Home >> Buah Buahan >> Hey Guys, Ketahui Yuk Tentang Durian Merah
Buah Durian Merah Unik Khas Banyuwangi
Buah Durian Merah Unik Khas Banyuwangi

Hey Guys, Ketahui Yuk Tentang Durian Merah

Siapa sih yang tidak suka dengan buah durian? Pastinya, peminat buah ini sangat banyak. Pada umumnya, buah ini mempunyai bau khas yang harum dan berkulit tajam, dan mempunyai daging buah yang berwarna kuning atau putih. Diantara berbagai jenis buah durian yang biasa kita kenal, ada salah satu buah durian yang menurut kalian aneh yaitu Buah Durian Merah. Buah ini berbeda dengan buah durian lainnya, karena buah durian merah ini memiliki daging buah yang berwarna merah asli dan surganya buah durian merah ini ada di kota Banyuwangi.

Nikmatnya-Durian-Merah-Khas-Banyuwangi
Nikmatnya-Durian-Merah-Khas-Banyuwangi

Durian Merah atau Duren Abang ini bisa kita jumpai di Desa Kamiren Banyuwangi, Jawa Timur. Ternyata buah durian merah ini menjadi salah satu buah khas didaerah Jawa Timur khususnya Banyuwangi. Banyak orang yang suka buah durian, baik dari Jawa Timur maupun dari luar daerah Jawa Timur yang rela untuk menikmati buah durian merah. Untuk mencicipi durian langka ini, harus rela untuk blusukan mencari atau pesan terlebih dahulu ke para petani durian merah. Pohon merah masih tergolong langka di Banyuwangi. Selain kita harus sabar berburu durian merah kita juga harus merogoh kantong dalam-dalam. Karena buah durian merah dihargai sebesar Rp 250.000 sampai 450.000. Tidak heran kalau durian ini dijuluki sebagai durian ningrat, karena tidak semua orang bisa menikmati buah langkah khas Bayuwangi ini.

Durian yang nama latinnya Durio Graveolens ini memiliki ciri daging buah yang berwarna merah. Berbeda dengan buah durian lainnya, biji durian merah ini lebih kecil dan daging buahnya juga lebih tebal dan manis. Kadar alkoholnya lebih rendah dan aroma buahnya juga lebih menyengat. Bentuk ukuran buah durian merah ini berukuran sedang atau sedikit lebih kecil dibanding durian lain. Warna kulit buah merah ini berbeda juga dengan buah durian lainnya yaitu berwarna kuning.

Cara hidup durian ini sama seperti buah durian lainnya yaitu tumbuh di daerah tropis dengan ketinggian kurang elbih 800 meter diatas permukaan laut. Tetapi waktu berbuahnya durian erah ini tidak menentu, tidak bisa dipastikan kapan durian merah ini berbuah. Buah durian ini hanya berbuah sekali dalam setahun.

Awal pengembangan durian merah yaitu dilakukan sejak tahun 2007 dan hanya 3 pohon saja yang produktif. Tetapi pada saat tahun 2014 sudah ada 200 pohon durian merah yang bisa dipanen tiap tahunnya. Penyebaran pohon durian merah ini ada di 5 kecamatan yaitu kecamatan Songgon, Glagah, Kalipuro, Licin, dan Giri. Untuk durian merah ini juga dikembangkan di Blitar Selatan, Bogor, dan Bandung.

Pada saat budidaya durian merah harus membutuhkan waktu antara 7 sampai 12 tahun sampai bisa dipanen buahnya. Untuk pelestarian durian merah yang ada di Banyuwangi ini dilakukan dengan cara penanaman bibit baru durian, kalau untuk pengembangan bibit durian merah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Percepatan bibit durian merah ini dilakukan dengan cara menyambung batang idnuk durian biasa dengan batang durian merah. Dengan melakukan cara ini bisa mempercepat pohon durian berbuah dari 12 tahun menjadi 5 tahun. Selain itu percepatan di dalam menanam dilakukan dengan cara pohon durian besar disisipi dengan bibit durian merah. Dengan cara penanaman seperti ini maksimal 3 tahun sudah bisa di panen. Harga buah durian per buahnya juga lumayan paling murah sekitar Rp 120.000 sampai Rp 300.000.

