Home >> Binatang Peliharaan >> Harga Sarang Walet Terbaru Saat Ini
Harga Sarang Walet Putih
Harga Sarang Walet Putih

Harga Sarang Walet Terbaru Saat Ini

Tingkatan harga sarang burung walet yang berbeda dipengaruhi dan ditentukan ari jenis sarang walet itu sendiri. Tiap jenis sarang walet memiliki kandungan air liur walet yang berbeda banyaknya, serta karena sulitnya melalui proses pembersihan juga menjadi faktor yang menyebabkan harganya turun.

Untuk lebih jelasnya dapat Anda simak harga beberapa jenis sarang walet berikut ini:

1. Harga Sarang Walet Putih

Harga Sarang Walet Putih
Harga Sarang Walet Putih

Sarang walet putih ini tersusun dari air liur walet dan tanpa ada campuran material lain meski terkadang terdapat sedikit campuran seperti bulu-bulu halus burung walet. Sarang walet putih ini cenderung memiliki banyak peminat dan paling banyak terdapat di pasaran.

Harga dari sarang walet warna putih yaitu untuk yang didapatkan dari gua harganya lebih rendah dari hasil burung walet yang di budidayakan di rumah walet, harganya Rp 4.000.000 hingga Rp 8.000.000 per kilogramnya sedangkan untuk sarang walet rumahan harganya Rp 8.000.000 hingga Rp 17.000.000 per kilogramnya.

2. Harga Sarang Walet Hitam

Harga Sarang Walet Hitam
Harga Sarang Walet Hitam

Untuk sarang walet yang memiliki warna hitam dibuat dari campuran air liur yang berpadu dengan bulu-bulunya. Campuran bulu-bulunya kadang kala banyak dan merata dan menyebabkan sarang menjadi tampak hitam.

Harga Sarang walet warna hitam Rp. 1.000.000, sampai Rp. 4.000.000, per kilogramnya. Rendahnya harga sarang walet yang berwarna hitam karena sedikitnya jumlah air liur walet pada sarang yaitu hanya sekitar antara 50 – 60% saja.

3. Harga Sarang Walet Rumput

Harga Sarang Walet Rumput
Harga Sarang Walet Rumput

Sarang walet ini terpadu dari air liur walet yang bercampur dengan rerumputan, biasanya terdapat pada lokasi yang teduh atau dengan tingkat terangnya rendah dan biasanya tidak bertempat yang terlalu gelap. Sarang walet ini dibuat memakai campuran air liur dan material lain seperti daun cemara, rerumputan kering, bunga-bungaan, dan lain sebagainya.

Sarang walet ini memiliki harga berkisar antara Rp 750.000, hingga Rp 1.500.000, per kilogramnya. Rendahnya harga sarang walet rumput dikarenakan tiap sarang hanya terdapat 3 hingga 5 gram air liur saja.

4. Harga Sarang Walet Lumut

Sarang Walet Lumut
Sarang Walet Lumut

Sarang walet ini tersusun dari air liur walet yang bercampur dengan lumut. Jika kondisinya masih baru warnanya akan tampak kehijauan, lama-kelamaan akan menjadi cokelat kehitaman dan juga kering. Sarang yang sudah kering memiliki nilai jual yang rendah.

Harga sarang walet lumut ini berkisar Rp 100.000 sampai Rp. 200.000 per kilogramnya. Harga yang rendah dari sarang walet lumut karena air liur walet di dalamnya hanya sekitar 2 sampai 3 gram saja.

5. Harga Sarang Walet Merah

Sarang Walet Merah
Sarang Walet Merah

Sarang walet merah merupakan sarang walet dengan kandungan gizi yang lebih kompleks dengan manfaat dan khasiat yang lebih berkhasiat juga. Sarang walet merah hanya ada saat musim penghujan dan di tempat yang kelembaban udaranya sangat tinggi.

Harga sarang walet merah berkisar mulai dari RP 8.000.000, hingga puluhan juta per kilogramnya. Meski harganya sangat tinggi namun banyak orang yang menginginkan sarang walet merah ini karena manfaat dan khasiatnya begitu besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *