 3.640 tahun.

6.Llangernyw Yew – Conwy (North Wales)

Pohon cemara yang tumbuh di pekarangan gereja Llangernyw ini, menurut para legenda ada roh kuno yang menempatinya dan roh kuno tersebut bernama Angelystor. Pohon ini diperkirakan memiliki umur sekitar 4.000 tahun. Pohon ini juga menyimpan cerita yang cukup menakutkan yaitu, konon pada setiap Halloween roh kuno Angelystor ini akan menyebut nama orang yang dimana orang tersebut akan meninggal di tahun tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.