Home >> Peternakan >> Harga Sarang Walet Saat Ini
Harga Walet Sarang Rumput

Harga Sarang Walet Saat Ini

Harga sarang burung walet berbeda-beda sangat ditentukan dari jenis sarang walet tersebut. Ini dikarenakan tiap jenis sarang walet tersusun dari material yang bermacam-macam, dan jenis sarang walet yang terbaik merupakan sarang yang sepenuhnya tersusun dari air liur burung walet tanpa campuran lain.

Untuk lebih jelasnya dapat Anda simak ulasan mengenai harga sarang walet dilihat dari jenis sarang berikut ini:

a. Harga Walet Sarang Putih

Harga sarang walet putih

Sarang walet putih dengan kualitas yang bagus adalah sarang walet yang terbuat dari air liur burung walet tanpa campuran material lain seperti bulu-bulu burung walet, kotoran walet ataupun yang lainnya.

Harga sarang walet ini berkisar dari Rp 4.000.000 hingga Rp 10.000.000 per kilogramnya untuk sarang walet yang didapatkan dari gua-gua alam, sedangkan hasil dari sarang walet rumahan harganya Rp 8.000.000 hingga Rp 17.000.000 per kilogramnya.

b. Harga Walet Sarang Hitam

Harga Walet Sarang Hitam

Untuk sarang walet yang berwarna hitam disusun dari campuran air liur yang tercampur dengan bulu-bulunya. Campuran bulu-bulunya seringnya lebih banyak dan merata, oleh sebab itu memberi kesan sarang tersebut berubah jadi berwarna hitam yang dikenal dengan sebutan Black-nest swiflet.

Harga Sarang walet yang berwarna hitam berkisar kira-kira Rp. 1.000.000, sampai Rp. 4.000.000, per kilogramnya. Rendahnya harga sarang walet yang memiliki warna hitam ini dipengaruhi oleh kandungan air liur walet pada sarang itu hanya sekitar antara 50 – 60% saja.

c. Harga Walet Sarang Rumput

Harga Walet Sarang Rumput

Walet sarang lumut ini di saat kondisinya masih baru akan memiliki warna kehijauan dan akan berubah warnanya menjadi cokelat kehitaman dan kering jika kondisinya sudah terlalu lama.

Harga walet sarang rumput ini berkisar Rp 650.000 hingga Rp 1.500.000, per kilogramnya. Rendahnya harga dikarenakan hanya ada 3-5gram saja kandungan yang terdapat dalam sarang walet ini.

d. Harga Walet Sarang Lumut

Harga Walet Sarang Lumut

Sarang walet yang masih baru akan berwarna kehijauan, kemudian akan berwarna cokelat kehitaman dan kering jika sarang sudah lama. Sarang lama dari sarang lumut memiliki kualitas yang rendah dengan harga yang rendah pula.

Kandungan air liur yang terdapat dalam sarang ini hanya 2 hingga 4 gram saja, karena itu harganya rendah yaitu antara Rp 100.000 hingga Rp 250.000 per kilogramnya.

e. Harga Walet Sarang Merah

Harga Walet Sarang Merah

Sarang walet dengan warna merah merupakan sarang dengan kandungan gizi tertinggi, namun untuk memperolehnya cukup sulit karena sarang ini hanya ada saat musim penghujan di tempat dengan kelembaban udaranya sangat tinggi.

Harga sarang walet warna merah adalah harga sarang yang paling mahal dari jenis sarang yang lainnya. Harga sarang merah berkisar dari Rp 7.000.000, hingga puluhan juta rupiah per kilogramnya.

NB : Harga Bisa Berubah Sewaktu waktu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.