Home >> Inspirasi >> Ingin Memiliki Anak Yang Hormat Pada Orang Tua? Ini Dia 5 Tips Mendidik Anak Agar Anak Lebih Menghormati Orang Tuanya
Mendidik Anak Aset Masa Depan
Mendidik Anak Aset Masa Depan

Ingin Memiliki Anak Yang Hormat Pada Orang Tua? Ini Dia 5 Tips Mendidik Anak Agar Anak Lebih Menghormati Orang Tuanya

Memang anak adalah sebuah anugrah yang besar yang telah diberikan Allah. Anak adalah titpan yang harus dijaga dan dididik supaya menjadi orang yang baik. Namun kebanyakan anak jaman sekarang kurang bisa menghormat pada orang yang lebih tua termasuk orang tuanya sendiri. Nah, maka dari itu supaya anak menjadi seseorang yang baik nantinya, orang tua harus bisa mengerjakan tanggung jawab tersebut dengan baik. Anak bisa diibaratkan seperti selembar kertas yang putih, dan apa yang akan mengisi lembar putih itu tergantung dari didikan orang tuanya. Kertas itu akan menjadi berharga jika orang tuanya juga menjaganya dengan baik, tetapi kertas putih itu juga bisa menjadi sampah jika orang tuanya tidak bisa merawat kertas tersebut.

Cara mendidik Anak Yang Baik
Cara mendidik Anak Yang Baik

Masa depan anak tergantung dari didikan orang tuanya. Anak bisa saja menjadi kebanggan jika sang orang tua mendidik dengan baik. Anakpun bisa menjadi jalan kesengsaraan oranng tua jika orang tua gagal mendidik sang anak tersebut. Nah, semua orang tua pastilah mendambakan memiliki seorang anak yang baik, yang dapat memabanggakan orang tuanya, yang dapat menjadikan orang tuanya menjadi orang yang paling bahagia didunia. Maka dari itu saya akan memberikan tips mendidik anak supaya sang anak memiliki sopan santun dan bisa berbakti pada orang tuanya.

  1. Hormatilah kebaikan yang dilakukan sang anak

Tidak  hanya anak saja yang harus menghormati orang tua, tetapi orang tua juga harusnya bisa menghormati dan menghargai apapun yang dilakukan oleh anak. Ingatlah bahwa hidup merupakan timbal balik, jadi jika kalian ingin dihormati maka hormatilah orang lain tak luput anakpun juga harus dihormati. Berusahalah menghargai hal baik yang anak kerjakan, dengan begitu didalam diri sang anak akan tumbuh sifat selalu menghargai dan menghormati orang lain.

  1. Perlakukan anak dengan baik, seperti kalian ingin diperlakukan seperti itu juga nantinya

Suatu saat nanti jika sudah tua pastilah harapan terakhir kalian adalah pada anak kalian. Pastilah kalian akan membutuhkan sang anak suatu hari nanti, maka dari itu jika kalian ingin diperlakukan baik oleh anak kalian nanti, maka hal yang harus anda lakukan sejak sekarang adalah memperlakukan anak dengan baik. Jika kalian memperlakukan anak dengan baik, maka anak juga akan selalu mengingat jasa kalian, dan pastilah hatinya akan tergerak untuk berbuat pada kalian. Itulah merupakan salah satu cara terbaik untuk mendidik anak, supaya menjadi anak baik saat ini dan nanti.

  1. Bersikaplah tegas dan katakan alasan anda berbicara seperti itu

Bersikap tegas bukan berarti membentak atau melakukan kekerasan. Tetapi bersikap tegas adalah meyakinkan bahwa hal yang dikerjakan itu tidak benar. Dan jangan lupa memberikan alasan kenapa anda melakukan itu semua supaya sang anak bisa berpikir dan bisa membedakan mana yang salah dan mana yang benar.

  1. Minta maaflah pada sang anak jika anda melakukan kesalahan

Jangan merasa gengsi untuk meminta maaf pada sang anak jika kalian melakukan kesalahan yang tidak disengaja ataupun yang disengaja. Itu adalah cara mendidik anak supaya bisa menghargai orang lain.

  1. Berusaha menjadi orang tua yang bisa konsisiten

Konsisten disin adlah konsisten dalam segala hal baik berkata maupun bertingkah laku. Misalkan jika kalian menetapkan peraturan 1 maka kalian juga harus menetapi peraturan tersebut. Jangan pernah menjadikan peraturan sebaga permainan, jika tidak sang anak akan meremehkan peraturan-peraturan tersebut. Maka dari itu kekonsistenan disini sangatlah dibutuhkan untuk menjadikan kepribadian yang baik pada anak nantinya.

Sekian artikel dari kami, semoga bermanfaat!

About Lina Istiqomah

Mimpimu hari ini akan menjadi kenyataan di hari esok. Inilah prinsip yang saya pegang sampai sekarang dan memacu semangat saya supaya terus berkembang..Tetap semangat jadi yang terbaik diantara yang baik baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *