Home >> Teknologi >> Google Play, Gerbang Download Berbagai Aplikasi
Google Play
Google Play

Google Play, Gerbang Download Berbagai Aplikasi

Jika anda pengguna android, tentunya banyak aplikasi yang merupakan aplikasi asli yang dibawa oleh Android sebagai produk dari google. Salah satu aplikasi yang merupakan aplikasi bawaan atau aplikasi yang ditanam ialah Google Play? Dan apa manfaat yang kita peroleh jika mengunakannya? Google Play merupakan aplikasi bawaan dari Google yang disinyalir akan menggantikan Android Market. Aplikasi ini hadir dengan menggunakan kekuatan web. Aplikasi menengaskan bahwa layanan barunya ini bisa mendownload atau mengunduh file musik, buku elektronik, film, dan game. Tidak hanya itu, cara mengakses aplikasi ini tidak hanya melalui smartphone, namun juga bisa melalui lapotop hingga televisi selama ia terhubung dengan internet.

Di sini, Android Market disebut Play Store dan konten buku, musik serta film akan disebutu sebagai Play Books, Play Music, dan Play Movies. Sebagai catatan, aplikasi ini merupakan aplikasi yang langsung terinstall dalam handphone anda meskipun anda tidak pernah menginstall aplikasi ini sebelumnya. Aplikasi ini berhubungan dengan google play service dan setting. Karena ketiganya berkaitan, service tentunya berhubungan dengan setting. Apa saja kegunaan atau fungsi dari Google Play setting ini? Pertama, Google Setting mampu menditeksi aplikasi yang berbahaya bagi Smartphone anda. Tidak hanya itu, Google setting juga mengontrol penuh aplikasi pihak ketiga yang terhubung ke akun Google anda, seperti ketika anda login ke sebuah web menggunakan layanan google+, atau bermain game menggunakan akun google+. Ketiga, mengelola data lokasi yang terditeksi. Berikutnya, mengelola iklan yang muncul di aplikasi gratis yang terpasang di Smartphone Anda. Terakhir, memungkinkan anda menemukan kembali smartphone anda yang hilang juga mereset smartphone ke setelah pabrik dari jarak jauh.

Melihat fungsi dari google setting tersebut, tentunya kita ingin bagaimana caranya menggunakan aplikasi google setting supaya kegunaannya bisa kita rasakan. Berikut cara yang dapat ditempuh. Pertama, buka aplikasi Google Setting anda, login menggunakan akun Google. Kemudian di sana anda menemukan beberapa menu. Berikutnya, Connected apps: Untuk melihat aplikasi pihak ketiga yang terhubung ke akun google. Ketiga, Play Games: Melihat game yang pernah di mainkan menggunakan akun Google+, melihat kiriman orang lain yang merekomendasikan sebuah game. Maps & Latitude: menditeksi lokasi anda, sharing lokasi, juga mengontrolnya. Kelima, Ads: Mengirimkan data ke Google sehingga dia bisa menampilkan iklan yang sesuai. Sehingga dalam menampilkan iklan, Google melihat dari kesesuaian lokasi geografis, situs yang dikunjungi, iklan yang serupa yang pernah anda kunjungi, pemberian +1 pada fitur Google+, juga usia dan jenis kelamin. Keenam, Verifi Apps: Aktifkan fitur ini berarti Google akan memberitahukan anda jika aplikasi yang akan diinstal dinilai berbahaya. Dan yang terakhir, android Device Manager: Mengaktifkan Fitur di dalamnya memungkinkan anda untuk melacak lokasi smartphone, juga mereset smartphone dari jarak jauh.

Dengan adanya fitur – fitur tersebut, google cukup mendapatkan nilai plus. Nilai plus terutama dalam pelayanan – pelayanan yang diberikan. Semoga saja kedepannya, google dapat memperhatikan keluhan pelanggan dan memberikan solusi yang lebih  baik lagi. Jika melihat keadaan seperti ini, maka Apple dapat tersaingi. Lebih baik lagi dalam pelayanan hal apapun terutama dengan aplikasi yang berhubungan dengan Google Play Service ini. Aplikasi ini digunakan oleh banyak pengguna ponsel Android yang menginginkan produk serta aplikasi-aplikasi penunjang perangkatnya yang baik dan bekerja dengan optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *