Home >> Pengetahuan >> Hewan Terbesar di Dunia yang Paling Menggemparkan
Hewan Terbesar di Dunia

Hewan Terbesar di Dunia yang Paling Menggemparkan

Di dunia ini memang terdapat beberapa hewan yang mempunyai ukuran tubuh raksasa, misalnya jerapah, anaconda, badak, gajah, dan masih banyak lagi. Namun, juga terdapat beberapa hewan yang mempunyai ukuran tubuh yang kecil atau biasa saja, ditemukan dengan mmepunyai ukuran tubuh raksasa atau dengan kata lain melebihi ukuran dari normalnya.

Sebagian penemuan hewan raksasa pernah menggemparkan dunia. Berikut inilah beberapa penemuan hewan raksasa yang pernah menggemparkan dunia, yang membuat anda akan susah untuk mempercayainya :

1. Goliath Tigerfish

Goliath Tigerfish ataupun Mbenga (Hydrocynus goliath) adalah ikan predator raksasa yang pernah ditemukan di sungai Kongo, Afrika. Ikan ini biasanya disebut juga dengan “Piranha raksasa Afrika”, karena memiliki bentuk gigi yang sangat tajam. Bahkan, ikan ini dikabarkan pernah menyerang manusia dan mampu untuk memangsa buaya.

2. Hiu Paus

Hiu paus atau whale shark (rhincodon typus), merupakan hiu pemangsa plankton yang merupakan jenis ikan terbesar. Hiu ini adalah satu – satunya anggota dari genus rhincodon dan keluarganya, rhincodontidae (disebut rhinodontes sebelum tahun 1984), yang masuk kedalam subkelas elasmobranchii pada kelas chondrichthyes. Hiu ini biasanya dapat ditemukan di samudra tropis yang hangat serta tinggal di dalam laut. Jenis ikan ini diyakini berasal kira – kira 60 juta tahun lalu.

3. Penyu Belimbing

Penyu belimbing (Dermochelys coriacea) merupakan spesies penyu raksasa dan merupakan satu – satunya jenis dari suku Dermochelyidae yang masih hidup di dunia ini. Penyu ini adalah penyu terbesar yang terdapat di dunia serta juga penjelajah handal dari lautan. Penyu belimbing dapat mencapai ukuran panjang sampai 3 meter dengan berat dewasa mencapai sekitar 900 kilogram.

4. Ikan Lele

Ikan lele biasanya disebut juga dengan Wels Catfish. Ikan lele dapat tumbuh sampai mencapai 2,2 meter serta berat 180 kilogram. Beberapa bendungan di kawasan Eropa adalah tempat kesukaan ikan besar ini. Dari abad pertengahan, monster air tawar ini selalu digambarkan bahwa dapat menelan seseorang dalam keadaan hidup – hidup.

5. Kelelawar

Kelelawar terbesar ini mempunyai nama The Giant golden-crowned flying fox, yang memiliki nama latin Acerodon Jubatus. Kelelawar ini mempunyai lebar sayap mencapai 1,5 sampai 1,7 meter serta beratnya mencapai 0,7 sampai 1,2 kilogram. Jenis kelelawar tersebut merupakan spesies yang terancam punah serta kelelawar jenis ini merupakan satwa endemik yang hanya dapat ditemukan di daerah Filipina saja.

6. Lipan

Kelabang maupun lipan umumnya hanya mempunyai ukuran seperti jari kelingking manusia saja, namun ternyata ada juga lipan yang memiliki ukuran raksasa. Lipan ini didapatkan oleh petani di Thailand.

7. Kepiting Raksasa

Kepiting terbesar yang terdapat di dunia disebut dengan Crab Kong berhasil ditangkap oleh seorang pelayan yang berasal dari Jepang. Kepiting raksasa tersebut tergolong dalam family colossus crustasean bergaris tengan 3 meter tersebut ditemukan di daera Heda di teluk Suraga di sebelah barat Tokyo, Jepang.

8. Ikan Pari Air Tawar

Ikan pari air tawar raksasa tersebut didapatkan di Sungai Mae Klong, Thailand serta memiliki panjang mencapai 14 kaki, lebar sekitar 8 kaki dengan berat mencapai 600 sampai 800 ton.

9. Cacing Tanah

Cacing jenis ini disebut juga dengan “Giant Gippsland” yang dapat dijumpai di sekitar daerah Gippsland, Australia. Cacing tanah ini mempunyai panjang kalau direntangkan dapat mencapai 2 meter dengan ketebalannya mencapai 2,54 centimeter.

10. Buaya Air Asin

Buaya air asin raksasa tersebut dijumpai di Filipina. Buaya tersebut mempunyai panjang mencapai 6 meter serta bobot yang mencapai lebih dari 1.000 kilogram. Buaya raksasa ini ditangkap pada September tahun 2011 lalu dan masuk ke dalam Guinnes World Records sebagai buaya raksasa terbesar yang ada di dunia, namun, sekarang buaya tersebut telah mati karena sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *