Home >> Binatang Peliharaan >> Burung >> Harga Sarang Walet Terbaru

Harga Sarang Walet Terbaru

Sarang dari burung walet diketahui memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Untuk mendapatkan sarang walet ini juga perlu usaha yang tidak mudah yang menjadikan sarang walet memiliki harga yang tinggi.

Sarang walet biasanya diperoleh dari pengepul yang memburu sarang-sarang walet di gua-gua alam, dan ada juga sarang walet dari hasil budidaya seperti di gedung yang dikenal dengan sebutan rumah walet.

Sarang walet tersusun dari air liur walet yang terkadang ada campuran lain seperti bulu-bulu dari burung walet itu sendiri, rerumputan, lumut dan lain sebagainya. Air liur walet ini lah yang mempunyai banyak sekali gizi dan protein yang sangat baik untuk tubuh.

Harga jual sarang walet sendiri dilihat dari berapa banyak kandungan air liur walet yang ada di dalamnya, karena ada beberapa jenis sarang walet yang memiliki kandungan air liur walet yang berbeda.

Sarang Walet

Semakin banyak kandungan air liur burung walet dan bentuknya sempurna akan memiliki harga yang lebih tinggi pula. Untuk membedakan harga sarang walet dapat dilihat dari jenis sarang walet tersebut, misalnya saja seperti di bawah ini:

1. Harga Sarang Walet Warna Merah

Sarang ini sangan tinggi kandungan gizinya, dan merupakan sarang dengan harga yang paling tinggi pula. Sarang merah dengan kualitas paling bagus adalah sarang merah yang tanpa ada campuran apa pun selain air liur walet. Harga jual dari sarang ini mulai dari 8 juta rupiah hingga puluhan juta rupiah.

2. Harga Sarang Walet Warna Putih

Sarang walet ini paling banyak beredar di pasaran dan paling banyak peminatnya. Sarang walet dengan bentuk yang sempurna seperti mangkuk terbelah akan memiliki harga jual yang tinggi yaitu mulai dari 4 jutaan hingga 12 juta per kilogramnya.

3. Harga Sarang Walet Warna Hitam

Sarang walet ini bercampur dengan bulu burung walet yang berwarna hitam, jadi seolah sarang tampak terlihat berwarna hitam. Kandungan air liur di dalamnya 50%hingga 60% saja sehingga harga jualnya tidak terlalu tinggi yaitu mulai dari satu jutaan hingga lima jutaan per kilogramnya.

4. Harga Sarang Walet Rumput

Sarang walet ini tersusun dari rerumputan yang satukan oleh burung walet menggunakan air liurnya. Kandungan air liur walet yang ada di dalamnya hanya sekitar 20% hingga 50% saja sehingga nilai jualnya rendah yaitu sekitar Rp 650.000 hingga Rp 1.500.000 per kilogramnya.

5. Harga Sarang Walet Lumut

Sarang walet ini sangat rendah nilai jualnya, ini disebabkan sarang ini memiliki kandungan air liur walet yang sedikit dan proses pembersihan dari sarang walet ini pun sangat sulit. Harga jualnya sekitar Rp 100.000 hingga Rp 250.000 per kilogramnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.