Ada beberapa jenis bibit durian merah yang sesuai dengan tinggi bibit. Untuk bibit durian merah yang tingginya sekitar 30 cm, harganya berkisar Rp 75.000, untuk bibit yang tingginya diatas 60 cm sampai 1 meter sekitar Rp 200.000. Untuk tingginya yang lebih dari 1,5 meter harganya Rp 1,5 juta.

Pohon-Durian-Merah
Pohon-Durian-Merah

Asal Usul Durian Merah

Mengenai asal usul Durian Merah ini masih simpang siur. Banyak alasan munculnya durian merah di Banyuwangi, warna merah dari daging buah durian ini ada dugaan yang disebabkan karena perkawinan silang antar varietas dan termasuk faktor genetis.

Dan ada juga yang bilang kalau durian ini dulunya makanan raja-raja. Sehingga mereka saling bertukar buah dan ditanam disini. Dan waktu itu ada perkawinan silang yang terjadi sehingga ada warna merah di daging duriannya.

Keistimewaan Durian Merah Banyuwangi

Di Indonesia, durian merah juga ditemukan diberbagai daerah. Berikut ini beberapa keistimewaan dari durian merah:

Dari rasanya durian merah ini memiliki aroma yang harum dan rasa yang enak. Memang ukuran durian merah dari Banyuwangi ini relative kecil dibandingkan dengan durian biasa, beratnya mksimal hanya 2 kg. Meskipun kecil daging durian merah ini lebih tebal dan lembut karena bijinya juga lebih kecil dari durian biasa.

Kelezatan durian merah ini sangat ideal untuk pertumbuhan buah durian. Durian Merah Banyuwangi tumbuh maksimal karena mendapat sinar matahari, nutrisi garam dari air laut yang mendapat hembusan angin dan juga kandungan sulfur yang melimpah dari Gunung Ijen dan Gunung Raung yang terlarut di aliran sungai dan tanah. Dengan kondisi yang seperti inilah yang bisa menghasilkan rasa khas pada durian merah yang ada di Banyuwangi.

Kandungan vitamin durian merah yang ada di Banyuwangi ini lengkap dibandingkan durian putih atau kuning yang hanya mengandung karbohidrat dan glukosa. Vitamin pada durian merah ini terdiri dari fitosterol yang mendorong relaksasi, fitohormon yang bisa mencegah penuaan dini. Sealin itu, serat yang ada di dalam durian kmerah ini bisa mengatasi sembelit, kandungan potassium dan kalsium juga bermanfaat untuk kesehatan persendian dan tulang. Vitamin C yang ada didalamnya juga berfungsi sebagai antioksidan dan ati penuaan dini dan juga meremajakan kulit. Kadar alkohol durian merah ini juga lebih rendah.

Durian Merah Khas Bnayuwangi
Durian Merah Khas Bnayuwangi

Cara Makan Durian Merah Tanpa Mabuk

Tidak jarang orang yang merasakan sakit kepala setelah memakan durian merah ini. Keluhan itu terjadi dan juga bisa memicu rasa trauma. Tetapi kalau mabuk durian bisa ditangani kalau tau caranya. Buah durian yang membuat kepala pusing atau mual yaitu buah durian yang usianya lebih dari 6 jam setelah dipetik atau jatuh dari pohonnya. Kalau lebih dari 6 jam, vitamin durian akan berkurang dan tidak memiliki khasiat untuk tubuh.

Setelah 6 jam, enzim yang ada di dalam durian akan menghasilkan alkohol. Sehingga itulah yang membuat orang yang makan durian pasti mengalami pusing kepala atau kepala terasa berat. Buah yang dijuluki Queen of Fruits ini mengandung zat yang bisa menetralisir alkohol yang ada pada buah durian. Dua buah ini saling menolong, karena itulah musim panen manggis selalu bersamaan dengan durian yang dijuluki King of Fruits. Air bilasan dari kulit dalam durian juga bisa mengatasi mabauk durian. Di dalam kulit durian juga mengandung antidot yang berupa lilin yang bisa larut dengan air. Larutan ini bisa diminum untuk menetralisir alkohol yang ada di dalam durian yang sudah kalian makan. Caranya yaitu gosok beberapa kali bagian dalam kulit durian dan campur dengan air minum. Di dalamnya terkandung antidot untuk melawan racun yang ada pada tubuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *