Home >> Teknologi >> Smartphone >> Ini Dia Tips Mengehemat Baterai Smartphone Mu Tanpa Harus Repot-repot Download Aplikasi Dulu
Ingin Menghemat Daya Smartphone mu?
Ingin Menghemat Daya Smartphone mu?

Ini Dia Tips Mengehemat Baterai Smartphone Mu Tanpa Harus Repot-repot Download Aplikasi Dulu

Bagi kamu pengguna smartphone, pastilah sangat terganggu dengan dengan baterai yang sering habis. Smartphone memang dirancang untuk penggunaan daya yang besar. Tetapi tak menutup kemungkinan jika smartphonemu sering lobet dan membuat kamu harus sering charge. Dan jika kebiasaan itu sering dilakukan akan berdampak pada daya baterai kamu yang pastinya akan berkurang dan pasti akan rusak. Nah, untuk mengurangi kerusakan baterai tersebut kamu harus mensiasatinya tanpa harus sering men-charger smartphonemu. Dibawah ini adalah tips-tips yang akan saya berikan untuk dapat menghemat baterai smartphone mu.

Menghemat Daya Baterai Smartphone
Menghemat Daya Baterai Smartphone
  • Matikan Mode Getar

Memang mode getar sangat membantu kamu dalam mengingatkan jika sewaktu waktu ada panggilan. Tapi sinyal getar dapat menguras mode daya baterai kamu, dan membuat baterai kamu menjadi cepat habis. Maka dari itu, matikanlah mode getar smartphone mu jika kamu menginginkan agar baterai smartphone mu tetap awet dan tidak mudah habis.

Matikan Mode Getar
Matikan Mode Getar
  • Rendahkan Brightness Dilayar Smartphone mu

Bukan hanya mode getar saja yang dapat membuat baterai smartphone mu mudah lobet atau cepat habis. Ternyata layar smartphonelah yang banyak sekali menghabiskan daya baterai. Untuk itu, kamu harus mengurangi konsumsi daya yang kamu pakai. Setting cahaya layarmu dengan cahaya yang cukup. Jangan terlalu terang karena juga dapat merusak matamu, begitupun jangan pula terlalu gelap. Selain itu kamu juga bisa menggunakan pengaturan beradaptasi untuk mengatur kondisi cahaya smartphone mu.

Reendahkan Cahaya Layar Smartphone mu
Reendahkan Cahaya Layar Smartphone mu
  • Persingkatlah Waktu Stand-by layar Smartphone

Nah, layar  HP menggunakan daya baterai yang sangatlah boros. Maka dari itu persingkatlah waktu time out dalam smartphone mu dengan mengaturnya menuju waktu yang paling cepat.

  • Isi Baterai mu secara Tepat guna

Apakah kamu sudah mengetahui bahwa baterai memiliki dua tipe, yaitu baterai lithium dan juga baterai nickel. Dari kedua baterai tersebut, baterai nickel lebih tahan lama daripada baterai lithium. Jika  baterai ponselmu merupakan baterai nickel maka charger smartphone mu sampai full saat daya bateraimu tersisa sedikit saja. Tapi jika ponselmu memiliki baterai lithium, maka kamu harus sesering mungkin charger smartphone mu agar kapasitas aslinya bisa bertahan.

  • Matikan Wifi,Bloetooth, dan Paket Data Saat Tidak Kamu Gunakan

Matikan koneksi smartphone mu jika tidak kamu matikan. Hal tersebut akan membuang daya bateraimu dengan percuma. Hidupkanlah jika memang kamu membutuhkannya, dan matikan jika kamu tidak menggunakannya.

  • Tutuplah Semua Aplikasi Jika Sudah Tidak Digunakan

Mungkin kamu sering kelupaan atau malas menutup aplikasi yan baru saja kamu gunakan. Nah, hal tersebut yang membuat daya bateraimu terbuang dengan sia-sia. Dan jika kamu adalah pengguna android, maka yang perlu kamu lakukan adalah tap tombol multitasking dan swipe aplikasi yang tidak kamu gunakan. Dengan begitu baterainya pasti akan awet.

  • Buatlah Home Screen Sesimpel Mungkin Tanpa Menggunakan Widget Terlalu Banyak

Apakah kamu adalah tipe orang yang suka keramaian termasuk keramaian  widget yang kamu pasang di home screen mu. Sadarkah kamu bahwa hal tersebut dapat menguras daya baterai. Jadi lebih baik sisihkan widget yang tidak kamu gunakan, agar daya bateraimu nanti tidak cepat terkuras habis. Bagi kamu yang tidak ingin daya bateraimu cepat terkuras habis, maka jangan memasang wallpaper animasi, karena hal tersebut menguras banyak daya baterai. Jadi jika ingin daya bateraimu tetap awet, matikanlah live wallpaper lalu gunakanlah wallpaper biasa yang tidak bisa bergerak.

Itu dia hal-hal yang harus kamu hindari jika kamu ingin memiliki daya baterai yang awet.

Sekian artikel dari kami, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *