Home >> Binatang Peliharaan >> Burung >> Hama Pada Rumah Sarang Burung Walet

Hama Pada Rumah Sarang Burung Walet

Berbagai hewan pengganggu pada budidaya sarang walet cukup mengganggu, dan jika dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan masalah serius, misalnya saja turunnya kualitas dan kuantitas sarang yang dihasilkan atau bahkan bisa lebih parah, contohnya saja burung walet yang ada dalam gedung berpindah ke tempat lain karena tidak betah tinggal dalam gedung yang kita bangun.

Sebagai pemilik gedung sarang walet kita diharuskan untuk tahu apa saja dan bagaimana cara mengatasi hama yang menyerang burung walet mereka.

Rumah Walet

Dan berikut beberapa hewan yang menjadi hama pengganggu burung walet:

1. Kutu

Kutu meskipun ukurannya cukup kecil namun memberikan dampak yang sepele. Kutu yang biasanya menyerang adalah kutu busuk dan kutu burung, keduanya menghisap darah dari burung walet. Anak walet yang terkena kutu ini jika terus berlanjut akan mengalami masalah dalam pertumbuhannya.

Untuk mengatasi maslah ini perlu dilakukan penyemprotan memakai cairan pestisida pada setiap bagian gedung, atau dapat dengan menaburkan kapur ajaib anti serangga di sekitar sarang burung walet.

2. Semut

Semut terkadang juga memangsa anak burung walet yang masih lemah keadaannya, sehingga menyebabkan anak walet tersebut mati. Tak jarang semut juga mengganggu induk walet saat bersarang, karena itu kehadiran semut perlu dibasmi.

Cara membasmi semut dapat dengan menabur kapur ajaib anti serangga pada daerah yang biasa semut bersarang dan daerah sekitar sarang.

3. Kecoa

Kecoa sarang sekali menjadi hama pada rumah sarang burung walet. Kehadirannya kadang tidak diketahui dan tiba-tiba muncul. Kecoa dapat memakan anak burung walet meskipun jarang menimbulkan kematian, namun akibat yang ditimbulkan berakibat pada pertumbuhan walet tersebut yang tidak normal dan kadang mengalami cacat fisik.

Kecoa juga sering memakan sarang burung walet. Karena itu perlu dibasmi. Pembasmian kecoa dapat dilakukan dengan memakai obat cair anti kecoa yang disemprotkan pada setiap sisi gedung tempat bersarang kecoa.

4. Cicak dan Tokek

Cicak dan tokek sering menimbulkan kepanikan pada burung-burung walet. Dengan suara dan kotoran yang keluarkan oleh cicak dan tokek membuat burung walet terganggu dan membuat ruangan menjadi tercemar.

Tokek juga sering memakan anak walet yang masih lemah dan juga telur burung walet. Karena itu cicak dan tokek juga perlu dibasi dari rumah sarang walet.

Cara membasmi cicak dan tokek adalah dengan menangkannya, berbagai cara dapat dilakukan untuk menangkap cicak dan tokek ini asalkan cara tersebut masih dirasa aman untuk burung walet. Pencegahannya depan dengan membuat aliran air pada pagar gedung atau sekitar gedung walet agar cicak dan tokek tidak dapat menjangkau gedung.

5. Tikus

Hama yang paling mengganggu adalah tikus. Tikus dapat memakan telur, sarang, dan juga burung walet baik yang masih kecil maupun yang sudah dewasa. Tikus juga sering menimbulkan suara-suara gaduh yang membuat burung walet terganggu.

Cara mengatasinya yaitu dengan memasang jebakan atau umpan yang telah diberi racun tikus. Dianjurkan untuk menutup semua lubang yang tidak digunakan dan juga membuang barang-barang yang tidak dibutuhkan agar tidak digunakan tikus sebagai tempat bersarang maupun tempat bersembunyi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.